Macam-macam dokumen perjalanan bisnis ke luar negeri
Ekonomi & Bisnis

Macam-macam Dokumen Perjalanan Bisnis ke Luar Negeri

Ketika ingin melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri, kamu perlu menyiapkan macam-macam dokumen perjalanan bisnis. 

Dokumen ini harus dibawa untuk melengkapi persyaratan dari pihak maskapai penerbangan ataupun pihak imigrasi negara tempat kamu melaksanakan perjalanan bisnis.

Dokumen-dokumen tersebut akan membantu kamu saat ada urgensi dan masalah-masalah yang timbul dari pihak imigrasi dan maskapai penerbangan. 

Dengan adanya dokumen-dokumen pendukung seperti identitas pribadi, paspor, visa, dan lainnya, kamu bisa meminimalisir adanya masalah saat melakukan perjalanan bisnis. 

Pastikan juga untuk mempersiapkan asuransi perjalanan dari https://simasinsurtech.com/ yang bisa memberikan jaminan kerugian akibat risiko-risiko yang mungkin terjadi selama perjalanan bisnis kamu.. 

Nah, berikut ini akan dijelaskan tentang pentingnya membawa dokumen-dokumen pribadi dan macam-macam dokumen perjalanan bisnis yang harus kamu siapkan sebelum melakukan dinas di luar negeri.

Apa Itu Dokumen Perjalanan Bisnis?

Dokumen perjalanan bisnis pada dasarnya adalah sebuah bukti tulis atau cetak yang menerangkan bahwa seseorang memiliki izin untuk melakukan perjalanan resmi sehubungan dengan keperluan bisnis tertentu.

Biasanya untuk melakukan perjalanan bisnis ke luar daerah, bahkan ke luar negeri seseorang butuh membawa surat pengantar dari pihak internal perusahaan atau lembaga yang menugaskannya. 

Namun, pada kenyataannya ada banyak juga dokumen-dokumen resmi yang diatur oleh negara yang harus dibawa saat seseorang melakukan perjalanan bisnis. 

Dokumen-dokumen tersebut dijadikan sebagai bukti perizinan valid yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk melindungi dan mengatur warga negaranya sampai ke luar negeri. 

Kamu harus mempersiapkan dokumen-dokumen ini untuk bisa aman dan nyaman melakukan perjalanan dinas ke luar negeri.

Macam-Macam Dokumen Perjalanan Bisnis ke Luar Negeri

Sebagian besar orang menganggap paspor adalah tiket untuk bisa melakukan perjalanan dinas ke luar negeri. 

Namun, pada kenyataannya ada banyak sekali macam-macam dokumen perjalanan bisnis lain yang harus kamu siapkan saat akan melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri. Apa saja? Simak informasi lengkapnya dibawah ini!

1. Paspor

Saat ingin melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri, dokumen penting yang harus kamu urus adalah paspor. 

Kamu bisa membuat paspor di kantor imigrasi terdekat. Paspor memiliki fungsi sebagai kartu identitas pribadi yang akan diperiksa ketika akan masuk ke negara lain.

Ada banyak macam paspor yang dikeluarkan oleh pihak imigrasi Indonesia, seperti:

  • Paspor biasa yang bisa digunakan oleh WNI untuk perjalanan biasa ke luar negeri
  • Paspor diplomatik, yaitu paspor yang dikeluarkan oleh pemerintah untuk keperluan perjalanan diplomatik ke suatu negara
  • Paspor dinas yang ditujukan untuk para pebisnis saat akan melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri. 

Paspor dinas ini yang harus kamu persiapkan untuk bisa melakukan aktivitas bisnis di negeri orang.

Paspor dinas adalah dokumen negara yang dikeluarkan oleh Kemenlu RI untuk individu yang akan melakukan kegiatan bisnis dalam jangka waktu tertentu diluar kepentingan diplomatik. 

2. Dokumen identitas pribadi

Identitas pribadi seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau akta kelahiran juga perlu kamu persiapkan untuk melakukan kunjungan bisnis ke luar negeri. 

Kelengkapan dokumen pribadi ini bukan hanya penting untuk perizinan resmi masuk ke negara asing, namun juga sebagai kartu identitas yang bisa digunakan jika saja ada kejadian buruk menimpa kamu saat melakukan perjalanan bisnis di luar negeri.

Di era digital seperti sekarang, selain membawa dokumen berbentuk kartu atau surat tercetak kamu juga perlu menyimpan dokumen identitas pribadi dalam bentuk digital di smartphone yang kamu gunakan.

3. Visa

Visa merupakan salah satu dokumen penting lainnya yang harus kamu siapkan saat melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri. 

Setiap negara memiliki aturan berbeda-beda terkait visa. Misalnya ada negara yang memiliki kebijakan bahwa setiap warga asing harus mempersiapkan visa perjalannya sebelum melakukan keberangkatan ke negara tujuan.

Tetapi ada juga negara yang membebaskan para pendatang untuk melengkapi visa perjalannya pada saat sampai ke negara tujuan, hal ini dikenal dengan istilah visa on arrival.

4. Sertifikat Kesehatan

Sejak pandemi Covid-19, sertifikat kesehatan menjadi fokus tambahan bagi pihak imigrasi dan maskapai penerbagangan.

Sertifikat kesehatan seperti sertifikat vaksin ini sebagai bukti bahwa kamu sudah melakukan vaksin corona lengkap, sehingga bisa meminimalisir penyebaran virus di negara yang kamu datangi.

Kamu perlu menyiapkan sertifikat vaksin dari semua dosis yang dianjurkan oleh pemerintah, jangan lupa untuk membawa juga salinan sertifikat tersebut dalam bentuk vaksin.

Selain sertifikat vaksin, kamu juga perlu mencari informasi mengenai persyaratan dokumen kesehatan lain terkait negara mana yang ingin kamu kunjungi.

Ada beberapa negara yang mewajibkan pendatang untuk melakukan tes PCR atau tes Covid-19 lainnya sebagai syarat masuk ke negara tersebut.

5. Asuransi Perjalanan

Satu lagi hal penting yang harus kamu siapkan saat ingin melakukan perjalanan dinas ke luar negeri, yaitu asuransi perjalanan. 

Beberapa negara juga mensyaratkan adanya asuransi perjalanan saat mengajukan visa. Hal ini sebagai jaminan apabila terjadi risiko-risiko yang tidak diinginkan. 

Kamu bisa membeli asuransi keterlambatan penerbangan di Simas Insurtech. Manfaat yang akan kamu terima yakni seperti jaminan atas atas keterlambatan penerbangan hingga santunan ketika mengalami kecelakaan diri saat bepergian.

Dengan membeli asuransi perjalanan tersebut, kamu akan merasa aman dan tenang karena risiko-risiko tersebut akan ditanggung oleh pihak asuransi. 

Nah, itu dia penjelasan tentang pentingnya membawa dokumen-dokumen pribadi dan macam-macam dokumen perjalanan bisnis yang harus kamu siapkan sebelum melakukan dinas di luar negeri. 

Macam-macam dokumen perjalanan bisnis tersebut sebagian besar memiliki jangka waktu yang terbatas, sehingga kamu juga perlu melakukan pengecekan sebelum keberangkatan. 

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *