Laptop Multitasking untuk Content Creator ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZE
Gawai & Elektronik

ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE), Laptop Multitasking untuk Content Creator

Sebagai content creator, memiliki perangkat seperti laptop adalah sebuah kebutuhan utama saya. Laptop yang saya butuhkan tersebut tentunya bukan yang laptop biasa-biasa saja, melainkan laptop dengan performa mumpuni. Wajar saja, profesi content creator mengandalkan kreativitas untuk bisa menciptakan karya terbaik. Tak hanya itu, kreator konten juga dituntut untuk multitasking dalam melakukan tugasnya.

Berbagai perusahaan teknologi pun menciptakan laptop yang secara khusus diperuntukkan bagi kreator konten. Desain dan fitur keren disematkan pada laptop tersebut untuk menjawab kebutuhan para kreator yang selalu dinamis seiring perkembangan teknologi.

Beragam laptop khusus content creator kini hadir di pasaran. Namun, ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) dinilai menempati kasta tertinggi. Fitur-fitur yang ada memungkinkan laptop ini bisa dipakai multitasking, sehingga menunjang kerja para kreator.

ASUS Blogger Gathering Jakarta 2023

Rasa penasaran saya terhadap kehebatan ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) akhirnya terjawab ketika saya mendapatkan kesempatan untuk hadir pada acara ASUS Blogger Gathering Jakarta 2023. Acara ini berlangsung di Restoran Katarasa Hotel Grand Zuri BSD City pada hari Sabtu, 16 September 2023 lalu.

ASUS Blogger Gathering Jakarta 2023 merupakan kolaborasi antara ASUS Indonesia dengan Kak Katerina. Para blogger diundang untuk mencoba secara langsung (hands on) produk-produk laptop ASUS.

Ada beberapa laptop ASUS yang dihadirkan pada gathering tersebut. Yaitu ASUS Zenbook S 13 OLED (UX5304), ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402), ASUS Vivobook GO 14 (E1404F), ASUS Vivobook 14X (M1403), dan ASUS Vivobook 14X (K3405VF).

Dari laptop-laptop keren tersebut, saya mencoba secara langsung ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED) (UX8402ZE). Dan pada tulisan ini, saya berbagi pengalaman saat menjajal laptop ini.

ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE), Laptop Dual Touchscreen yang Menyita Perhatian

Dual touchscreen yang dimiliki oleh ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) membuat laptop ini langsung menyita perhatian. Layar ganda ini memungkinkan para kreator untuk bekerja secara multitasking.

Laptop ini hadir dengan layar sentuh utama ASUS OLED 16:10 dengan resolusi 2,8K, dan refresh rate hingga 120 Hz. Layar ini memiliki color gamut 100 persen DCI-P3 dan telah tersertifikasi PANTONE Validated Display, serta mendukung teknologi HDR yang telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black.

Layar ASUS OLED ini juga dibekali fitur Eye Care. Fitur ini berguna untuk mengurangi paparan radiasi sinar biru yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan mata dalam jangka panjang.

Sedangkan layar sentuh kedua bernama ScreenPad Plus berukuran 12,7 inci dengan resolusi 2,8K dan refresh rate 120 Hz yang immersif sebagai tambahan layar. Layar kedua ini mendukung daily multitasking.

ScreenPad Plus mendukung penggunaan ASUS Pen 2.0, yaitu stylus dengan 4096 pressure level yang telah menggunakan Microsoft Pen Protocol 2.0. Selain itu ada fitur Control Panel yang memungkinkan ScreenPad Plus ditransformasikan menjadi panel kontrol saat membuka aplikasi kreatif dari Adobe.

Layar ganda pada laptop ini dilengkapi dengan ScreenXpert, fitur yang memungkinkan kreator konten dapat melakukan manajemen aplikasi secara mudah. Fitur ini juga memudahkan kreator untuk mengatur posisi jendela aplikasi.

Ditenagai Intel® Core™ i7 H-Series Generasi ke-12

Sebagai laptop ultimate para kreator konten, ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) tentunya dibekali dengan hardware terbaik. Laptop ini ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel® Core™ i7-12700H terbaru yang biasa digunakan pada laptop gaming. 

Prosesor ini menggunakan konfigurasi dan arsitektur terbaru dengan menggabungkan performance-core (P-core) dan efficiency-core (E-core), serta Intel Thread Director. Kombinasi ini memungkinkan pemrosesan data dan instruksi dapat dilakukan secara efisien, tetapi performa yang dihasilkan tetap mumpuni.

Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) juga didukung RAM DDR5, konektivitas PCIe Gen 4.0, fitur pendukung seperti Intel Quick Sync, serta memori LPDDR5 berkapasitas 16GB dan penyimpanan PCIe SSD berkapasitas hingga 1TB.

Sistem Pendingin Khusus pada Laptop Multitasking

Meski digunakan untuk kerja keras, ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) tidak cepat panas. Laptop multitasking ini memiliki sistem pendingin khusus untuk menjaga performa laptop tetap optimal.

ASUS membekali laptop ini dengan teknologi AAS Ultra yang memaksimalkan laju udara pendinginan. Sistem pendingin ini menggunakan mekanisme engsel khusus yang membuat posisi layar kedua dapat membentuk sudut yang optimal untuk digunakan. Saat layar terangkat, terdapat rongga udara ekstra.

Selain itu, laptop ini juga dilengkapi teknologi ASUS Ice Cool Plus cooling system. Sistem ini memungkinkan terjadinya pendinginan yang maksimal.

Ringkas, Ringan, dan Beragam Fitur Lainnya

Meski memiliki layar ganda, Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) tetap memiliki ukuran yang ringkas. Laptop multitasking ini memiliki ketebalan tidak lebih dari 1,96 cm serta bobot 1,75 kg saja, sehingga ringan untuk dibawa ke mana saja.

Laptop ini dilengkapi dengan port lengkap yang meliputi HDMI, 3,5 mm combo audio jack, dan USB tipe A. Selain itu juga ada dua port USB Type-C Thunderbolt™ 4 yang menawarkan kecepatan transfer data tinggi dan dukungan penggunaan berbagai perangkat profesional, dan pengisian daya melalui fitur USB Power Delivery.

Dari sisi konektivitas, laptop ini hadir dengan Bluetooth 5 dan Wi-Fi 6E atau 802.11ax sehingga dapat terhubung ke jaringan nirkabel berkecepatan 6 GHz. Tak hanya itu, ada juga fitur ASUS Wi-Fi Master yang memungkinkan laptop bisa memilih untuk terkoneksi ke access point dengan kualitas sinyal Wi-Fi paling baik.

Dengan keunggulan yang dimilikinya, ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) sangat direkomendasikan bagi content creator seperti saya. Laptop dual touchscreen ini mendukung kegiatan multitasking, sehingga para kreator bisa bekerja semakin optimal.

Dari spesifikasi di atas, ASUS Zenbook Pro 14 Duo) OLED UX8402ZE) sangatlah tepat menjadi laptop terbaik bagi saya sebagai seorang content creator. Laptop ini sangat mendukung untuk berkarya secara kreatif karena bisa diandalkan untuk kegiatan multitasking. 

Saya sangat merekomendasikan laptop ini bagi Anda yang sedang mencari laptop dengan kemampuan juara untuk mendukung pekerjaan. ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED (UX8402ZE) pilihan yang tepat. 

Laptop ASUS hadir dengan dilengkapi Windows 11 Home. Ketika pekerjaan menumpuk, laptop ASUS dengan Windows 11 siap membantu Anda menyelesaikannya. Laptop ASUS dengan Windows 11 yang lebih nyaman di mata, memungkinkan Anda mengekspresikan diri dan cara kerja terbaik Anda. Dan tidak hanya Windows 11 asli, tersedia juga genuine Microsoft Office 2021 untuk menunjang aktivitas Anda sepanjang hari.

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *