mengelola dan memilih pinjaman modal usaha
Ekonomi & Bisnis

Pintar Mengelola dan Memilih Pinjaman Modal Usaha

Memiliki bisnis sendiri bisa jadi merupakan impian banyak orang. Namun ada kalanya impian ini belum bisa terwujud karena keterbatasan modal. Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini yaitu dengan mencari pinjaman modal usaha.

Modal usaha ibarat bensin bagi kendaraan bermotor. Sebuah bisnis baik kecil maupun besar memerlukan modal agar bisnis bisa berjalan dan berkembang dengan baik, sehingga nantinya tujuan bisnis bisa tercapai.

Sebuah bisnis bisa mencari pinjaman untuk modal usaha. Selain itu, bagaimana mengelola modal tersebut dengan baik juga menjadi hal yang tak kalah penting untuk diperhatikan.

Kelas #PintarBersama untuk Literasi Keuangan

Pada hari Kamis, 7 April 2022 Kredit Pintar menyelenggarakan kelas #PintarBersama. Tema yang diangkat ialah ‘Pengelolaan Modal Pintar Bersama Kredit Pintar – #PintarBersama Pilih Pinjaman Agar Hati Tetap Nyaman’.

Narasumber acara yaitu Puji Sukaryadi, Brand Supervisor Kredit Pintar dan Gandan Wicitra Wiranegara, Senior Business Development Manager Kredit Pintar. Acara ini dihadiri oleh para blogger yang tergabung dalam Bloggercrony Community.

Kelas ini sebagai bentuk edukasi kepada masyarakat untuk meningkatkan literasi keuangan, khususnya dalam mengelola dan memilih pinjaman modal usaha yang aman sehingga hati pun tetap nyaman. Selain itu, ada pula tips memulai usaha sampingan.

Perlunya Punya Modal Produktif

Puji Sukaryadi mengungkapkan perlunya untuk memilki modal produktif. Modal ini bisa digunakan untuk bermacam keperluan, misalnya untuk berwirausaha, memulai bisnis sampingan, dan lainnya.

“Pertama, kita yakin memiliki ide bagus dan kemampuan unik. Kedua, melihat peluang pasar masih terbuka luas. Ketiga, perlu adanya pemasukan tambahan. Lalu untuk persiapan pensiun, serta untuk aktualisasi diri.”

Berangkat dari motivasi tersebut, maka modal perlu untuk kita kelola secara produktif. Kita tidak lagi menggunakannya untuk hal-hal yang bersifat konsumtif.

Selain modal produktif, kita juga perlu memiliki dana darurat. Saat bisnis sedang berjalan, ada kalanya kita mengalami keperluan mendadak sementara cash flow sedang tidak baik. Pada situasi semacam inilah kehadiran dana darurat bisa menjadi penyelamat.

Dana darurat tersebut bisa kita dapatkan melalui pinjaman online. Namun perlu diingat, kita perlu menggunakan dana yang kita peroleh secara bijak. Misalnya untuk dana darurat atau tambahan modal, serta kebutuhan lain yang benar-benar penting.

Tips Memilih Pinjaman Modal Usaha

Terkait dengan kemudahan mendapatkan pinjaman melalui platform online, Gandan Wicitra Wiranegara memberikan tips bagi para peserta kelas.

Pertama, pahami bahwa pinjaman tersebut akan menagihkan pelunasan. Untuk itu kita perlu melakukan kalkulasi secara matang dan menentukan besaran pinjaman sesuai kemampuan finansial kita.

Kedua, baca dengan teliti isi kontrak perjanjiannya saat pinjaman disetujui. Berkomitmenlah untuk melakukan pelunasan tepat waktu untuk menghindari denda yang mucul akibat keterlambatan pembayaran.

Ketiga, pilih pinjaman yang legal, yaitu yang sudah terdaftas serta diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Hindari menggunakan pinjaman ilegal, yang justru akan membebankan bunga dan denda tinggi, perhitungan tidak transparan, serta kerugian lainnya.

Selain itu, Gandan juga mengungkapkan pentingnya mengelola modal secara baik. Misalnya dengan memisahkan antara keuangan bisnis dengan keuangan pribadi, meskipun bisnis masih berskala kecil atau bisnis keluarga.

Juga, lakukan pencatatan atau pembukuan secara detil. Sebagai contoh ketika kita memiliki bisnis kuliner seperti jualan gorengan, catatlah berapa biaya bahan baku, biaya peralatan (kompor, wajan, gas), biaya tenaga kerja, dan yang lainnya. Pencatatan ini akan membantu kita untuk menentukan harga, menghitung keuntungan secara tepat dan melakukan perencanaan bisnis di masa selanjutnya.

Pinjaman Modal Produktif di Kredit Pintar

Untuk mendapatkan pinjaman modal secara online, kita bisa menggunakan Kredit Pintar yang menawarkan pinjaman secara mudah, dan cepat cair. Persyaratan yang diperlukan juga gampang yaitu cukup menyediakan KTP elektronik, dan dana bisa cair dalam waktu 10 menit.

Kredit Pintar menawarkan limit pinjaman mulai dari Rp 600 ribu hingga Rp 20 juta. Sementara tenor pinjaman mulai dari 30 hingga 360 hari, yang bisa kita pilih sesuai kemampuan.

Kredit Pintar telah terdaftar, dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga terjamin legalitasnya. Saat ini Kredit Pintar telah diunduh lebih dari 10 juta unduhan dan peringkat kepuasan konsumen sebesar 4,4 bintang di Google Play.

Bagi kita yang sedang membutuhkan pinjaman modal usaha atau keperluan lainnya, Kredit Pintar bisa menjadi pilihan tepat untuk membantu mengatasi permasalah keuangan dengan cepat dan praktis.

Share this:

7 thoughts on “Pintar Mengelola dan Memilih Pinjaman Modal Usaha”

  1. Memilih kredit ini memang enggak bisa sembarangan. Dengan maraknya pinjol ilegal, kita sebagai nasabah kredit pun perlu jeli memilih tempat kredit yang aman. Salah satunya memeriksa apakah tempat kredit itu terdaftar di OJK. 😊

  2. Memang harus selektif ya pilih kredit. Karena bisa berdampak ke usaha kita ke depannya. Thanks infonya kak

  3. Seneng banget kalau kredit pintar juga turut mengedukasi masyarakat tentang financial kayak gini. top deh

  4. Rekomendasi yang bagus buat mereka yang lagi butuh nih, diawasi OJK juga, sip

  5. Memang harus jeli banget ya dalam hal peminjaman untuk modal usaha ini, harus benar-benar masak pertimbangannya.
    Salut dengan kredit pintar yang mengedukasi masyarakat tentang bagaimana cara mengelola dan memilih pinjaman modal usaha

  6. Satu hal yang harus dipastkan sebelum meminjam adalah membaca isi kontrak dan memastikan kemampuan untuk melunasi..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *