Perayaan Pekan Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus
Serba-serbi

Meriahnya Perayaan Pekan Kemerdekaan Indonesia di Kampung Kami

Peringatan kemerdekaan Indonesia tahun 2022 begitu meriah. Segenap bangsa Indonesia merayakan pekan kemerdekaan Indonesia dengan sukacita. Wajar saja, selama dua tahun terakhir terjadi pandemi yang membuat warga hanya bisa merayakan kemerdekaan RI secara terbatas.

Kondisi tahun ini mulai membaik. Warga pun mempersiapkan segala sesuatunya agar momen 17 Agustus ini terasa istimewa. Jika 77 tahun lalu bangsa Indonesia merdeka dari penjajahan negara lain, maka tahun ini warga merdeka dari pandemi. Tema HUT Kemerdekaan RI tahun ini begitu pas dengan kondisi yang ada. Pulih lebih cepat, bangkit lebih kuat. 

Di kampung kami, beragam pertandingan dan perlombaan antar RT diadakan. Seperti bulutangkis, bola voli, sepeda hias, gapura dan kebersihan lingkungan, hingga gerak jalan. Selain itu juga ada lomba untuk internal RT kami, seperti, balap karung, makan kerupuk, dan lainnya.

Warga begitu antusias untuk menyambut dan menyukseskan acara ini. Jauh-jauh hari warga telah melakukan persiapan untuk merayakan pekan kemerdekaan Indonesia.

Dengan bergotong-royong, warga membersihkan saluran air dari sampah. Pohon tanjung, mangga, belimbing, dan lainnya yang ada di depan rumah dan tepi jalan juga dipangkas dahan dan rantingnya. 

Setiap warga memasang bendera merah putih di depan rumah. Sementara untuk jalan, warga mengecat ulang marka dengan cat berwarna putih. Tak ketinggalan, gapura juga dihias. Suasana semakin meriah dengan dipasangnya umbul-umbul dan lampion berwarna merah dan putih.

Bapak-bapak dan para remaja pria dengan penuh semangat berlatih bola voli dan bulutangkis di lapangan. Pun para ibu dan remaja putri yang berlatih gerak jalan menyusuri gang perumahan, sambil meneriakkan yel serta menyanyikan lagu-lagu perjuangan.

Warga juga bahu-membahu menghias sepeda yang akan dipakai oleh anak-anak untuk mengikuti lomba. Batang-batang bambu dipotong dan dibelah, untuk kemudian dibuat sedemikian rupa seperti rangka kendaraan seperti mobil, sepeda motor, tank, dan pesawat tempur.

Setelah rangka terbentuk, dibuatlah penutup berbahan kertas karton. Kemudian kendaraan-kendaraan tersebut dicat. Cantik sekali!

Untuk menambah semangat bekerja, serangkain lagu diputar dari laptop yang disambungkan ke pelantang suara. Mulai dari lagu perjuangan, pop, dangdut, juga campursari. Tidaklah sulit untuk menemukan dan memutar lagu-lagu tersebut di Youtube dengan koneksi internet cepat.

Tanggal 17 Agustus, beragam lomba pun dimulai. Rabu pagi, anak-anak begitu bersukacita menaiki sepeda yang telah dihias. Mereka melakukan pawai sejauh 1-2 kilometer.

Menjelang siang, tim penilai mengunjungi masing-masing RT untuk menilai kebersihan dan keindahan lingkungan. Saya lihat, sepertinya mereka puas dengan kinerja RT kami dengan mempersiapkan gapura, bendera, umbul-umbul, lampion, dan pernak-pernik lainnya sedemikian rupa.

Semarak 17 Agustus masih berlanjut. Dari siang hingga sore, warga RT kami berkumpul di lapangan fasum untuk mengikuti lomba. Dari anak-anak hingga orang dewasa, pria dan wanita mengikuti lomba makan kerupuk, balap karung, dan lainnya. Kegembiraan terasa begitu kental.

Meriahnya pekan kemerdekaan Indonesia terus berlanjut di hari-hari berikutnya. Sabtu malam, warga RT kembali berkumpul di lapangan fasum. Warga mengadakan malam puncak peringatan HUT Kemerdekaan RI.

Beragam pentas seni ditampilkan oleh warga, seperti menari dan menyanyi. Tak ketinggalan, dilakukan juga pembagian hadiah lomba 17 Agustus yang diadakan sebelumnya. Kegembiraan warga berpadu dengan lantunan lagu-lagu yang diputar sepanjang acara.

Meriahnya pekan kemerdekaan Indonesia tidak hanya terjadi di RT kami, tetapi juga di wilayah lainnya. Seluruh masyarakat Indonesia bergembira. Segenap bangsa bersuka cita merayakan hari jadi negerinya.

Semarak warna merah dan putih selalu hadir setiap bulan Agustus. Beragam acara dihelat, dari lingkup RT hingga pusat. Inilah wujud ucapan syukur bangsa Indonesia atas kemerdekaan yang telah diproklamasikan pada 17 Agustus 1945.

Dari tahun ke tahun, lagu dan musik perjuangan yang mengugah rasa nasionalisme selalu terdengar di bulan kemerdekaan. Platform musik yang digunakan berkembang, sesuai perubahan zaman.

Di masa kecil saya dulu, lagu-lagu nasional biasanya tersimpan dalam bentuk kaset. Dengan menggunakan tape recorder, kaset diputar dan lagu diperdengarkan. Di era teknologi internet sekarang ini, kita sudah tak lagi menggunakan kaset. Ada cara yang lebih praktis yaitu menggunakan platform digital. Beragam lagu tersedia di Youtube atau platform lainnya.

Agar lagu-lagu di Youtube bisa lancar diputar, maka internet cepat menjadi hal penting. Tentu tidak mengenakkan jika video atau lagu di Youtube yang diputar macet karena jaringan internet yang lambat.

Namun, kita tidak perlu khawatir. Ada IndiHome dari Telkom Group yang dikenal sebagai penyedia layanan internet berkualitas di Indonesia.

Provider IndiHome dari Telkom Group ini menggunakan serat optik, yang tentunya menjamin koneksi internet cepat dan stabil. Tidak ada lagi alasan lagu-lagu perjuangan yang macet saat diputar.

Saat ini IndiHome memberikan beragam promo menarik dalam rangka menyambut Pekan Kemerdekaan Indonesia. Seperti cahshback hingga 77% untuk berlangganan add-on, voucher diskon tagihan, dan tukar poin dengan merchandise menarik. Manfaatkan kesempatan ini, agar kita bisa menikmati layanan internet berkualitas dari Telkom Group.

Share this:

2 thoughts on “Meriahnya Perayaan Pekan Kemerdekaan Indonesia di Kampung Kami”

  1. Setelah beberapa tahun gak dibuat rame, 17 agustus tahun 2022 ini memang sangat” rame dan antusiasnya tinggi, sampai” setiap desa pas malem 17 agustus disini bikin pawai pake obor, belum lagi panjat pinang setiap rt dll. Pokoknya rame banget hehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *