Ekonomi

Manfaat Copywriting untuk Perusahaan yang Perlu Anda Tahu

manfaat copywriting

Copywriting merupakan bagian penting dalam strategi marketing. Apalagi di era serba digital seperti saat ini, tentu saja perusahaan harus menerapkan copywriting untuk mencapai tujuan.

Karena berperan sangat penting, otomatis copywriting bukanlah sekadar pekerjaan tulis-menulis saja lho. Agar copywriting bisa memberikan pengaruh yang baik terhadap perusahaan, baik itu meningkatkan penjualan atau meningkatkan brand awareness, seorang copywriter harus menguasai teknik-teknik copywriting.

3 Manfaat Penting Copywriting

Di era digital seperti saat ini, copywriting jadi salah satu pekerjaan yang banyak dicari dan dibutuhkan oleh perusahaan. Lantas, apa sih yang membuat copywriting penting dalam sebuah perusahaan? Ternyata 3 manfaat ini jadi alasannya:

1. Membuat Citra Baik Perusahaan

Manfaat copywriting yang pertama adalah membuat citra baik atau meningkatkan reputasi sebuah perusahaan maupun brand. Yup, seorang copywriter akan menulis informasi atau pesan dari perusahaan kepada audiens yang dikemas dengan teknik branding.

Pesan dan informasi yang ditulis ini harus jelas dan bisa mempengaruhi audiens. Inilah mengapa menjadi copywriter bukanlah pekerjaan yang mudah. Pemilihan gaya bahasa juga harus benar agar mudah dipahami oleh audiens.

Perusahaan dengan citra yang baik akan meningkatkan kepercayaan audiens. Apalagi jika perusahaan memiliki banyak kompetitor, tentu saja kehadiran copywriting dibutuhkan untuk meningkatkan reputasi agar tidak kalah saing.

Citra baik dari perusahaan akan berdampak pada rating yang diberikan oleh konsumen atau pelanggan. Semakin baik rating dan ulasan yang diberikan oleh konsumen, artinya copywriting yang dilakukan sudah tepat sasaran.

2. Meningkatkan Penjualan

Manfaat copywriting satu ini masih ada kaitannya dengan reputasi brand atau perusahaan. Yup, jika copywriting sukses membuat citra baik terhadap perusahaan atau brand, maka kepercayaan pelanggan atau konsumen juga akan meningkat. Nah, kepercayaan dari pelanggan atau konsumen ini akan ditunjukkan dengan membeli produk atau menggunakan jasa yang ditawarkan oleh sebuah perusahaan.

Misalnya perusahaan e-commerce, biasanya konsumen lebih percaya dengan perusahaan atau brand yang memiliki rating bagus, minimal bintang 4. Selain itu, ulasan dari konsumen juga menjadi tolak-ukur pembeli baru untuk melakukan transaksi atau bahkan membuat pembeli lama untuk melakukan repeat order.

Oleh sebab itu, copywriting tidak hanya fokus menaikkan reputasi tapi juga harus bisa meningkatkan penjualan. Inilah mengapa copywriting merupakan salah satu strategi dalam marketing yang harus digunakan apalagi di era serba digital seperti sekarang.

3. Mudah Menarik Perhatian Audiens

Manfaat copywriting terakhir adalah mudah menarik perhatian audiens. Sebelumnya, copywriter yang handal sudah pasti harus mengenal seperti apa target audiens perusahaan. Dengan begitu, copywriting akan lebih mudah menarik perhatian dan mudah diterima, sehingga isi copywriting akan tepat sasaran.

Inti dari copywriting ini adalah membuat audiens melakukan action berupa membeli produk atau menggunakan jasa. Oleh sebab itu, teknik ini harus dilengkapi dengan Call To Action atau CTA.

Seperti namanya, CTA sendiri bertujuan untuk mempengaruhi audiens untuk melakukan tindakan yang diinginkan. Contoh CTA yang paling sering ditemui antara lain “Cek Sekarang” dan “Beli Sekarang”. Meskipun singkat, tulisan ini bisa mempengaruhi audiens lho.

Keberhasilan Perusahaan Bergantung pada Copywriting

Tiga manfaat copywriting di atas tentu saja dibutuhkan oleh setiap perusahaan. Apalagi untuk perusahaan yang masih berkembang. Karena kehadirannya sangat penting, saat ini jumlah orang yang bekerja sebagai copywriting mengalami kenaikan.

Meskipun pekerjaan ini hanya mengandalkan tulisan, tetap saja kamu harus memilih jasa copywriting yang tepat dan mengacu pada prinsip AIDA:

  • Attention: Bisa menarik perhatian audiens.
  • Interest: Membuat audiens tertarik dan penasaran.
  • Desire: Mampu mempengaruhi audiens.
  • Action: Membuat audiens akhirnya melakukan tindakan atau respon sesuai dengan tujuan dari copywriting.

Nah, bagaimana? Meskipun hanya bermodalkan tulisan, nyatanya copywriting memiliki manfaat sekaligus pengaruh terhadap keberhasilan bisnis suatu perusahaan, bukan? Buat kamu yang belum menerapkan teknik strategi marketing satu ini, yuk gunakan jasa copywriting sekarang juga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *