Tekno

Kunci Pintu Pintar dari Tissor Indonesia

Kunci Pintar Tissor Indonesia

Dunia industri saat ini memasuki era baru yang disebut Revolusi Industri 4.0. Era Industri 4.0 merupakan sebuah fase revolusi industri yang menitikberatkan pada interkonektivitas, otomasi, machine learning, dan data yang real time.

Revolusi industri generasi keempat ini menunjukkan tren otomasi dan pertukaran data terkini dalam teknologi mencakup sistem siber-fisik, internet untuk segala (internet of things atau IoT), komputasi awan, dan komputasi kognitif.

Terkait dengan internet of things (IoT), penerapannya telah memasuki ruang yang paling dekat dengan kehidupan kita, yaitu rumah. Alat-alat rumah tangga (home appliances) telah berkembang sedemikian rupa sehingga semakin memudahkan hidup kita. Tak hanya itu, alat-alat berteknologi terkini tersebut turut mendukung fungsi rumah sebagai tempat yang aman dan nyaman bagi penghuninya.

Kunci Pintar dari Tissor Indonesia

Dengan semakin canggihnya kemajuan teknologi saat ini, beberapa aksesoris untuk rumah hadir untuk melindungi rumah dari para pencuri. Salah satu aksesoris untuk tujuan tersebut yaitu kunci digital untuk pintu rumah dan properti lainnya.

Kunci pintar dari Tissor Indonesia
Kunci pintar dari Tissor Indonesia diperkenalkan pada press conference (05/03)

Kunci digital memang belum menjadi trend dan populer di Indonesia. Namun seiring dengan meningkatnya kebutuhan terhadap rasa aman, kunci digital ini akan menjadi alat atau aksesoris penting dan dibutuhkan oleh pemilik rumah.

Mari kita bayangkan pada suatu saat kita sedang terburu-buru untuk masuk ke dalam rumah. Karena terjadi hal yang mendesak seperti kehujanan, kita tidak bisa segera masuk ke dalam rumah karena kita mengalami kesulitan untuk menemukan kunci rumah.

Dengan panik kita merogoh-rogoh tas, atau kantong baju dan celana. Ternyata kita baru menyadari bahwa kunci rumah tersebut tertinggal di kantor. Tentu ada perasaan marah kepada diri sindiri saat itu.

Jika saja kita menggunakan kunci pintu otomatis, masalah tersebut tidak akan terjadi. Kita tidak harus pusing mencari anak kunci, dan bisa membuka kunci pintu tanpa perlu menggunakan anak kunci seperti membuka kunci pintu pada umumnya.

Kunci pintar dari Tissor Indonesia
Awak media dan narablog di acara press conference Tissor Indonesia

Beberapa kantor atau bangunan lain saat ini sudah tidak menggunakan kunci manual. Sebagai gantinya, kunci yang digunakan adalah menggunakan magnet. Namun beberapa masalah kerap terjadi dalam penggunaan kunci magnet ini. Misalnya magnet pengunci tidak bekerja.

Bayangkan jika hal tersebut terjadi pada pagi hari saat jam masuk kerja. Banyak karyawan harus menunggu sekian lama dan tidak dapat masuk ruangan karena kerusakan tersebut. Dan kesalnya, waktu untuk absensi terlewati. Stuck, dan mereka harus menunggu sampai teknisi datang. Setelah teknisi datang, pintu tidak lagi dapat dikunci. Parahnya karena kerusakan itu, sekarang pintu harus diganjal agar tidak kembali menutup.

Ternyata memang pada umumnya kunci pintu untuk pintu kaca menggunakan magnet. Dan permasalahan tersebut sering dialami. Ketika komponent elektronik ini rusak, maka akan sulit sekali untuk memperbaikinya. Belum lagi ada masalah lain, kadang pintu belum tertutup sempurna, kunci magnet sudah turun dan mengganjal pintu.

Solusi terhadap masalah tersebut adalah mengganti kunci pintu dengan kunci digital. Commeta Grup pada press conference di Senayan City tanggal 5 Maret 2019 memperkenalkan Tissor Indonesia, kunci digital yang mampu memberikan rasa aman bagi pemilik rumah atau properti.

Tissor Indonesia menjadi salah satu pelopor kunci pintar yang memiliki beragam fitur mulai dari akses kunci fingerprint, PIN password, ID card hingga remote control. Kunci pintar ini tentu mampu menambah rasa aman bagi para pengguna untuk properti mereka.

Septianus selaku Direktur Commeta Grup mengungkapkan, “Kami melihat perkembangan industri sekarang sudah mulai ke arah digital salah satunya adalah produksi kunci. Kami ingin memenuhi rasa aman dari setiap masyarakat Indonesia dengan menghadirkan kunci digital.”

Konsep dari kunci pintar atau sejenisnya memang saat ini belum masif berkembang di Indonesia. Namun hal itu tidak menutup kemungkinan bahwa konsep ini akan menjadi trend kunci baru di industri properti khususnya rumah tangga.

Eriqa Sutjitro selaku Sales Manager PT Tissor Indonesia mengungkapkan kunci konvensional sudah seharusnya digantikan dengan konsep kunci pintar layaknya di Eropa atau Amerika. Kunci pintar masih belum familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Tapi dengan edukasi betapa mahal dan pentingnya keamanan, kita harus mengajarkan bahwa kunci pintar sangatnya berguna untuk keamanan di rumah atau aset properti lainnya.

Melihat sulitnya mengubah paradigma dari masyarakat mengenai kunci, Eriqa mengatakan Tissor Indonesia mengincar segmentasi milenial untuk produk kunci pintar. Kaum milenial dinilai sangat cepat beradaptasi dengan perubahan gaya hidup (lifestyle), salah satunya adalah kunci pintar ini. Penjualan secara digital melalui e-commerce ataupun marketplace menjadi sarana sendiri untuk memasarkan produk-produk kunci dari Tissor Indonesia.

Ada tiga model kunci digital dari Tissor Indonesia yang siap dipasarkan yakni T6000, T6100, dan T6190. Model T6100 dan T6190 ditujukan untuk penggunaan pintu kayu, sedangkan T6000 digunakan untuk pintu kaca.

Kunci pintar dari Tissor Indonesia
Model T6100
Kunci pintar dari Tissor Indonesia
Model T6190

T6100 dan T6190 memiliki spesifikasi serupa. Perbedaannya hanya terletak pada opsi untuk membuka pintu. T6100 menggunakan nomor PIN, sedangkan T6190 dengan sidik jari dan kartu RFID. Untuk pemasangannya pun cukup mudah. Kita hanya perlu menggunakan obeng untuk mengencangkan bautnya di lubang kunci.

Kunci pintar dari Tissor Indonesia
Spesifikasi T6100 dan T6190

Sementara model T6000 yang ditujukan untuk pintu kaca didesain agar mudah dipasang tanpa perlu melubangi pintu. Model ini hadir dengan opsi nomor PIN dan sidik jari untuk membuka pintu karena memang ditujukan untuk penggunaan di kantor.

Kunci pintar dari Tissor Indonesia
Model T6000
Kunci pintar dari Tissor Indonesia
Spesifikasi T6000

Mengenai harga, T6100 dan T6190 berbanderol sekitar Rp 2 jutaan. Sementara T6000 dibanderol Rp 3 jutaan. Ketiga produk ini sudah dijual di beberapa kota di Indonesia.

Peluang bisnis lain Commeta Grup

Saat ini bisnis konsumsi dan bisnis pergudangan (warehouse) memiliki pertumbuhan melesat. Namun pergudangan representatif yang sesuai dengan kebutuhan industri bahkan rumah tangga jumlahnya tidak banyak.

Dengan mengadopsi konsep seperti sewa kamar, rumah, dan apartemen yang dipopulerkan AirBnB. Commeta Grup  melahirkan platform Kabinet yang menawarkan jasa penyewaan gudang.

Kabinet, jasa penyewaan gudang
Kabinet, jasa penyewaan gudang

“Insipirasi kami adalah Airbnb untuk penyimpanan barang. Maka dari itu, terciptalah Kabinet sebagai solusinya mirip kontrakan untuk barang,” ujar Septianus selaku Direktur Commeta Grup.

Ide pembuatan dari Kabinet berawal dari kebutuhan masyarakat yang sudah memulai usaha namun mengalami kendala untuk penyimpan barang karena mahalnya sewa lahan. Belum lagi, ingin menyimpan barang dengan jangka waktu sebentar masih kurang tersedia.

Kabinet, jasa penyewaan gudang
Ruang yang disewakan

Kabinet memiliki beberapa pilihan sendiri untuk dimensi gudangnya. Mulai dari, sewa gudangnya yang berukuran kecil, yaitu ukuran 1 m x 2 m x 2 m sekitar Rp 510.000 per bulan. Ada juga yang ukuran menengah 2 m x 2 m x 2 m dengan tarif sekitar Rp 999.000 per bulan. Hingga yang berukuran besar 2 m x 4 m x 2 m dengan tarif Rp 1.950.000.

Bernadet selaku Sales Manager dari PT Primatama Duta Antaran mengatakan, saat ini Kabinet sedang menawarkan promo kepada masyarakat yakni 1 bulan gratis untuk menggunakannya. Barang yang disimpan juga beragam mulai dari barang pribadi, dokumen hingga perlengkapan kantor.

“Saat ini kami sedang mengeluarkan promosi yakni 1 bulan pemakaian gratis di kabinet. Ada tiga alasan mengapa masyarakat menyimpan barang di kabinet adalah aman, pribadi, serta tempat yang dikunci layaknya apartemen/kontrakan barang pribadi.”

1 thought on “Kunci Pintu Pintar dari Tissor Indonesia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *