saatnya investasi kripto ramah lingkungan cara menambang kripto
Sains & Tekno

Bagaimana Cara Menambang Kripto? Ini Penjelasannya!

Popularitas mata uang kripto makin naik. Masyarakat mulai melirik kripto sebagai instrumen investasi. Selain melalui jual-beli, kripto bisa didapatkan dengan cara ditambang. Cara menambang kripto tidak seperti menambang emas, atau bahan tambang lainnya. 

Penambangan kripto merupakan istilah yang menggambarkan sebuah proses untuk mendapatkan mata uang digital. Bagaimana cara menambang kripto (crypto mining) tersebut?

Pengertian Penambangan Kripto atau Crypto Mining

Kripto atau cryptocurrency berasal dari dua kata yakni cryptography (kode rahasia) dan currency (mata uang). Jadi, kripto bisa diartikan mata uang yang mempunyai kode rahasia yang berfungsi untuk melindungi keamanannya. Sistem kriptografi tersebut membuat kripto sukar dimanipulasi dan transaksi kripto tidak bisa dipalsukan. 

Proses kripto melibatkan dua aktivitas yaitu penyampaian informasi dan verifikasi. Proses inilah yang disebut dengan penambangan kripto atau crypto mining, yaitu dengan mencatat setiap transaksi ke dalam blockchain agar setiap orang memiliki informasi yang sama.

Proses penambahan informasi ke blockchain menggunakan algoritma kompleks yang dikerjakan oleh komputer. Untuk membuka akses sebuah block dalam rantai blockchain, kamu perlu menyelesaikan algoritma yang rumit tersebut.

Beberapa Cara Menambang Kripto 

Untuk menambang kripto, ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan. Berikut cara menambang kripto yang perlu kamu ketahui.

1. CPU mining

Penambangan kripto bisa kamu lakukan dengan menggunakan Central Processing Unit (CPU) atau komputer rumah. Pada masa awal kripto, penambangan melalui CPU Mining ini sangat populer. 

Sekarang CPU mining tidak lagi banyak digunakan. Alasannya, proses penambangan dirasa sangat lambat. Untuk memecahkan algoritma kompleks, perlu komputer dengan teknologi makin canggih sehingga bisa bekerja lebih cepat. Selain proses penambangan yang lambat, hasil dari CPU mining juga tidak sepadan dengan biaya yang harus dikeluarkan untuk listrik dan pendingin.

2. GPU Mining

Cara menambang kripto lainnya yang bisa kamu lakukan yaitu dengan menggunakan chip Graphics Processing Unit (GPU). Proses GPU mining ini lebih cepat jika dibandingkan dengan CPU mining.

GPU mining menjadi metode penambangan yang sangat populer saat ini karena dinilai efisien. Satu rig GPU terdiri dari prosesor, motherboard, pendingin, rangka rig dan beberapa kartu grafis. Meski investasi yang dikeluarkan cukup besar, hasilnya jauh lebih cepat daripada penambang CPU.

3. ASIC Mining

Selain dengan CPU dan GPU, cara menambang kripto juga bisa kamu lakukan dengan mengunakan Application-Specific Integrated Circuits (ASIC). ASIC merupakan sirkuit terintegrasi yang dirancang khusus untuk melakukan sebuah tugas tertentu, dalam hal ini untuk penambangan kripto.

Setiap ASIC miner hanya untuk menambang mata uang digital tertentu. ASIC miner bitcoin hanya bisa untuk menambang bitcoin. Harga ASIC miner cukup mahal, sehingga kamu perlu menyiapkan uang cukup banyak untuk membelinya. 

Meski investasi untuk ASIC mining cukup besar, hasilnya juga sepadan. ASIC mining memiliki performa yang lebih cepat jika dibandingkan dengan CPU mining atau GPU mining.

4. Cloud Mining

Cloud Mining bisa kamu lakukan dengan membayar orang atau perusahaan yang menyewakan rig atau mesin penambangan. Jadi, proses mining tak perlu kamu lakukan sendiri. 

Keuntungan menggunakan cloud mining yaitu kamu tidak perlu memiliki pengetahuan mendalam terkait dengan hardware atau mesin untuk penambangan. Kamu cukup menyewa mesin tersebut sesuai periode yang sudah disepakati. Selanjutnya kamu akan menerima penghasilan dari mining yang akan ditransfer ke dompet kripto kamu, setelah dikurangi biaya listrik dan pemeliharaan.

Itulah penjelasan yang perlu kamu ketahui mengenai cara menambang kripto. Nah, jika kamu serius ingin menambang aset kripto pastikan untuk melihat market crypto hari ini sebagai acuan harga kripto terkini.Bila masih bingung bagaimana cara mining sebagai investasi aset digital, kamu bisa belajar di Indodax. Ada kanal edukasi Indodax Academy yang bisa kamu manfaatkan. Setelah paham, kamu bisa melakukan pembelian dan penjualan kripto di website maupun aplikasi mobile Indodax yang merupakan Indonesia Bitcoin and Crypto Exchange.

Share this:

1 thought on “Bagaimana Cara Menambang Kripto? Ini Penjelasannya!”

  1. Saat ini, melihat pergerakan dunia crypto was-was sekali, harga sedang merosot tajam, beberapa coin sudah mulai drop, tapi enggak tau ni kedepannya, tapi menurut saya memang rawan sekali karena enggak ada underlying asset-nya

Leave a Reply

Your email address will not be published.