Bidan Sri, Pahlawan dan Inspirasi
Serba-serbi

Bidan Sri, Pahlawan dan Inspirasi dari Bumi Kartini

Namanya Sri Mulyani. Ia seorang bidan yang saat ini mengabdi di Desa Ngroto, Mayong, Jepara, Jawa Tengah. Selain sebagai kota ukir, Jepara tentunya dikenal juga sebagai tanah kelahiran Raden Ajeng Kartini.

Kemarin bangsa Indonesia memperingati hari kelahiran R. A. Kartini, pahlawan dan tokoh emansipasi wanita di negeri ini. Selagi momen Hari Kartini ini masih hangat, saya ingin menulis tentang Bidan Sri Mulyani.  

Bu bidan ini adalah teman saya semasa SMP dan SMA di Pati, Jawa Tengah. Setelah lulus, ia melanjutkan kuliah di Semarang. Tepatnya di pendidikan DIV Kebidanan STIKES Karya Husada.

Lulus dari pendidikan kebidanan tersebut, Bu Sri kemudian bertugas di Karimunjawa tahun 2002. Karimunjawa ini merupakan salah satu kepulauan yang terletak di Laut Jawa dan masuk dalam wilayah Kabupaten Jepara. Untuk menuju Kepulauan Karimunjawa, kita bisa naik feri dari Jepara. Jaraknya hampir 90 KM dengan waktu tempuh 4-5 jam.

Saya sendiri pernah satu kali traveling ke Karimunjawa di tahun 2012 untuk menikmati keelokan alamnya. Pasir putih, air laut berwarna toska, serta kehidupan bawah laut Karimunjawa sungguh luar biasa indah.

Di sisi lain, surga kecil di Laut Jawa ini memiliki keterbatasan penerangan. Listrik hanya menyala saat sore dan malam hari saja. Lampu minyak atau teplok masih dipergunakan oleh penduduk setempat.

Bidan Sri

Kembali ke kisah Bu Sri. Mengabdi sebagai bidan di kepulauan tahun 2002-2003, Bu Sri tentunya punya pengalaman yang mengesankan.

Salah satunya ialah kisah mengenai seorang ibu hamil yang pada suatu malam merasakan mulas seperti ingin buang air besar. Ibu ini kemudian menuju ke kebun di belakang rumah untuk membuang hajat.

Ternyata rasa mulas tersebut tidak disebabkan oleh dorongan buang air besar, tapi karena masa persalinan sudah tiba. Salah seorang keluarganya kemudian bergegas memanggil Bu Bidan Sri untuk membantu persalinan malam itu.

Rupanya si ibu hamil mengandung anak kembar. Pada saat Bidan Sri tiba, kondisi salah satu bayi sedang crowning atau kepalanya sudah terlihat. Sedangkan saudara kembarnya masih berada di dalam rahim.

Syukurlah, akhirnya Bu Sri bisa membantu kelahiran bayi kembar tersebut dengan baik. Baik ibu dan kedua anaknya dalam kondisi selamat dan sehat.

Tahun 2004 Bu Sri pindah ke Desa Ngroto, Mayong, Jepara, hingga sekarang. Ibu yang dikaruniai dua anak ini melakukan edukasi bagi ibu hamil.

Di desa tersebut ada sosialiasi ibu hamil, semacam kegiatan kelas bagi para bumil. Saat masa kehamilan, ibu-ibu tersebut perlu periksa laborat untuk mengetahui kondisi kesehatan ibu dan janin.

Dari pemeriksaan ini bisa diketahui apakah kehamilannya termasuk klasifikasi berisiko (punya tekanan darah tinggi, anemia, HBSAG+, keracunan kehamilan dan lainnya) atau tidak.

Saat masa persalinan tiba, sang ibu mendatangi tenaga kesehatan. Jadi proses persalinan tidak boleh dilakukan di rumah agar ibu dan buah hati yang dilahirkan dalam keadaan sehat dan selamat.

Pengabdian Bidan Sri sungguh besar. Ia mengedukasi ibu-ibu hamil, juga membantu saat proses persalinan. Dedikasi Bu Sri untuk mempersiapkan lahirnya generasi baru yang sehat tentunya layak mendapat apresiasi. Bu Sri adalah pahlawan sekaligus inspirasi bagi kita untuk terus mengabdi kepada sesama.

Berbicara tentang pahlawan, setiap kita tentunya punya cerita menarik mengenai orang yang punya jasa besar bagi sesama tersebut. Saya mengajak teman-teman mengikuti Kontes Blog Super Bercerita dengan tema #KadoUntukPahlawan. Teman-teman bisa menceritakan sosok pahlawan di lingkungan tempat tinggalmu, serta berkesempatan memenangkan hadiah jutaan rupiah.

Selain itu, tokoh yang diangkat dalam kisah tersebut juga berkesempatan mendapatkan kado atau bantuan dari Aplikasi Super. Saya berharap Bu Bidan Sri terpilih menjadi salah satu pemenangnya. Untuk hadiahnya, saya percayakan kepada panitia lomba untuk menentukannya.

Kontes Blog Super Bercerita #KadoUntukPahlawan diselenggarakan mulai 4 April hingga 5 Juni 2022. Info selengkapnya bisa dibaca di http://tinyurl.com/SUPERBERCERITA dan jangan lupa untuk download Aplikasi Super ya!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published.