Blogging

Memilih Domain Murah di Indonesia

domain murah di Indonesia

Memilih domain murah di Indonesia menjadi hal yang perlu dipertimbangkan untuk membuat sebuah website. Kita mengetahui bahwa di era digital ini makin banyak orang maupun organisasi mulai memiliki website untuk bermacam keperluan. Langkah pertama yang dilakukan untuk memiliki website tersebut ialah menentukan nama domain.

Sebuah website memiliki beragam fungsi penting, tidak hanya untuk bisnis atau perusahaan tetapi juga untuk perorangan. Website kini menjadi sebuah identitas di internet, sehingga perlu dimiliki oleh orang atau organisasi yang ingin menunjukkan eksitensinya di internet.

Bagi sebuah bisnis, website menjadi salah satu media untuk memperkenalkan bisnis, melakukan branding, memberikan informasi produk, menjalin hubungan dengan pelanggan, dan yang lainnya. Sebuah bisnis atau perusahaan dipandang lebih kredibel jika memiliki website sendiri.

Sedangkan bagi perorangan, website menjadi media untuk menuliskan catatan yang bersifat pribadi. Mulai dari catatan perjalanan, pemikirian atas hal yang sedang trend, berbagi tips dan tutorial, hingga branding untuk kepentingan politik. Blog samleinad.com ini misalnya, dikhususkan untuk berbagi kisah perjalanan penulisnya, serta berbagi beragam informasi dan tips.

Apa itu Domain?

Pada dasarnya, domain adalah nama sebuah alamat untuk mengidentifikasi suatu server komputer. Alamat website tersebut sebenarnya berupa IP yang tersusun dari kombinasi angka. Orang biasanya mengalami kesulitan untuk menghafal susunan angka.

Agar mudah diingat, maka alamat IP kemudian disederhanakan menjadi sebuah nama yang diakhiri .com, .net, .org, dan lainnya. Nama domain memudahkan pengunjung situs agar tidak perlu repot menulis alamat IP server. Cukup dengan mengetikkan nama url website, maka  pengunjung langsung diarahkan ke alamat IP server yang dituju tersebut.

Tips Memilih Nama Domain

Nama domain sifatnya unik, artinya hanya ada satu saja di dunia. Jika domain sudah didaftarkan, maka tidak bisa digunakan lagi oleh orang atau organisasi lainnya. Sebelum mendaftarkan nama domain, ada beberapa tips yang bisa digunakan untuk memilih nama domain.

Sesuai dengan Tujuan

Pilihlah nama domain yang sesuai dengan tujuannya. Misalnya untuk toko kue, pilih nama domain seperti TokokueXYZ.com dan sejenisnya.

Mudah Diingat

Nama domain sebaiknya juga mudah diingat. Jangan gunakan nama yang terlalu panjang atau memiliki kombinasi angka dan huruf yang rumit, misalnya tokokuetradisionaldanmoderntangerang.com atau p3rj4l4n4nku.com. Pembaca akan mengalami kesulitan untuk mengingat, yang akibatnya enggan untuk berkunjung kembali ke website tersebut.

Pertimbangkan Harga

Domain sifatnya berkala, jadi perlu diperpanjang sebelum kadaluwarsa (expired). Karena itulah kita perlu mempertimbangkan harganya. Pilihlah harga domain murah, dan pertimbangkan juga harganya pada saat daftar, perpanjang, maupun transfer. Kita bisa juga memilih paket bundling, yaitu sekaligus membeli untuk domain dan hosting, yang biasanya lebih murah jika dibandingkan dengan membayarnya per item.

Memilih Domain Murah di Indonesia

Setelah mengetahui apa itu domain dan bagaimana cara memilih nama domain, maka kita perlu memilih domain murah untuk membuat website. Bila kita membutuhkan penyedia layanan domain murah di Indonesia, maka DomaiNesia menjadi pilihan tepat.

DomaiNesia merupakan perusahaan rintisan dengan layanan registrasi nama domain, web hosting, dan layanan web. DomaiNesia berdiri tahun 2009, dan terus memberikan pengalaman layanan terbaik bagi para pelanggannya yang ada di seluruh penjuru Indonesia dan macanegara.

Ada bebarapa kelebihan dari DomaiNesia yang bisa kita manfaatkan, di antaranya:

Harga Murah: DomaiNesia memberikan tarif harga yang murah bagi kita. Misalnya domain .com dengan harga Rp 98 ribu, .xyz seharga Rp 11 ribu, dan masih banyak harga murah lainnya.

Bebas Memilih Lokasi Server: Ada 5 lokasi server DomaiNesia yang bisa kita pilih. Lokasi server tersebut yaitu Amerika Serikat (Dallas), Jepang (Tokyo), Inggris (Merlin), Singapura, dan Indonesia (Jakarta). Kita bebas memilih lokasi server yang diinginkan, dengan harga yang sama. Pemilihan lokasi server ini bisa kita sesuaiakan dengan target pengunjung website kita.

SSD Super Cepat: DomaiNesia menggunakan 100% Enterprise Solid State Drive (SSD) sebagai media penyimpanan. Teknologi SSD ini akan membuat performa website kita menjadi super cepat.

Teknologi Cloud Backup dan Data Restore: DomaiNesia mengunakan teknologi cloud backup dan data restore. Karenanya, kita tak perlu merasakhawatir terjadi kehilangan data ketika salah melakukan konfigurasi atau apapun.

Promo Hosting 2021: DomaiNesia menawarkan promo hosting 2021 terbaru yang bisa kita manfaatkan. Promo-promo menarik di bulan Agustus 2021 yaitu:

  • Promo Cloud VPS Diskon 30%
  • Promo Hosting Diskon 30%
  • Promo Domain .XYZ Diskon 90% & Paket Bundling Diskon up to 60%
  • Promo Domain Diskon up to 90%

Dengan beragam manfaat di atas, DomaiNesia menjadi pilihan paling pas bagi kita yang mencari domain murah di Indonesia untuk membuat website.

Share this:

1 thought on “Memilih Domain Murah di Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *