tabungan online untuk masa tua
Ekonomi & Bisnis

Pentingnya Membuat Tabungan Online untuk Persiapan Masa Tua

Dapat menjalani masa tua yang tenang dan sejahtera menjadi impian banyak orang. Salah satu cara untuk meraih harapan tersebut yakni dengan manajemen finansial. Anda perlu membuka tabungan sejak muda untuk menunjang perencanaan keuangan supaya lebih maksimal. 

Kesadaran untuk memiliki tabungan perlu tertanam dalam diri setiap orang. Pentingnya menabung tidak hanya bisa membantu dalam mengelola keuangan untuk masa mendatang, tetapi juga membantu ketika Anda membutuhkan dana mendesak. Sebab, kita tidak tahu kondisi finansial akan aman selamanya atau tidak, di samping itu kebutuhan sehari-hari harus selalu tercukupi.

Di era digital saat ini, memiliki tabungan tidak perlu susah payah mendatangi bank. Anda pun bisa mengajukan tabungan online dengan mudah dan cepat. Anda bisa mengajukan pendaftaran tabungan online dari mana saja dan kapan saja cukup melalui mobile banking dari smartphone

Dalam artikel ini Anda akan mendapat penjelasan apa itu tabungan online serta manfaatnya untuk merencanakan keuangan di hari tua. 

Apa itu Tabungan Online

Tabungan Online atau digital adalah terobosan baru yang dihadirkan oleh lembaga keuangan atau perbankan menyesuaikan dengan perkembangan teknologi digital. Tabungan online merupakan tabungan yang dapat dibuka dan diakses secara online, umumnya melalui aplikasi mobile banking masing-masing bank.

Berbagai kemudahan dari layanan tabungan online bisa Anda dapatkan mulai dari proses membuka rekening tabungan baru hingga transfer uang secara digital tanpa harus meluangkan waktu untuk datang ke kantor bank. Bisa dikatakan tabungan online  adalah cara modern menabung di era digital.

Manfaat Menabung di Hari Tua

Sumber gambar: pexels.com

Setelah memasuki hari tua, Anda tentunya tetap membutuhkan pemasukan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari bukan? Untuk mengamankan keuangan di usia tua nantinya, Anda perlu mengumpulkan tabungan sejak usia muda. 

Sayangnya, kebiasaan menabung sering diabaikan oleh anak-anak muda. Meskipun masa pensiun masih lama, bukan berarti Anda tidak menganggapnya sebagai prioritas dalam persiapan keuangan. Anda justru perlu mempersiapkan dana tabungan masa tua mulai dari sekarang. Menghadapi berbagai kebutuhan di masa mendatang bukanlah hal mudah.

Semakin lama Anda menundanya, maka semakin kecil peluang Anda untuk mewujudkan masa tua yang tenang dan sejahtera. Berikut ini manfaat memiliki tabungan untuk hari tua yang perlu Anda pahami:

  1. Lebih Mandiri dan Tidak Bergantung kepada Orang Lain

Saat memasuki usia pensiun, memiliki tabungan hari tua tidak hanya akan membuat Anda lebih tenang. Dana tabungan juga akan membantu Anda tidak merepotkan anak-anak, saudara, atau kerabat. Berkat persiapan keuangan yang dilakukan sejak dari usia muda, Anda jadi bisa mandiri finansial saat tua. Sebagai orang tua, Anda tentu tidak ingin menyusahkan anak-anak kan?

Oleh sebab itu penting sekali mempersiapkan tabungan hari tua sejak sedini mungkin. Anda perlu mengingat bahwa di usia tua nanti Anda sudah tidak lagi produktif, sehingga tidak mampu bekerja dan tidak memiliki penghasilan tetap. Untuk mengatasi kondisi itu, kumpulkan uang saat masih bekerja. Dengan begitu Anda bisa membiayai hidup sendiri di masa tua.

  1. Sebagai Dana Mendesak

Manfaat selanjutnya dari menabung adalah sebagai kebutuhan dana darurat (emergency fund). Hal ini dapat membantu Anda mengantisipasi kebutuhan yang tidak terduga. Kita tidak tahu apa yang akan terjadi di masa depan. Ada berbagai kemungkinan yang tidak bisa Anda prediksi. 

Bisa saja nanti di masa mendatang Anda mengalami kondisi-kondisi yang menyulitkan finansial. Misalnya Anda harus memperbaiki motor atau mobil, merenovasi rumah, mengalami sakit, atau terkena pemutusan hubungan kerja (PHK). Ketika Anda tidak punya persiapan finansial, maka situasi tersebut akan membuat keadaan Anda semakin memburuk. Itulah mengapa penting bagi Anda memiliki dana darurat.

  1. Memiliki Kekuatan Finansial yang Baik

Memiliki tabungan akan membuat Anda lebih tenang dan selangkah lebih maju ke zona aman finansial. Anda bisa lebih kuat secara finansial saat terjadi kondisi-kondisi krisis, seperti terjadi inflasi atau bencana alam.  

Bayangkan ketika tiba-tiba Anda membutuhkan dana mendadak yang harus segera dibutuhkan, sedangkan tidak memiliki tabungan. Hal itu akan membuat Anda kebingungan hingga stres memikirkan keuangan. Oleh karena itu, mengumpulkan tabungan sejak muda sangatlah penting untuk mencapai kebebasan finansial.

  1. Lebih Mungkin Mewujudkan Tujuan   

Semua orang tentu ingin tetap sehat dan bisa menikmati hari-hari bersama anak, cucu, dan orang tercinta saat hari tua. Namun ketika umur semakin bertambah, tubuh akan makin lemah dan tidak produktif lagi. Demi mewujudkan masa tua yang sejahtera, persiapan keuangan perlu dilakukan pada masa-masa produktif yakni ketika muda.

Salah satu kunci untuk mewujudkan kesejahteraan finansial di masa pensiun adalah memiliki tabungan online, agar semua yang Anda inginkan bisa diwujudkan dengan mudah. Tanpa kebiasaan menabung, semua tujuan Anda akan sulit dilakukan.

Memilih Tabungan Online untuk Masa Tua

Dengan memiliki perencanaan dan strategi mengelola keuangan yang jelas, Anda memiliki peluang besar untuk menikmati masa tua dengan tenang dan sejahtera. Namun Anda perlu pertimbangan matang saat memilih tabungan online. Pastikan tabungan yang Anda pilih sesuai dengan tujuan keuangan Anda. 

Ada banyak tabungan online yang ditawarkan oleh berbagai bank. Mungkin Anda akan kebingungan dalam memilihnya. Ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membuka tabungan online.

Pastikan Anda memilih bank yang terpercaya dan profesional, serta menyediakan layanan sesuai yang Anda butuhkan. Anda juga perlu mempertimbangkan biaya-biaya yang dibebankan karena biaya-biaya tersebut lama-lama akan menggerus isi tabungan Anda jika bebannya terlalu besar. Pilihlah tabungan yang menawarkan bebas biaya admin. 

Tabungan Online PermataME

Salah satu produk tabungan online terbaik yang bisa menjadi pilihan tepat bagi Anda adalah PermataME, yang akan menunjang pengelolaan keuangan Anda secara profesional, dalam hal layanan dan keamanan. Ada berbagai layanan yang sangat membantu Anda mempersiapkan tabungan untuk masa tua. 

Sejumlah kelebihan yang ditawarkan oleh produk tabungan ini, di antaranya bebas biaya admin tanpa syarat apa pun, mendapat bonus saldo di awal, bebas biaya tarik tunai, banyak cashback dan diskon, serta gratis transfer ke bank lain tanpa batas dan syarat.

Bagaimana cara memiliki tabungan ini? Mudah sekali, karena Anda bisa mengajukan secara online menggunakan aplikasi PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Cara membuka tabungan PermataME dan syaratnya cukup mudah, silakan baca lebih lengkap di laman berikut https://www.permatabank.com/id/tabungan-retail/permatame

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *