Ekonomi

Cara Mengajukan Pinjaman yang Mudah dan Menguntungkan

cara mengajukan pinjaman yang mudah

Kita punya kebutuhan mulai dari membeli barang hingga membuka bisnis, tapi seringkali terkendala oleh keterbatasan biaya atau uang. Kemudian timbul niat untuk pinjam uang, tetapi di sisi lain kita tak tahu bagaimana cara mengajukan pinjaman yang mudah sekaligus menguntungkan.

Cara mengajukan pinjaman yang mudah dalam artian proses pengajuan hingga pencairan dana tidak memakan waktu lama, serta syarat-syaratnya tidak membuat repot. Dengan demikian kita bisa segera mendapatkan dana untuk memenuhi kebutuhan. Sedangkan pinjaman yang menguntungkan artinya bunga yang dikenakan tidak tinggi. Sehingga, kita tidak merasa berat saat membayar cicilan setiap bulannya.

Mengapa Perlu Pinjaman?

Uang menjadi sarana penting dalam kehidupan kita. Hampir semua fase kehidupan dan segala kebutuhannya memerlukan uang. Mulai dari kita lahir, di masa kanak-kanak, bersekolah atau kuliah, berbisnis, berumah tangga, hingga meninggal dunia semuanya tidak terlepas dari uang. Dengan uang, kita bisa mencukupi kebutuhan dan meningkatkan kualitas hidup.

Namun ada kalanya kita tidak memiliki uang yang cukup, sementara ada kebutuhan penting atau mendesak yang perlu dipenuhi. Di saat seperti ini, kita memerlukan pinjaman uang dari teman, keluarga, bank, atau perusahaan pembiayaan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan saat Mengajukan Pinjaman

Jika kita mengajukan pinjaman, khususnya ke perusahaan pembiayaan, ada beberapa hal penting yang perlu untuk kita perhatikan. Hal-hal tersebut yaitu:

Ketahui Tujuan Mengajukan Pinjaman

Kita harus tahu apa tujuan kita berhutang atau mengajukan pinjaman. Sebaiknya pinjaman tersebut hanya untuk memenuhi keperluan yang sifatnya produktif atau keperluan mendesak. Manfaatkanlah dana tersebut untuk modal bisnis, biaya pendidikan anak, kebutuhan di masa depan, dan hal-hal produktif lainnya.

Hindarilah mengajukan pinjaman untuk hal yang konsumtif atau sebatas memenuhi keinginan sesaat yang tidak begitu bermanfaat. Selain itu, hindari mengajukan pinjaman untuk membayar pinjaman atau hutang lainnya (gali lubang tutup lubang).

Kenali Manfaat dan Risiko

Setiap perusahaan pembiayaan menerapkan syarat-syarat tertentu dalam memberikan pinjaman. Kita perlu memahami syarat-syarat tersebut, sehingga bisa mengenali manfaat dan risikonya.

Manfaat atau nilai lebih yang diberikan penyedia pinjaman misalnya tanpa jaminan, proses cepat, atau syarat yang mudah. Sedangkan risiko misalnya plafon kecil atau terbatas, bunga tinggi, atau tidak fleksibel dalam menentukan tenor (tenor singkat).

Pikirkan Cara Membayar Cicilan

Kita juga perlu memikirkan cara untuk membayar cicilan. Perhitungkan bahwa penghasilan yang kita miliki bisa menutupi cicilan pinjaman tersebut dan tanggungan utang yang lainnya (kredit rumah, kendaraan, dan lain-lain). Jangan sampai terjadi besar pasak daripada tiang.

Total angsuran tidak boleh lebih dari 30% dari penghasilan, agar kita juga bisa menggunakan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan yang lainnya. Karenanya, kita harus sebijak mungkin dalam mengelola keuangan.

Patuhi Perjanjian Kerjasama Pembiayaan

Kita perlu mematuhi isi perjanjian kerjasama pembiayaan. Apabila terjadi kondisi yang tidak memungkinkan untuk membayar tagihan, kita perlu mengomunikasikan hal ini kepada perusahaan pembiayaan untuk mencari solusinya. Jangan sampain catatan kredit kita jelek yang akhirnya bisa merugikan kita di kemudian hari.

Pilih Perusahaan Pembiayaan yang Baik

Pilihlah perusahaan pembiayaan yang baik, sehingga bisa memberikan kemudahan dan keuntungan bagi kita. Pastikan juga perusahaan tersebut sudah berpengalaman serta menjalankan bisnis sesuai peraturan perundangan yang berlaku, terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), sehingga kita terhindar dari perusahaan ilegal.

Cara Mengajukan Pinjaman yang Mudah dan Menguntungkan ke BFI Finance

#SelaluAdaJalan bagi kita untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik. Bila kita membutuhkan perusahaan pembiayaan yang baik, maka PT BFI Finance Indonesia Tbk (BFI Finance) merupakan pilihan tepat. BFI Finance mudah dijumpai di kota-kota di Indonesia serta siap untuk membantu kita.

BFI Finance merupakan salah satu perusahaan pembiayaan terbesar dan tertua di Indonesia. BFI Finance berdiri sejak 1982 dan memiliki posisi yang unik dibandingkan dengan perusahaan pembiayaan lainnya, karena tidak terafiliasi bank atau pun Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM).

BFI Finance berfokus pada pembiayaan dengan beragam tujuan. Berbagai #pembiayaanmultigunaBFI antara lain investasi, modal kerja dan multiguna, dengan jaminan berupa kendaraan bermotor roda empat dan roda dua, alat berat, mesin, properti, dan sebagainya.

Layanan Konsumen BFI Finance

Mudah dan Cepat

Pengajuan pinjaman di BFI Finance prosesnya cepat dan tidak memerlukan waktu yang lama. Syarat-syaratnya pun mudah, cukup menyiapkan dokumen yang dibutuhkan, seperti identitas diri, slip gaji, serta dokumen aset yang akan dijaminkan. Jika telah memenuhi semua persyaratan, pengajuan pinjaman bisa disetujui kurang dari 1 hari. Persyaratan yang dibutuhkan tersebut bisa dicek melalui website resmi BFI Finance.

Bunga Ringan

BFI Finance juga menawarkan bunga ringan dan kompetitif bagi nasabahnya. BFI Finance telah terdaftar dan diawasi oleh OJK, sehingga besaran suku bunganya mengacu pada kebijakan Bank Indonesia.

Tenor Fleksibel

BFI Finance memungkinkan kita dapat memilih tenor atau waktu pelunasan fleksibel, yang bisa disesuaikan dengan kemampuan kita. Kita bisa menghitung kisaran tenor dan bunga yang dipilih melalui simulasi pinjaman yang ada di website resmi BFI Finance.

Aman dan Terpercaya

Mengajukan pinjaman di BFI Finance dijamin aman dan terpercaya karena BFI Finance telah terdaftar dan diawasi oleh OJK.  Dengan demikian, #kreditBFI aman dan legal.

Solusi Terbaik

Apabila kita sedang ada kendala dalam mengangsur, BFI Finance terbuka memberikan solusi terbaik kepada para konsumennya.

Good Corporate Governance

BFI Finance mengutamakan dan mematuhi Good Corporate Governance serta mengikuti tiap arahan, kebijakan dan ketentuan yang diberikan oleh pemerintah sebelum menerapkan suatu kebijakan dalam Perusahaan, maupun kebijakan atas konsumen.

Apabila memerlukan penjelasan lebih lanjut mengenai cara mengajukan pinjaman dan informasi lainnya mengenai BFI Finance, kita bisa mengaksesnya melalui website dan sosial media resmi BFI sebagai berikut:

Website: https://www.bfi.co.id/
Instagram: @bfifinance
Facebook: BFI Finance
Twitter: @BFIFinance
YouTube: BFI Finance Official

1 thought on “Cara Mengajukan Pinjaman yang Mudah dan Menguntungkan”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *