bijak menggunakan pinjaman tanpa agunan
Ekonomi & Bisnis

Catat! Ini Cara Bijak Menggunakan Pinjaman Tanpa Agunan

Saat ini, mengajukan pinjaman tanpa agunan masih menjadi favorit masyarakat. Meskipun saat ini pinjaman seperti ini sangat mudah untuk didapatkan, sebagai konsumen kamu harus tetap bijak menggunakannya. 

Salah satu produk pinjaman yang cukup laris manis ialah KTA atau Kredit Tanpa Agunan. Pasalnya, layanan pinjaman ini bisa memberikan pinjaman dengan limit yang cukup besar tanpa meminta jaminan apapun pada saat proses pengajuan.

Tips Bijak Menggunakan Layanan Pinjaman Tanpa Agunan

Meskipun layanan pinjaman KTA menawarkan banyak kemudahan, kamu harus tetap bijak dalam menggunakannya. Pasalnya, kemudahan tersebut bisa menjadi pisau bermata dua jika tidak digunakan sesuai porsinya. Karena itu, mari pelan-pelan belajar bijak dalam menggunakan pinjaman dengan cara di bawah ini.

  1. Cermati Syarat KTA

Seperti pada pengajuan pinjaman pada umumnya, di sini kamu juga perlu mencermati syarat dan ketentuan sebelum memutuskan untuk mengajukan pinjaman. Hal ini penting dilakukan agar tidak terjadi kesalahpahaman pada saat proses peminjaman.

Tidak sampai di situ, kamu juga perlu memperhatikan mekanisme KTA mulai dari perhitungan bunga, tenor, limit kredit, hingga jumlah cicilan yang harus kamu bayar setiap bulannya. 

  1. Tentukan Tujuan Penggunaan KTA

Setelah syarat dan ketentuan bisa kamu cermati, selanjutnya tentukan tujuan dari peminjaman ini untuk apa. Pastikan kamu memiliki tujuan yang jelas agar dana tersebut tidak salah sasaran.

Kamu bisa menggunakan dana pinjaman tanpa agunan untuk hal apa saja yang kamu inginkan, mulai dari menekuni hobi, mengikuti kursus, renovasi rumah, upgrade furniture, dan lain-lain. Namun, atur dan pertimbangkan tujuan tersebut dengan baik agar tetap bisa menggunakan dana pinjaman dengan bijak.

  1. Periksa Kondisi Keuangan

Setelah mendapatkan tujuan yang jelas, sebaiknya kamu memeriksa kondisi keuangan saat ini. Bagaimanapun, kamu harus membayar cicilan pinjaman tanpa agunan setiap bulan. Dengan memeriksa kondisi keuangan, kamu bisa memperkirakan berapa jumlah cicilan yang mampu kamu bayar setiap bulannya.

Jangan sampai beban cicilan lebih besar daripada penghasilan, karena hal tersebut bisa membuat kamu kewalahan. Sebagai batas aman, kamu bisa mengajukan pinjaman dengan besaran cicilan tidak lebih dari 30% total pendapatan.

  1. Ajukan dengan Jumlah yang Tepat

Setelah memeriksa kondisi keuangan, kamu bisa mengajukan pinjaman tanpa agunan dengan jumlah yang tepat. Dalam hal ini, kamu tidak perlu mengajukan pinjaman dengan jumlah yang berlebihan karena hal tersebut bukan cara yang bijak untuk menggunakan pinjaman KTA. 

Ingat, sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, termasuk mengajukan pinjaman dana. Inilah sebabnya mengapa kamu harus menentukan tujuan pinjaman yang jelas agar bisa menentukan jumlah yang tepat pada saat pengajuan. 

PermataKTA: Solusi Pinjaman Tanpa Agunan untuk Berbagai Keperluan

tips buka tabungan online dan apa kelebihannya
Sumber gambar: pexels.com

Jika saat ini kamu sedang mencari layanan yang bisa memberikan pinjaman tanpa agunan, mari kami kenalkan dengan PermataKTA. PermataKTA merupakan produk KTA (Kredit Tanpa Agunan) dari PermataBank yang bisa kamu ajukan melalui aplikasi PermataMobile X. 

Ada beberapa alasan mengapa kamu harus memiliki PermataKTA sebagai mitra keuangan kamu, diantaranya sebagai berikut.

  • Limit yang Tinggi

PermataKTA bisa menjadi solusi yang tepat untuk berbagai kebutuhan. Tidak tanggung-tanggung, besar limit yang ditawarkan mulai dari Rp5 juta hingga Rp300 juta. Tentu saja dengan rentang dana pinjaman yang cukup tinggi ini, kamu bisa menggunakannya untuk keperluan apa saja.

  • Bunga Rendah

Bunga yang ditawarkan PermataKTA tidak akan memberatkan kamu. mengapa? Karena besaran bunga yang ditawarkan hanya mulai dari 0,88% setiap bulannya atau 10,56% per tahun. Jadi, kamu tidak akan tenggelam oleh bunga pinjaman tanpa agunan ini.

  • Angsuran Tetap

PermataKTA menawarkan besaran angsuran pinjaman yang tetap. Jadi, setiap bulannya kamu akan mengangsur dengan jumlah yang sama hingga cicilan terakhir. 

  • Tenor Waktu hingga 5 Tahun

Untuk limit yang begitu besar ini, kamu akan ditawarkan tenor pinjaman mulai dari 3 bulan hingga 5 tahun lamanya sehingga walaupun limit pengajuan pinjaman kamu tinggi, jumlah cicilan tiap bulannya bisa disesuaikan dengan pilihan tenor pinjaman yang tersedia.

  • Syarat Apply yang Mudah

Ini dia kelebihan yang paling dinantikan, kemudahan pengajuan pinjaman. Syarat pengajuan PermataKTA sangat mudah. Kamu hanya perlu mempersiapkan e-KTP, NPWP, dan mengajukan pinjaman melalui mBanking PermataMobile X.

  • Pengajuan Mudah

Proses pengajuan PermataKTA sangat mudah untuk dilakukan. Kamu hanya perlu menginstal aplikasi PermataMobile X, maka kamu sudah bisa mengajukan pinjaman kapan saja dan dimana saja.

  • Fitur Autodebet

Jika kamu takut lupa membayar tagihan cicilan, coba manfaatkan fitur autodebet. Fitur ini akan membantu kamu untuk membayar cicilan secara otomatis pada waktu yang telah ditentukan sebelumnya.

  • Kemudahan Administrasi

PermataKTA juga menawarkan proses administrasi yang cukup mudah. Untuk biaya administrasi, kamu hanya akan dikenakan 1% sampai 4% saja dari total pinjaman.

Bagaimana Cara untuk Daftar Mengajukan Pinjaman Ini?

Untuk mengajukan pinjaman PermataKTA, kamu bisa mencoba melakukan beberapa langkah di bawah ini:

  1. Log in ke PermataMobile X
  2. Masuk ke PermataStore
  3. Pilih KTA, lalu PermataKTA
  4. Ikuti petunjuk pengajuannya hingga selesai

Bagi kamu yang belum melakukan registrasi PermataMobile X maupun yang belum menjadi nasabah PermataBank sama sekali, kamu bisa mengikuti tahapan di bawah ini:

  1. Download PermataMobile X di App Store untuk Apple dan Android melalui Google Play Store.
  2. Setelah aplikasi terbuka, klik ‘mulai’.
  3. Pilih “tidak” pada pertanyaan “Apakah kamu punya rekening PermataBank?”
  4. Pilih KTA, lalu PermataKTA
  5. Ikuti petunjuk pengajuannya hingga selesai

Begitulah persyaratan mengajukan pinjaman tanpa agunan dari PermataKTA. Meskipun mudah, ingat untuk tetap bijak menggunakannya. PermataKTA, solusi cepat dan tepat untuk penuhi semua kebutuhan kamu!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published.