Serba-serbi

Begini Cari Kost yang Asyik dan Mudah!

pengalaman cari kost yang asyik

Pengalaman ngekost menjadi hal seru yang dialami oleh kebanyakan anak muda saat mulai hidup terpisah dari orang tua. Fase menuju kemandirian ini biasanya terjadi ketika anak muda lulus sekolah dan melanjutkan kuliah di luar kota, yang jaraknya tak lagi dekat dengan tempat tinggal orang tua. Dari sini cerita menarik tentang anak kost pun dimulai.

Aku termasuk generasi X. Masa-masa ketika aku kecil adalah masa awal penggunaan komputer di mana penyimpan data masih berupa disket. Hal-hal yang berbau komputer atau internet masih menjadi hal baru dan hanya ada di kota-kota besar. Sementara aku tinggal di Pati, sebuah kabupaten yang tidak begitu besar yang berada di pantai utara Jawa Tengah. Saat aku SMU, keterampilan komputer diperkenalkan hanya sebatas ekstrakurikuler, bukan mata pelajaran wajib.

Hingga aku SMU, aku tinggal dengan orang tua. Jarak dari rumah ke sekolah sekitar 4 kilometer saja, dan aku tiap hari pergi-pulang dengan bersepeda. Serunya kisah anak kost waktu itu hanya aku dengar dari kisah teman-teman sekolahku yang rumahnya berjarak puluhan kilometer dari sekolah. Kisahnya tak jauh berbeda dengan apa yang ceritakan oleh lagu yang populer kala itu, Nasib Anak Kost, yang dibawakan oleh  P-Project.

Aku makan tiap hari, kadang hanya makan mie, gimana nggak kurang gizi.
Wesel datang tak pasti, ibu kost nggak mau ngerti nagih sewa bulan ini …

(Nasib Anak Kost, oleh P-Project)

Pengalaman Menjadi Anak Kost

Bergulirnya waktu membawa diriku ke Yogyakarta, untuk mengikuti UMPTN. Aku dan beberapa teman SMU mempersiapkan diri secara intensif di kota pelajar tersebut, dengan mengikuti bimbingan masuk PTN. Aku sendiri bercita-cita bisa masuk UGM. Di sinilah kisah menjadi anak kost bermula.

Dengan bantuan kakak kelas SMU yang sudah kuliah di Yogya, kami melakukan survey untuk mencari tempat kost di Sleman. Kami mendatangi beberapa kost-kostan secara langsung, dan akhirnya memilih ngekost di Condong Catur. Kurang lebih satu bulan kami tinggal di situ.

Usai mengikuti UMPTN di Yogya, aku juga ikut tes masuk Politeknik Gajah Tunggal yang berada di Tangerang. Saat itu Tangerang masih masuk ke dalam provinsi Jawa Barat. Ada serangkaian tes yang harus ditempuh dalam 4-5 hari. Aku menumpang menginap di rumah kontrakan yang dihuni oleh kakak kelas SMU yang telah menjadi mahasiswa tingkat 3 di politeknik tersebut.

Di waktu berikutnya, hasil UMPTN diumumkan melalui surat kabar. Dengan jantung berdebar aku membaca satu per satu nama yang diumumkan. Hari itu menjadi salah satu hari ketidakmujuranku, namaku tidak tertera di kertas koran. Masih aku ingat, betapa murung dan tidak bergairahnya diriku pada saat itu. Hingga akhirnya satu minggu kemudian, sepucuk surat aku terima dan mampu mengakhiri kemurunganku. Aku diterima di Poltek GT.

Di Tangerang, aku tinggal di asrama mahasiswa selama dua tahun. Kemudian di tahun ketiga, aku dan beberapa teman kuliah mulai melakukan survey untuk mencari rumah kontrakan. Sebuah rumah kami dapatkan. Satu tahun aku tinggal di rumah tersebut.

Setelah 3 tahun kuliah, aku lulus dan ditempatkan bekerja di salah satu perusahaan. Aku kemudian mencari tempat kost. Masih dengan cara yang sama, melakukan survei ke beberapa kost-kostan sampai menemukan tempat yang sesuai dengan kebutuhanku. Sebuah rumah 2 lantai, di mana lantai bawah ditinggali oleh bapak kost dan keluarganya serta lantai atas dengan 3 kamar yang disewakan untuk kost. Sepuluh tahun aku tinggal di rumah kost tersebut, hingga aku bisa membeli rumah yang akhirnya aku tempati saat ini.

Tips Cari Kost yang Asyik dan Mudah

Zaman terus berubah. Generasi baru pun lahir dan bertumbuh, serta memiliki gaya hidup mengikuti perubahan yang berlangsung di zamannya. Perkembangan teknologi turut memberi andil terhadap gaya hidup masing-masing generasi. Dalam urusan cari kost, selera anak kost begitu dinamis dari generasi ke genarasi. Namun, ada beberapa hal yang tetap relevan dan perlu diperhatikan hingga sekarang untuk cari kost yang asyik dan mudah.

Lokasi Mudah Dijangkau

Lokasi tempat kost menjadi faktor yang perlu diperhatikan. Memilih tempat kost mudah dijangkau dan jaraknya relatif dekat dengan kampus atau tempat kerja akan memberikan keuntungan. Waktu tempuh menjadi singkat untuk pergi ke kampus atau tempat kerja, sehingga kita tidak banyak menghabiskan waktu di perjaanan.

Pilih juga tempat kost yang dekat dengan fasilitas umum, seperti jalan jalan raya dan jalur transportasi lain, bank dan ATM, tempat belanja, tempat makan, dan sebagainya. Hal ini akan sangat membantu aktivitas keseharian kita.

Fasilitas dan Harga Sesuai Kebutuhan

Pilih juga tempat kost yang memiliki fasilitas dan harga yang sesuai dengan kebutuhan kita. Tiap-tiap orang membutuhkan fasilitas yang tak sama. Anak kuliah bisa jadi hanya membutuhkan tempat kost yang menyediakan kamar tidur dan kamar mandi dengan fasilitas sederhana seperti kipas angin, sementara seorang pekerja membutuhan tempat kost dengan fasilitas tambahan seperti AC hingga kulkas.

Ketersediaan air bersih juga perlu diperhatikan. Jangan sampai kita terlanjur memilih kamar kost, namun di kemudian hari baru mengetahui suplai airnya kurang lancar. Untuk memastikan hal ini, kita bisa bertanya terlebih dahulu dengan pemilik kost atau penghuni kost yang sudah ada.

Lingkungan Kondusif

Lingkungan tempat kost yang kondusif membuat kita semakin nyaman tinggal. Beberapa faktor seperti suasana yang tidak berisik, keamanan yang terjamin, lingkungan yang asri dan sejuk, pemilik kost dan warga sekitar yang ramah, hingga tidak adanya ‘penghuni tak kasat mata’, akan menjadi nilai plus dari sebuah tempat kost.

Cari Kost via Online

Perkembangan teknologi digital semakin mempermudah hidup. Dulu, mencari kost memerlukan waktu untuk datang secara langsung dari satu tempat kost ke tempat kost lainnya, seperti dilakukan pada zaman generasi X. Namun kini kita bisa cari kost dengan cepat secara online, cukup menggunakan ponsel, komputer, atau laptop. Ada beberapa platform yang bisa kita gunakan untuk cari kost via online.

cari kost via online

RedDoorz (www.reddoorz.com)

Mendengar kata RedDoorz, kebanyakan orang akan berpikir tentang penyedia layanan pemesanan hotel online. Memang benar, RedDoorz merupakan penyedia jasa tersebut dan memiliki pertumbuhan yang pesat di Asia Tenggara. Di Indonesia saja ada lebih dari 1000 properti di seluruh kota di Indonesia, yang masuk dalam jaringan RedDoorz.

Selain pesan hotel, kita juga bisa cari kost di RedDoorz. Inovasi ini tentunya sangat membantu anak muda yang sedang membutuhkan tempat kost. Fitur-fiturnya membantu memudahkan kita untuk menemukan tempat kost idaman. Lebih lanjut mengenai kost di RedDoorz, akan dibahas di bagian selanjutnya pada artikel ini.

Infokost (https://www.infokost.id/)

Infokost merupakan situs penyedia informasi hunian sewa (kamar kost, apartemen dan villa) yang hadir di Indonesia sejak 2007. Di sini tersedia layanan pencarian kamar kost, apartemen dan villa yang mudah dan cepat. Data-data tentang kost, apartemen dan villa juga akurat dengan lebih dari 20 ribu listing.

Platform ini menyediakan sistem filter yang lengkap sehingga memudahkan kita mencari tempat kost berdasarkan range harga, kampus atau universitas di masing-masing kota besar, lokasi saat ini, dan yang lainnya. Infokost juga menyediakan pembayaran online sehingga kita tidak perlu bayar langsung di tempat.  

YukStay (https://www.yukstay.com/)

YukStay adalah perusahaan properti teknologi yang merupakan online marketplace untuk sewa menyewa apartemen. Jadi, YukStay berfokus pada sewa hunian yang berbentuk apartemen saja.

YukStay hadir dengan dua tipe model, yaitu co-living dan whole living unit. Unit co-living terdiri atas kamar-kamar tidur pribadi dan ruang bersama. Di sini kita bisa mendapatkan kenyamanan, privasi, dan komunitas secara bersamaan.Sedangkan unit whole iving tersedia bagi kita yang membutuhkan seluruh ruangan alias satu unit apartemen.

Cari-Kos (https://www.cari-kos.com/)

Cari-Kos adalah situs pencarian properti berupa kost, guest house, homestay, apartemen, dan vila yang disewakan di seluruh Indonesia. Penyedia properti dapat memasang iklan dan calon penyewa properti dapat melihat dan memilih iklan-iklan yang tersedia tersebut.

Bagi kita yang cari kost, Cari-Kos tak hanya menampilkan tempat kost saja tetapi juga menyediakan tampilan grafis dari fasilitas yang disediakan di masing-masing kost-kostan seperti AC, wifi, mesin cuci, dapur, tempat parkir mobil, dan sebagainya.

BabeKost (http://babekost.com/)

BabeKost merupakan media online untuk pasang iklan kost, apartemen, villa dan hunian lainnya. Situs dengan logo berupa pria berpeci dengan kumis tebal ini bisa dimanfaatkan bagi kita yang cari kost. Berbagai pilihan tempat kost ditampilkan dengan foto-foto dan deskripsi fasilitas yang lumayan detil.

Bila kita cocok atau tertarik dengan salah satu tempat kost, selanjutnya bisa melakukan pemesanan dengan menghubungi nomor telepon atau web dari penyedia kost tersebut.

Flokq (https://www.flokq.com/

Flokq merupakan penyedia layanan co-living space, di mana kita dapat memilih apartemen sesuai dengan kebutuhan. Flokq sendiri hadir untuk kebutuhan untuk tinggal bersama atau co-living yang kini menjadi tren di kalangan generasi mienial di kota-kota besar.

Flokq memiliki fitur yang akan membantu kita untuk menemukan flatemate (teman satu hunian atau kamar) yang cocok. Hal ini cukup penting bagi kenyamanan kita, ketika harus berbagi ruang dan berinteraksi dengan teman di dalam hunian.

SewaKost (https://www.sewakost.com/)

Sewakost menyajikan direktori yang cukup banyak mengenai kost-kostan. Kita juga bisa memfilter pencarian berdasarkan harga, jenis kamar mandi, pendingin ruangan dan juga free wifi.

Selain itu, SewaKost juga menampilkan peta atau map dari tempat kost tersebut. Informasi tambahan lainnya yaitu mengenai lokasi di sekitar kost, seperti lokasi ATM, minimarket, kampus, apotek, dan lainnya.

Cari Kost di RedDoorz

Seperti yang aku tulis di bagian sebelumnya, kita bisa juga cari kost di RedDoorz. Kita bisa mengunjungi situsnya atau mengunduh dan memasang aplikasinya di smartphone. Dengan demikian, cari kost bisa gampang dan cepat. Kali ini aku akan mencoba mencari kost melalui mobile web-nya RedDoorz.

cara cari kost di RedDoorz

Pada halaman utama, ada dua tab yang ditampilkan yaitu Hotel dan Residences. Karena akan cari kost, maka aku klik tab Residences. Selanjutnya aku juga klik kolom yang bertuliskan “Cari RedDoorz” di bawahnya. Masuk ke halaman selanjutnya, aku bisa menulis nama daerah pada kolom tersebut, atau mencari kost di RedDoorz yang terdekat dengan lokasi saat ini.

Selanjutnya aku scroll ke bawah. Di situ ditampilkan bermacam tempat kost yang beraada di sekitar daerah yang sudah aku tulis. Pilih salah satu tempat kost dan akan diperlihatkan deskripsi beserta fasilitas yang disediakan, seperti Wifi gratis, AC, TV, dan sebagainya.

Setelah cocok dengan tempat kost tersebut dan ingin melakukan survey terlebih dahulu, aku klik tombol “Jadwalkan Kunjungan” dan selanjutnya bisa memilih waktu terbaik untuk mengunjungi properti atau tempat kost tersebut.

Menurutku, fitur ini sangat menarik dan sangat membantu bagi kita sebagai calon penghuni kost yang enggan ribet membuat janji dengan pemilik kost. Jadwal kunjungan bisa kita atur sendiri, dan selanjutnya kita akan didampingi pihak RedDoorz untuk berkunjung.

Selain itu, aku bisa memesannya langsung dengan mengklik tombol ‘Pesan Sekarang, dan selanjutnya memilih durasi menginap. Jika kamar tersedia untuk durasi menginap tersebut, maka akan ditampilkan total harga sewanya. Aku bisa memilih “Bayar Sekarang” atau “Bayar Nanti, 5% pembayaran di muka”.

Cari kost di RedDoorz gampang dan praktis

Begitu gampang dan praktis cari kost di RedDoorz. Aku bisa memilih tempat kost sesuai preferensiku. Semuanya bisa dilakukan dengan cepat melalui gawai yang ada di genggaman tanganku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *