Ekonomi

Kilau Digital Permata Flobamora, Dukung UMKM Melalui Platform Digital

Kilau digital permata flobamora

Kilau Digital Permata Flobamora (Flores, Sumba, Timor, dan Alor) menjadi tema Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) bulan Juni 2021. Puncak acara dilaksanakan pada Jumat, 18 Juni 2021 yang lalu di Puncak Waringin, Labuan Bajo.

Nusa Tenggara Timur merupakan salah satu destinasi wisata super prioritas di Indonesia. Provinsi ini memiliki pesona keindahan alam dan budaya yang selalu menjadi daya tarik wisatawan untuk menikmati anugerah Sang Pencipta untuk Indonesia. Nusa Tenggara Timur memiliki destinasi yang memukau seperti Labuan Bajo, Flores, Sumba, Timor, dan Alor.

Saya sendiri sempat berkunjung ke NTT beberapa tahun lalu, tepatnya di Pulau Rote yang menjadi titik paling selatan NKRI. Pulau Rote memiliki pantai yang menawan dan masih asri. Selain itu, masyarakat Rote juga memiliki hasil budaya yang unik dan menarik, seperti tenun dan alat musik Sasando.

tenun pulau rote

Baca juga: Kain Tenun dan Sasando dari Rote

Puncak Acara Gernas BBI Kilau Digital Permata Flobamora

Selama pandemi Covid-19 di Indonesia, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) menjadi bukti nyata dukungan terhadap produk dalam negeri untuk membangkitkan perekonomian nasional. Gernas BBI 2021 medorong industri kreatif dan produk UMKM unggulan daerah memperluas pasar dengan menggunakan platform digital.

Acara puncak Gernas BBI Kilau Digital Permata Flobamora dilaksanakan dalam bentuk forum tatap muka (offline) dan online melalui aplikasi Zoom dan akun YouTube Ditjen IKP Kominfo. Acara ini dihadiri baik secara offline maupun onlne oleh beberapa tamu undangan VVIP.

Mereka yang hadir antara lain Wakil Presiden Ma’ruf Amin, Luhut Binsar Pandjaitan (Menkomarves), Johnny G. Plate (Menkominfo), Perry Warjiyo (Gubernur BI), Tito Karnavian (Mendagri), Basuki Hadimuljono (MenPUPR), Sandiaga Uno (Menparekraf), Erick Thohir (MenBUMN), Teten Masduki (MenkopUKM), Abdul Halim Iskandar (Mendes PDTT), Viktor Laiskodat (Gubernur NTT), Ririek Adriansyah (Dirut Telkom), dan Edistasius Endi (Bupati Manggarai Barat).

Gernas BBI pertama kali diluncurkan oleh Presiden Joko Widodo pada 14 Mei 2020 sebagai upaya untuk menyelamatkan UMKM agar berhasil bangkit dan mampu melalui masa sulit pandemi Covid-19. Gerakan ini bertujuan untuk mendorong national branding produk lokal unggulan, dan menciptakan industri baru dan mendorong pertumbuhan ekonomi.

Dukungan untuk Para Pelaku UMKM

Wakil Presiden Ma’ruf Amin membuka secara resmi acara puncak Gernas BBI. Beliau dalam sambutannya mengimbau agar para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM untuk adaptif dan inovatif dengan menghasilkan produk yang perlu sesuai selera dan kebutuhan pasar. Pemasarannya harus bisa dilakukan secara online.

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi mengimbau pelaku UMKM agar memanfaatkan platform digital untuk memasarkan produknya, agar jangkauan konsumen lebih luas. Langkah ini menjadi cara agar bisa keluar dari keterpurukan yang disebabkan oleh Covid-19.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan pemerintah terus berupaya melakukan pembangunan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi secara merata ke seluruh pelosok nusantara dengan disertai berbagai pilihan dan kombinasi teknologi. Hal ini untuk mendorong penguatan branding produk-produk artisan lokal melalui pemanfaatan berbagai platform digital.

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Abdul Halim Iskandar menyampaikan harapannya, semoga melalui Gernas BBI ini gairah pelaku UMKM terus meningkat hingga percepat kebangkitan ekonomi nasional dalam Pandemi Covid-19.

Sementara Menkop Teten berharap Gernas BBI periode ini dapat menghadirkan model bisnis UKM digital yang dapat menjadi inspirasi bagi UKM di seluruh Indonesia dalam mengoptimalkan teknologi.

Baca juga: Pameran Kerajinan Indonesia di Kriyanusa 2019

Sukseskan UMKM Lewat Digital

Acara puncak Gernas BBI juga diwarnai dengan kegiatan virtual expo yang menampilkan produk-produk UMKM NTT.  Selain itu, masyarakat juga bisa membeli produk UMKM tersebut secara online.

Kilau Digital Flobamora Virtual Expo

Pameran virtual UMKM di Kilau Digital Flobamora Virtual Expo ini menghadirkan lebih dari 100 UMKM dengan lebih dari 1000 produk lokal pilihan (food, fashion, craft, textile). Untuk melihat expo tersebut, caranya yaitu masuk ke halaman kilaudigitalflobamora.id, kemudian pilih menu pameran virtual, lakukan register dengan mengisi nama, nomor telepon dan e-mail.

Virtual expo ini memungkinkan masyarakat dari seluruh Indonesia untuk bisa membeli produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM NTT. Caranya dengan klik commerce. Selanjutnya pilih barang, isi alamat, jenis pengiriman dan metode pembayaran.

JP-Hub

Hub jaringan pariwisata ini merupakan kolaborasi Kominfo dan Telkom Indonesia, serta didukung oleh Kemenparekraf untuk mengangkat kekayaan dan keragaman alam di Indonesia menjadi potensi wisata yang sangat besar. JP-Hub memungkinkan para pelaku usaha di bidang pariwisata untuk mempromosikan dan mengembangkan potensi daerah secara maksimal. Untuk bergabung dengan hub ini, caranya dengan mengunjungi wonderin.id, daftar, pilih pengaturan inventory, lalu aktifkan.

PiKampung

Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT meluncurkan aplikasi PiKampung untuk mendorong pariwisata sebagai upaya pelestarian kampung adat yang berfokus pada relasi manusia, alam, dan budaya. Dengan PiKampung, kita bisa menjelajah kampung adat di NTT dengan mudah semua dalam genggaman. Kunjungi www.pikampung.com

Toko Online BumdesMart

Program Pendampingan, Pelatihan dan Fasilitasi Toko Online untuk Bumdes dan UMKM Desa ini terselenggara atas kerjasama Kemendesa PDTT dan Kementrian Kominfo, serta didukung oleh BAKTI Kominfo. Untuk bergabung, caranya dengan masuk ke halaman bumdesmart.id kemudian klik datar dan selanjutnya isi formulir pendaftaran.

BumdesMart memiliki program yang memberikan edukasi literasi digital dan e-commerce yang diperlukan oleh pelaku usaha desa. Peserta program dari Bumdes dan UMKM Desa ini ditargetkan langsung bisa jualan online.

Go NTT

Go NTT merupakan mikro marketplace UMKM NTT, sebuah aplikasi layanan belanja dan transportasi online untuk UMKM di lingkup Nusa Tenggara Timur. Aplikasi ini merupakan aplikasi managemen lokal yang disupport oleh Pemprov NTT dan Bank NTT dalam rangka pemberdayaan UMKM dan Pangkalan Lokal NTT di era digital. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Playstore.

Dengan adanya Kilau Digital Permata Flobamora sebagai puncak acara Gernas BBI, mari kita lebih bangga terhadap produk UMKM dalam negeri. Dukung para pelaku UMKM tanah air dengan cara membeli produk-produk mereka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *