Tips memanfaatkan dana THR
Ekonomi & Bisnis

Simak 5 Tips Bijak Memanfaatkan Dana THR

Dana THR tentu saja hanya didapatkan selama setahun sekali mendekati hari lebaran. Agar dana THR tetap bisa dimanfaatkan dengan baik, maka kamu harus bijak dalam mengelola dana tersebut akan digunakan untuk biaya apa saja.

Salah satu cara terbaik untuk memanfaatkan tunjangan hari raya adalah untuk biaya mudik. Mudik ke kampung agar lebih terjangkau kamu bisa memilih transportasi bus. Untuk transportasi yang aman pilih bus Damri, apalagi naik bus Damri bisa pesan online  sekarang dengan booking  di Traveloka.

Bijak Memanfaatkan Dana THR

Berikut ini beberapa tips untuk kelola dana THR lebih bijak dan bermanfaat.

  1. Belanja Keperluan Lebaran

Namun sebelum berbelanja pastikan kamu sudah membuat anggaran belanja terlebih dahulu agar pengeluaran bisa dikelola dengan baik. Catat kebutuhan apa saja yang dibutuhkan saat libur lebaran dan pilih kebutuhan yang paling diprioritaskan terlebih dahulu.

Seperti misalnya membeli bahan pokok sehari-hari, biasanya menjelang lebaran bahan pokok harganya jauh lebih mahal maka dari itu kamu harus manfaatkan THR untuk hal tersebut. Kemudian baru memikirkan untuk membeli baju lebaran dan keperluan penting lebaran lainnya.

  1. Jangan Lupa Bayar Hutang

Jika memiliki banyak hutang menjelang lebaran sebaiknya lunasi hutang terlebih dahulu. Setidaknya alokasikan dana THR sebanyak 30% untuk melunasi hutang hingga cicilan. Dengan begini kamu akan merasakan tidak terlalu banyak beban saat lebaran tiba, meski mungkin bulan depan harus tetap memikirkan untuk membayar cicilan berikutnya.

  1. Biaya Mudik Lebaran

Di tahun 2022 ini masyarakat Indonesia sudah diperbolehkan untuk melakukan mudik dengan menaati prokes dan aturan yang ditetapkan pemerintah. Untuk itu, kamu juga harus mengalokasikan dana THR untuk biaya mudik lebaran.

Besaran  biaya yang harus dikeluarkan tentu saja tergantung dari berapa anggota keluarga kamu yang akan dibawa untuk pulang. Selain itu, biayanya juga tergantung dari seberapa jauh keberangkatan mudik dan transportasi apa yang dipakai. Bagi yang memiliki budget tipis, sebaiknya untuk keberangkatan antar kota maka bisa pilih transportasi bus yang terjangkau dan tetap nyaman dipakai selama perjalanan.

Saat mudik, kamu juga harus mempersiapkan biaya lainnya seperti oleh-oleh untuk saudara dan kerabat di kampung atau hadiah hampers untuk orang tua di rumah. Tidak perlu hadiah atau oleh-oleh yang terlalu mewah, barang dengan harga terjangkau saja asal dibeli dengan hati yang tulus tentu akan diterima dengan sangat baik oleh sanak keluarga di rumah.

  1. Dana Sedekah

Ketika mendapatkan uang jangan lupa pula untuk menyisihkan sebagian uang untuk sedekah. Apalagi sedekah di bulan Ramadhan akan menambah pahala kamu. Sedekah juga merupakan salah satu cara untuk bersyukur sudah diberi rezeki Allah oleh Allah SWT. Kamu bisa bersedekah langsung ke orang yang membutuhkan di sekitar atau secara online.

Untuk kisaran biaya sedekah yang harus kamu keluarkan, tidak perlu di patokan. Sedikit atau banyak yang penting ada disisihkan dari dana pendapatan THR untuk sedekah. Dan yang tidak kalah penting adalah sedekah harus dengan  keikhlasan.

  1. Menabung Atau Investasi

Setelah sudah mengeluarkan biaya THR untuk kebutuhan penting, selanjutnya jika masih ada dana THR cukup banyak tersisa maka bisa kamu masukkan ke dana tabungan. Selain ditabung tentu saja bisa kamu alokasikan dananya untuk investasi, agar keuntungan yang didapatkan bisa lebih banyak.

Menabung atau investasi tentu saja sangat penting dilakukan kapanpun saat ada dana lebih. Jika selama ini kamu sudah memiliki beberapa investasi untuk dana pensiun hingga dana pendidikan anak, kamu bisa menambah post investasi lagi di beberapa instrumen investasi yang memiliki return tinggi. Saat ini juga investasi cukup mudah dilakukan, karena kamu tidak perlu datang ke kantornya langsung bisa setor dana secara online.

Dana tabungan atau investasi ini tentu saja bisa menjadi dana darurat. Jadi ketika ada kebutuhan mendesak kamu masih punya pegangan uang untuk mengatasi masalah dimana harus keluarkan sejumlah dana.

Itu tadi beberapa tips untuk mengelola pengeluaran dana THR secara bijak. Untuk memaksimalkan pengeluaran saat mudik, pastikan kamu memilih booking transportasi bus yang tepat untuk perjalanan ke luar kota. Kamu bisa percayakan pemilihan bus secara tepat dan pemesanannya yang bisa dilakukan secara online lewat Traveloka.

Di Traveloka kamu bisa menemukan banyak pilihan bus dengan fasilitas yang memadai untuk kenyamanan di perjalanan dan juga banyak pilihan rute. Dapatkan pula penawaran harga terbaik untuk biaya pembelian tiket bus Traveloka dengan selalu mengunjungi Traveloka App, agar tidak ketinggalan promo dan diskon menarik.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *