Tekno

Cara Merawat Ban Mobil yang Benar agar Awet Dipakai

10 Cara Merawat Ban Mobil agar Awet Dipakai

Cara merawat ban mobil yang benar akan membuat ban lebih tahan lama. Selain itu, kamu akan lebih berhemat. Ban merupakan komponen paling penting dari kendaraan. Selain untuk mengurangi getaran ketika jalan terjal, ban juga untuk menyeimbangkan kendaraan saat di permukaan tanah.

Tak hanya untuk menopang daya angkut, namun juga berperan sebagai stabilitas laju kendaraan serta menjadi faktor keselamatan saat berkendara.

Simak Cara Merawat Ban Mobil yang Paling Tepat

Kamu tidak perlu bersusah payah dalam perawatannya. Jika kamu ingin ban lebih lama masa pakainya, kamu bisa lakukan berikut ini di rumah.

1. Merotasi Ban Kendaraan

Hal yang paling dilupakan orang adalah merotasi ban mobil. Padahal merotasi ban mobil sangat penting untuk memperpanjang umur pemakaian ban.

Ban mudah mengalami kebotakan karena rentan terjadi gesekan. Oleh sebab itu, lebih baik kamu merotasi ban depan dengan ban belakang. Sebaiknya kamu lakukan rotasi ban setiap 7500 hingga 10.000 kilometer.

2. Periksa Tekanan Angin Ban

Langkah lainnya adalah memeriksa tekanan angin sebelum bepergian jauh. Pemeriksaan secara berkala dan paling tidak sebulan sekali. Hal tersebut juga tergantung dari intensitas pemakaian.

Sesuaikan tekanan angin sesuai yang direkomendasikan. Karena jika kekurangan angin, maka menyebabkan masalah cukup serius. Bahkan memicu penggunaan BBM yang meningkat pula. Sementara jika terlalu keras, maka ban juga akan lebih cepat halus dan membahayakan pengguna jalan lainnya.

3. Pengecekan Visual

Cara merawat ban mobil selanjutnya kamu lakukan pengecekan visual secara rutin di rumah. Kamu amati jika ada benjolan maupun sayatan pada permukaan ban, maka kamu perlu waspada. Jika terjadi benjolan maupun sayatan akan mengurangi daya tahan ban. Ban tersebut bisa meledak. Oleh karena itu, perlu adanya pemeriksaan rutin.

4. Memeriksa Keseimbangan Ban Mobil

Tidak hanya tekanan angin yang harus kamu perhatikan, namun juga keseimbangan ban mobil. Hal tersebut harus dilakukan secara berkala. Tujuannya untuk memastikan keamanan dan kenyamanan saat kamu berkendara.

Umumnya keseimbangan ini dilakukan saat penggantian ban dengan yang baru. Selain itu, saat rotasi ban atau jika terjadi getaran ban pada kecepatan tertentu. Sehingga keseimbangan sesuai dan ban menjadi lebih awet.

5. Memperhatikan Ukuran Ban

Selain hal di atas, memperhatikan jenis maupun ukuran ban mobil juga penting. Ban mobil berbeda-beda setiap jenisnya. Kamu perlu pastikan sesuai dengan indeks dan ukuran yang dianjurkan untuk mobil yang kamu miliki.

6. Penutup Pentil Ban Harus Tetap Terpasang

Hal sederhana namun juga penting adalah memastikan penutup pentil ban selalu ada. Umumnya orang akan lupa karena keadaan terburu-buru sehingga terlupa menutup kembali ke posisi awal.

Jika itu terjadi, akan mengakibatkan ban mengalami kebocoran serta mengurangi tekanan ban mobil. Oleh karena itu, seringlah memeriksa kelengkapannya.

7. Mengecek Kondisi Ban

Cobalah cek ban secara keseluruhan. Baik telapak atau permukaan atau dinding samping ban. Jangan sampai ada yang terluka cobekan atau baret yang melukai benang ban. Jika mengenai lapisan ban, maka ban mobil kamu harus segera diganti.

8. Mengecek Kondisi Ban Cadangan

Ban cadangan yang jarang dipakai juga perlu mendapatkan perhatian. Ban cadangan juga bisa kempes atau rusak. Terutama karena sinar matahari, atau lainnya. Sehingga jangan sampai ketika kamu membutuhkannya justru membuat repot kamu karena cadangan tidak bisa terpakai.

9. Membersihkan Tapak Ban dari Batu

Pada sela-sela ban kadang terdapat bebatuan kecil yang terselip. Jangan biarkan terlalu lama berada di sela-sela tersebut. Karena dapat melukai lapisan dasar ban. Bahkan dapat mengakibatkan korosi pada ban dan mudah pecah.

10. Memperhatikan Barang Bawaan

Membawa barang saat bepergian tentu boleh, namun kamu juga harus menyesuaikan dengan kendaraan kamu. Kamu juga harus memperhitungkan berat bawaan apakah nantinya tidak menimbulkan masalah baru. Semakin berat bawaan kamu, maka semakin berat pula kendaraan menanggung beban tersebut.

Layanan Perawatan Mobil Terbaik

Sekarang ini kamu tak perlu bingung dan repot memikirkan cara merawat ban mobil kamu. Karena telah ada layanan perawatan mobil terbaik untuk kamu. Kamu dapat mempercayakan ban dan perawatannya pada Otoklix. Platform yang berfokus pada automotive aftermarket domain yang siap memberikan solusi buat kamu.

Mulai dari service berkala, ganti oli, ban, rem dan cuci atau detailing. Otoklix juga bermitra dengan lebih dari 1000 bengkel umum terpilih dan terbaik di Jabodetabek.

Mengenai harga, kamu tak perlu khawatir, karena Otoklix bersifat transparan dan dikemukakan pada awal booking. Sehingga menjadi solusi buat kamu yang takut kemahalan nantinya. Justru dengan Otoklix, biaya perawatan kamu akan lebih hemat. Kamu bisa lebih hemat hingga 50% dari harga service di bengkel resmi.

Setelah selesai pengerjaan juga kamu bisa mendapatkan garansi hingga 30 hari. Kamu bisa setiap saat mengklaim garansi tersebut jika ada kekurangan dalam pengerjaan. Begitu juga dengan pembayaran, kamu dapat membayar biaya service di bengkel mitra yang kamu gunakan.

Lomba Berhadiah dari Otoklix

Kabar gembira untuk kamu, Otoklix sedang mengadakan Blog Competition by Otoklix dengan hadiah puluhan juta rupiah. Untuk topik tema penulisan adalah “Otoklix sebagai partner servis dan perawatan mobil terpercaya.”

Bagi para peserta yang ingin mengikuti kompetisi tersebut, kamu masih berkesempatan mengikutinya, karena periode lomba telah diperpanjang hingga 30 Juni 2021.

Tunggu apa lagi, kamu bisa mendaftarkan diri di Lomba Blog Otoklix. Nah itulah informasi penting cara merawat ban mobil yang paling tepat. Kamu telah mendapatkan solusi terbaik untuk mobil kamu. Segera hubungi admin Otoklix.

Share this:

12 thoughts on “Cara Merawat Ban Mobil yang Benar agar Awet Dipakai”

  1. Bermanfaat banget tulisannya. Walauoun saya perempuan yang seringnya cuma tinggal nyetir jujur ini jadi bisa jadi masukan untuk saya merawat ban yang baik. Terimakasih atas tulisannya.9

  2. Penting nih informasinya bagi pemilik mobil. Termasuk kaum perempuan seperti saya yang kurang perhatian tentang hal-hal otomotif seperti ini. Kondisi ban memang sangat penting untuk kelancaran perjalanan.

  3. Eh, merotasi ban.

    Nggak pernah kepikiran dan nggak pernah tau juga kalau sebaiknya ban itu dolakukan rotasi penggunaan biar tetap awet.

    Nah bawa beban barang di kendaraan nih yang perlu banget diperhatikan. Apalagi kalau bawa penumpang terus dempet dempetan dalam mobil. Nggak selalu nyaman dan belum tentu juga aman.

  4. Ngecek kondisi ban terutama ketika akan perjalanan jauh itu penting. Kalau ada apa-apa kan bisa oleng mobilnya. Kadang susah juga menemukan bengkel yang tepat untuk perbaiki ban mobil.

  5. Ih iya bener, kadang perawatan ban mobil suka dianggap sepele padahal penting banget ya.. harus rajin dicek secara berkala.
    Baru denger ada aplikasi Otoklix ini, kayaknya aku harus punya karena orangnya suka lupa urusan perawatan mobil.. hehe

  6. Ban untuk kendaraan bermotor seperti mobil merupakan salah satu bagian terpenting. Oleh Karenanya kondisi nya rutin perlu di cek, dijaga dan dirawat, terutama saat akan digunakan untuk perjalanan jarak jauh
    Akan lebih baik rutin juga di lakukan perawatan kendaraan di bengkel yang kredibel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *