Ekonomi

Memilih Aplikasi Tabungan Online

aplikasi tabungan online

Teknologi digital telah membawa perubahan besar. Di bidang keuangan, kini banyak bank mulai menerapkan perbankan digital. Beragam aplikasi tabungan online hadir sehingga nasabah punya beragam pilihan buka tabungan digital tersebut.

Tabungan online atau digital punya kelebihan dibandingkan dengan tabungan tradisional. Sebelum membahas bagaimana memilih aplikasi tabungan online, kita perlu mengenal apa itu bank digital.

Apa Itu Bank Digital?

Bank digital yaitu bank yang hadir secara digital atau online. Aktivitas serta layanannya juga sama dengan bank tradisional yang hadir secara fisik dalam gedung atau kantor bank. Namun sesuai namanya, bank digital melakukan digitaliasi layanan tersebut.

Bank digital memungkinkan nasabah untuk membuka rekening, melakukan deposit, menarik dana, transfer, bayar tagihan, dan bermacam kegiatan lainnya secara digital. Nasabah bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja, tanpa harus datang ke kantor bank. Aktivitas tersebut bisa dilakukan ketika sedang di rumah atau saat dalam perjalanan, selama 24 jam. Asalkan ada sinyal internet, kegiatan perbankan bisa dilakukan.

Kelebihan Bank Digital

Bank digital memiliki berbagai kelebihan jika dibandingan dengan bank tradisional. Kelebihan tersebut antara lain:

Mudah dan Nyaman

Kelebihan bank digital yaitu membuat nasabah lebih mudah dan nyaman melakukan aktivitas perbankan. Cukup dengan menggunakan gawai, semua bisa dilakukan tanpa perlu repot datang ke bank atau mesin ATM. Jadi tak perlu lagi berlama-lama antri, yang tentunya bisa memakan waktu berjam-jam.

Cepat

Proses digitalisasi membuat aktivitas perbankan jadi lebih cepat. Transfer uang, bayar bermacam tagihan, dan hal lainnya bisa dilakukan hanya dalam hitungan detik.

Efisien

Adanya layanan perbankan digital bisa mengurangi biaya operasional yang harus dikeluarkan bank tradisional untuk gaji karyawan, sewa dan pemeliharaan gedung, pemakain listrik, air, kertas, dan biaya lainnya.

Jangkauan Luas

Bank digital memiliki jangkauan luas, selama ada jaringan internet. Masyarakat di wilayah yang tidak bisa dijangkau oleh bank tradisional, menjadi bisa menikmati layanan perbankan dengan kehadiran bank digital.

Memilih Bank Digital

Setelah mengenal apa itu bank digital dan kelebihannya, kita perlu mengetahui bagaimana memilih bank digital yang tepat. Caranya, kita harus pilih bank digital yang sudah terdaftar dan memiliki izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Kedua, kita perlu mencari informasi siapa yang berada di belakang bank digital tesebut. Kita bisa cek latar belakang dan portofolio korporasi yang menjalankan bank digital. Jadi, kita bisa benar-benar yakin akan kinerja perusahaan tersebut selama menjalankan kegiatannya.

Ketiga, kita juga perlu mencari informasi tentang produk-produk yang ditawarkan oleh masing-masing bank digital, seperti tabungan, pinjaman, investasi, dan produk digital lainnya. Kita bisa melakukan perbandingan biaya dan keamanannya, sebelum memilih bank digital mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Memilih Aplikasi Tabungan Online di Senyumku

Jika kita yang ingin memilih aplikasi tabungan online, maka Senyumku adalah pilihan yang tepat. Senyumku adalah aplikasi perbankan revolusioner yang bisa membantu kita melakukan aktivitas finansial mulai dari menabung, bertransaksi, hingga mengatur keuangan dengan lebih aman, cerdas, dan simpel. Semua aktivitas tersebut dilakukan dari satu tempat, semua dari telepon pintar.

Senyumku merupakan produk PT Bank Amar Indonesia yang dimiliki oleh perusahaan multinasional bernama TOLARAM. Tolaram ini sudah berdiri lebih dari 60 tahun dan bergerak di berbagai bidang bisnis. Mulai dari kebutuhan sehari-hari, pelayanan digital, energi, hingga infrastruktur yang tersebar di Asia, Eopa, dan Afrika.

Tabungan Digital Senyumku

Aplikasi Tabungan Online Senyumku memiliki beberapa keunggulan, antara lain:

Tanpa setoran awal: Hanya dengan mengisi formulir secara online, upload foto KTP dan foto selfie, kita sudah bisa memiliki rekening tabungan digital Senyumku.Proses verifikasinya juga cepat, tidak sampai lima menit dan tanpa setoran awal! Setelah pembuatan rekening selesai, kita bisa melakukan transaksi keuangan.

Bunga kompetitif: Senyumku menawarkan keuntungan bunga tabungan yang kompetitif yaitu hingga 5.5%.

Teknologi canggih: Senyumku dibekali sistem AI yang bisa menganalisa kebiasaan finansial kita dan membantu kita mengelola keuangan lebih bijak lagi. Jadi, Senyumku tidak hanya bisa digunakan sebagai aplikasi tabungan digital saja, tetapi juga sebagai aplikasi pencatat keuangan.

Fitur-fitur Menarik di Tabungan Digital Senyumku

Aplikasi tabungan online Senyumku memiliki sejumlah fitur menarik, antara lain;

Fitur Celengan Senyumku: fitur yang memberikan simulasi mengenai dana yang harus disisihkan setiap bulan untuk mencapai target kebutuhan yang diinginkan.

Auto Categorization: fitur otomatis yang membantu nasabah untuk mengelompokkan setiap transaksi sesuai jenisnya. Jika terjadi transaksi, maka dapat otomatis masuk dalam kelompok yang sudah dibuat sebelumnya.

Spending Alert: fitur ini semacam alarm yang memberi peringatan jika nasabah menggunakan dana mendekati budget yang sudah ditentukan sebelumnya.

Spending Meter, Monthly Spending, Daily Digest: fitur untuk membandingkan antara hasil rekapan laporan keuangan berjalan dengan laporan keuangan bulan sebelumnya.

Cara Buka Rekening Online Senyumku

Syarat Senyumku-Buka Rekening Online adalah: warga negara Indonesia, telah berusia 17 tahun, dan dokumen KTP. Langkah-langkah buka rekening online Senyumku:

  • Unduh aplikasi Senyumku dari perangkat Android
  • Buka aplikasi Senyumku dan klik “Daftar”
  • Isi data diri yang diminta.
  • Unggah foto KTP dan foto selfie
  • Tunggu hingga tim Senyumku menghubungi untuk proses verifikasi.

Proses membuka rekening selesai, dan Senyumku menjadi aplikasi tabungan online yang siap membantu aktivitas finansial kita.

2 thoughts on “Memilih Aplikasi Tabungan Online”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *