Perbedaan travel haji plus dan reguler
Serba-serbi

Ketahui Perbedaan Travel Haji Plus dan Reguler

Melaksanakan rukun Islam ke-5 bagi umat muslim di seluruh dunia pasti menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Sebab, pelaksanaan ibadah ini Allah SWT perintahnya bagi siapa saja yang mampu. Baik dari segi fisik, harga, maupun rohaninya.

Namun, untuk bisa sampai ke tanah suci Anda tentu membutuhkan travel haji. Di mana pada penyedia jasa, biasanya Anda akan ditawari dua pilihan. Pertama paket travel haji plus, dan kedua paket regular.

Sebab Anda mendapatkan penawaran serupa, tentu duanya memiliki perbedaan. Oleh karena itu, sebelum mendatangi agen penyedia layanan. Sebaiknya pahami terlebih dahulu apa saja perbedaan travel haji plus dan regular.

Inilah Perbedaan Travel Haji Plus dan Reguler

Untuk mengetahui poin penting perbedaan nyatanya Anda bisa menyimak secara lengkap pada pembahasan berikut ini:

1. Berdasarkan Penyelenggara Program Haji

Jika dilihat berdasarkan pengertian dan penanganan, travel haji plus merupakan program keberangkatan haji yang dilakukan oleh pihak swasta. Meskipun seluruh aktivitas dan layanannya tetap berada dalam pengawasan Kementerian Agama Republik Indonesia.

Sedangkan pada haji reguler merupakan bentuk kerjasama yang terjalin antara pemerintah RI dengan Arab Saudi dalam menyelenggarakan ibadah haji. Sehingga untuk menunaikannya calon jamaah bisa melakukan pendaftaran terlebih dahulu.

2. Masa Tunggu

Perbedaan lain yang bisa Anda temukan dari travel haji plus dan reguler adalah berkaitan dengan masa tunggu pelaksanaan ibadah. Berdasarkan data dan informasi untuk calon jamaah yang ingin melaksanakan ibadah dengan program travel haji reguler, maka Anda harus menunggu sekitar 20 hingga 30 tahun.

Sedangkan, jika pendaftaran dilakukan menggunakan travel haji plus, masa tunggu hanya sekitar 5-9 tahun. Perbedaan jauh yang terjadi ini juga dipengaruhi oleh adanya selisih pada biaya haji plus. Sehingga, jika jadwal keberangkatan yang diberikan tidak sama, tentu menjadi hal wajar.

3. Fasilitas dan Jarak Hotel

Selain memiliki perbedaan dari segi masa tunggu dan juga penyelenggaranya. Anda juga akan memperoleh perbedaan cukup signifikan dari fasilitas serta jarak hotel yang diberikan. Pada jamaah travel haji plus, fasilitas hotel akan diberikan bintang 5 dengan jarak lebih dekat ke Masjidil Haram.

Sedangkan Anda yang memilih program travel regular, jarak hotel ke masjidil haram masih terhitung jauh. Dan untuk melakukan perjalanan ke masjidil haram, Anda harus berjalan kaki.

4. Waktu Pelaksanaan Ibadah

Perbedaan lain juga akan Anda temukan pada waktu pelaksanaan ibadah. Jika secara umum pelaksanaan ibadah dengan program reguler memakan waktu 40 hari sejak keberangkatan hingga tiba kembali di Indonesia.

Menggunakan travel haji plus, bisa saja waktu maksimal Anda beribadah hanya sekitar 26 hari. Khususnya bagi beberapa kelompok Arbain di Masjid Nabawi. Sedangkan, pada kelompok non arbain ibadah haji hanya memakan waktu mulai dari 15 hingga 19 hari.

Adanya program haji plus ini sebagai media untuk perjalanan ibadah dengan pelaksanaan sholat wajib di masjid An-Nabawi sebanyak 40 kali. Selain itu, jika ingin menuntaskan keinginan, setiap calon jamaah harus berada di Madinah sekitar 8 hingga 9 hari.

5. Perlengkapan Tenda di Arafah dan Mina

Puncak perjalanan ibadah haji adalah pelaksanaan wukuf di padang Arafah. Di mana selanjutnya jamaah haji akan bermalam di Muzdalifah dan mina untuk melempar jumrah ke Mina.

Pada pelaksanaan ibadah haji ini, jamaah akan mendapatkan perbedaan pelayanan meskipun sebenarnya hampir mirip. Pada fasilitas tenda haji regular, Anda akan mendapatkan alas berupa karpet biasa. Sedangkan jika memilih paket plus, maka Anda akan mendapatkan alas berupa kasur yang sangat nyaman.

6. Biaya Haji

Perbedaan terakhir dari dua paket yang umum dipilih oleh masyarakat Indonesia adalah biaya haji. Meskipun hal ini tergantung dari kemampuan setiap individu dalam melakukan pembayaran.

Namun, perbedaan ini sangat menonjol. Sebab, selisih yang ditawarkan cukup jauh. Meski begitu, hal tersebut sebanding dengan berbagai fasilitas yang akan diterima oleh calon jamaah ketika sudah berangkat ke tanah suci.

Jika pada paket reguler Anda membutuhkan biaya sekitar 40-60 juta rupiah. Sedangkan, untuk melaksanakan ibadah dengan paket biaya haji plus maka Anda membutuhkan dana sekitar USD 9000 hingga USD 10.000. Atau nilai ini setara dengan Rp. 130 juta – Rp. 150 juta.

Anda bisa menikmati fasilitas keberangkatan secara lengkap dan rapi. Tentunya keseluruhan biaya tersebut telah meliputi berbagai kebutuhan Anda selama di tanah suci. Rekomendasi perusahaan travel yang siap membantu Anda untuk membantu keberangkatan haji adalah Alhijaz Indowisata, agen travel amanah dan terpercaya.

Share this:

1 thought on “Ketahui Perbedaan Travel Haji Plus dan Reguler”

Leave a Reply

Your email address will not be published.