Tekno

Mengembangkan Dana di Akseleran, Aman dan Terpercaya

Mengembangkan dana di Akseleran

Di era digital saat ini, makin banyak pilihan bagi kita untuk mengembangkan dana. Salah satu cara mengembangkan dana yang aman dan terpercaya yaitu melalui Akseleran, sebuah platform Peer to Peer (P2P) Lending di Indonesia yang menghubungkan pemberi dana dengan calon peminjam yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya.

Pandemi Covid-19 yang tengah terjadi saat ini membawa perubahan besar bagi kehidupan kita. Kita yang dahulu leluasa bergerak, kini memiliki ruang gerak yang terbatas di dunia nyata. Pembatasan jarak secara fisik, penggunaan masker dan penyanitasi tangan menjadi perilaku yang perlu diterapkan di masa kenormalan baru.

Di sisi lain, pandemi memberikan dampak signifikan terhadap perekonomian. Berbagai negara termasuk Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi yang negatif di paruh pertama tahun 2020 ini. Hal ini bisa kita lihat dari banyaknya bisnis baik berskala besar hingga pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang mengalami penurunan omset, bahkan tidak sedikit yang menutup usaha.

Dengan Mulai Rp 100 Ribu, Kita Sudah Bisa Memberi Dana Untuk UKM

Pada bulan Juni 2020 lalu, Bank Indonesia menyatakan bahwa sebanyak 72 persen pelaku UMKM terdampak pandemi Covid-19. Di sisi lain, daya tahan UMKM masih sangat kuat di tengah pandemi. Daya tahan yang kuat tersebut juga perlu dibarengi oleh digitalisasi yang menyeluruh antara sistem pembayaran, pemasaran dan produksi serta pendanaan.

Baca juga: Topi Bambu, Produk Kerajinan Kabupaten Tangerang

Kita sebagai perorangan juga bisa turut membantu pendanaan untuk pelaku usaha seperti UKM. Tidak harus memiliki modal yang besar, kita bisa memberikan pinjaman dana mulai Rp 100 ribu. Caranya juga sangat mudah, yaitu melalui Akseleran.

Sebagai platform P2P Lending, Akseleran merupakan platform marketplace yang berfungsi sebagai tempat pertemuan antara pemilik dana dan calon peminjam. Biasanya, marketplace yang umum seperti Tokopedia dan Bukalapak mempertemukan penjual dan pemberi dengan transaksi yang terjadi adalah jual beli produk dan jasa. Sedangkan platform P2P Lending merupakan marketplace yang mempertemukan pemilik dana dan calon peminjam sehingga yang menjadi dasar transaksi adalah “uang” atau “pinjaman”.

Di Akseleran, untuk pemilik dana (pendana/lender) dapat mengembangkan dananya mulai dari Rp 100 ribu dengan imbal hasil yang didapatkan hingga mencapai 21% per tahun. Sedangkan calon peminjam (pelaku usaha/borrower) berpotensi untuk memperoleh pinjaman usaha melalui Akseleran mulai dari Rp 200 juta dan maksimal sebesar Rp 2 miliar.

Jadi, melalui Akseleran kita bisa mengembangkan dana sekaligus membantu para pelaku usaha seperti UKM untuk berkembang.

Bagaimana Cara Bergabung dengan Akseleran?

Untuk mulai mengembangkan dana di Akseleran, kita bisa mendaftarkan diri melalui www.akseleran.co.id maupun aplikasi yang bisa diunduh di Daftar Akseleran dengan unduh aplikasi Akseleran di Google Play Store (Android) atau Apple App Store (iOS). Pada tulisan ini, saya akan mengulas bagaimana cara mendaftar melalui aplikasi yang saya unduh di smartphone.

Setelah aplikasi Akseleran terpasang, saya perlu membuka akun dengan meng-klik ‘Daftar Sekarang’ serta mengisi e-mail dan password. Untuk mendapatkan free saldo senilai Rp100 ribu, jangan lupa input kode referral AKSLDANIEL365203 ketika registrasi ya! Dana ini bisa digunakan sebagai saldo awal untuk mulai mencoba mengembangkan dana di Akseleran. Selanjutnya, saya menerima tautan verifikasi yang dikirimkan melalui alamat e-mail yang saya daftarkan sebelumnya. Saya klik tautan tersebut untuk melakukan verifikasi. Hal tersebut seperti saat membuat akun di media sosial atau aplikasi yang lainnya. 

Selanjutnya saya perlu memilih tipe akun Akseleran, apakah perorangan atau perusahaan. Saya memilih perorangan dan kemudian melengkapi data diri yang diminta (termasuk KTP dan NPWP), beserta akun bank yang akan saya pergunakan untuk mengembangkan dana di Akseleran. Akun bank harus milik pribadi ya!

Langkah berikutnya yaitu saya menunggu proses verifikasi dari Akseleran. Jadi, data diri dan kelengkapan yang  saya input pada proses sebelumnya harus valid dan sesuai dengan dokumen-dokumen yang disertakan.

Mengembangkan Dana di Akseleran

Untuk mulai mengembangkan dana, saya perlu melakukan top up saldo terlebih dahulu. Pembayaran top up bisa dilakukan melalui ATM/Online (Bank Permata, BNI, BRI, Mandiri, CIMB Niaga, dan bank yang lainnya) maupun Manual Transfer ke rekening virtual account yang tertera pada aplikasimu ya!.

Nah, sekarang saatnya untuk melakukan pendanaan. Pada menu Peluang, ditampilkan bermacam usaha yang memerlukan pendanaan. Saya ambil contoh Pinjaman Beragunan Usaha Jasa Pengangkutan Laut No. 2102/VIII/20. Di situ tertulis jumlah pinjaman, tenor, bunga efektif, dan informasi lainnya. Diperlihatkan juga berapa persen dana yang telah terkumpul dari para lender.

cara mengembangkan dana di Akseleran

Saya klik jenis usaha tersebut untuk mengetahui informasi yang lebih detail. Nah, di sini saya bisa melihat identitas usaha, highlight keuangan, jadwal angsuran, dan histori pinjaman dari pelaku usaha yang bersangkutan. Informasi ini sangat bermanfaat sebagai pertimbangan bagi kita dalam memilih jenis usaha yang akan didanai.

Jika tertarik dengan usaha tersebut, kita bisa klik tombol Berikan Pinjaman dan ikuti langkah-langkah selanjutnya. Begitu mudah!

Mengembangkan Dana yang Aman dan Terpercaya

Dalam beberapa tahun terakhir, banyak fintech bermunculan dan menawarkan berbagai manfaat bagi kita. Kita harus cerdas memilih fintech yang resmi dan terdaftar di OJK, sekaligus aman dan terpercaya sebagai tempat untuk mengembangkan dana.

PT Akseleran Keuangan Inklusif Indonesia (Akseleran) berdiri pada 2 Oktober 2017. Perusahaan rintisan (startup) Fintech Peer to Peer Lending ini sudah resmi berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Selain itu, Akseleran juga sudah tersertifikasi oleh ISO27001 full scope sehingga dalam operasionalnya sangat menitikberatkan terhadap perlindungan kepada konsumen.

Akseleran telah menyalurkan total pinjaman usaha sebesar Rp 354 miliar sepanjang paruh pertama 2020. Nilai ini tumbuh 6% dibandingkan periode sama di tahun 2019. Pinjaman usaha tersebut disalurkan kepada lebih dari 2.100 peminjam dan sebagian besar pertumbuhan ditopang oleh performa di sepanjang kuartal pertama 2020 yang mengalami kenaikan sebesar 28% dibandingkan kuartal pertama tahun sebelumnya.

Pelonggaran Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan era kenormalan baru turut berdampak terhadap peningkatan penyaluran pinjaman usaha Akseleran di bulan Juni yang naik 13% dibandingkan Juni 2019.

Pertumbuhan yang terjadi di semester pertama tersebut juga sejalan dengan kualitas aset Akseleran yang terjaga stabil. Sepanjang semester pertama, rata-rata kredit bermasalah (non performing loan atau NPL) Akseleran masih di bawah 0,7% dari total penyaluran pinjaman usaha secara keseluruhan.

Nah, dengan data dan informasi di atas, saya bisa menilai bahwa Akseleran memiliki performa yang positif. Dengan demikian, saya tidak perlu khawatir lagi untuk mengembangkan dana di Akseleran yang aman dan terpercaya.

Baca juga:
Begini Cari Kost yang Asyik dan Mudah
Tips Memilih Sewa Mobil Aman di Bali 2020

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *