Lomba Blog Tekno

Pertamina Enduro, Oli Andalan Semua Sepeda Motor

Pertamina Enduro

Tiap kali memasuki akhir tahun, ada satu kewajiban yang harus saya tunaikan yaitu membayar pajak sepeda motor. Di bulan Desember 2019 lalu, untuk kesekian kalinya saya menunaikan kewajiban tersebut. Sepeda motor yang saya miliki sudah berumur 15 tahun sejak saya beli tahun 2004 dan kondisinya masih bagus hingga sekarang. Sepeda motor ini telah setia menemani saya berangkat dan pulang kerja, pergi ke mal, bahkan sanggup naik turun jalanan berbukit saat traveling ke Baduy tahun 2014 lalu.

Tidak sulit sebenarnya untuk menjaga kondisi sepeda motor tetap bagus hingga belasan tahun. Yang biasa saya lakukan yaitu rutin melakukan servis dan ganti oli. Saya akan datang ke bengkel langganan setiap sekitar 1,5 bulan sekali, kira-kira jika sudah menempuh perjalanan 1.500 kilometer. Atau ,jika saya merasakan ada sesuatu yang kurang enak saat sepeda motor saya kendarai.

Bengkel langganan tersebut milik perorangan, dan tidaklah besar ukurannya. Lokasinya cukup dekat dengan rumah saya. Si Kokoh, demikian saya memanggil pemilik sekaligus montir satu-satunya di bengkel tersebut, cakap sekali melakukan tugasnya. Dia benar-benar mengerti kondisi mesin. Tidak heran, banyak yang memercayakan perawatan sepeda motor kepadanya, meski kadang harus menunggu antrian.

Setiap kali saya datang, Si Kokoh selalu menanyakan ada masalah apa dengan sepeda motor saya.

“Motornya ada masalah apa, Mas?”
“Nggak ada, Koh. Servis rutin biasa dan ganti oli, ya!”
“Pakai oli yang biasanya, kan?”
“Iya!”

Meski saya hanya minta servis biasa, ia tetap melakukan pemeriksaan menyeluruh, tidak hanya membersihkan saringan atau filter saja. Bila ada bagian yang bermasalah dan menurutnya harus dilakukan penggantian spare part, ia akan memberitahukannya. Dan untuk oli motor, ia sudah tahu untuk menggunakan Pertamina Enduro 4T, oli andalan semua sepeda motor.

Sebelum menggunakan Pertamina Enduro 4T, saya sering berganti-ganti menggunakan oli berbagai merek. Saat awal pembelian sepeda motor, saya memanfaatkan servis dan ganti oli gratis di bengkel resmi hingga beberapa kali. Oli motor yang dipakai, tentu saja mereknya sudah ditetapkan oleh bengkel resmi tersebut.

Setelah masa ganti oli gratis berakhir, saya mulai pakai merek lain. Karena hobi menonton tayangan balap motor di televisi, saya tergoda untuk menggunakan merek oli motor yang diiklankan saat jeda perlombaan. Harganya lumayan mahal, padahal kualitasnya belum tentu cocok dengan sepeda motor yang saya pakai. Hingga akhirnya saya memakai Pertamina Enduro 4T, oli motor terbaik yang bisa diandalkan kualitasnya.

Pentingnya oli bagi mesin, seperti air yang menjaga kesegaran tubuh manusia

Bahan bakar dan oli memiliki peran penting bagi kendaraan, seperti makanan dan air bagi tubuh manusia. Makanan menjadi sumber tenaga yang memungkinkan kita bisa beraktivitas, sedangkan air akan menjaga kondisi tubuh tetap segar. Demikian juga pada kendaraan. Bahan bakar akan menjadikan kendaraan bertenaga, dan oli motor atau oli mobil akan membuat kondisi mesin tetap ‘segar’.

Manusia normalnya membutuhkan 2 liter atau 8 gelas air minum saban harinya. Jumlah tersebut bisa saja bertambah jika aktivitas yang dilakukan lebih berat. Saya sendiri memiliki hobi jogging atau berlari, dan begitu memerhatikan kebutuhan air tersebut agar tubuh saya tetap terhidrasi dengan baik.

Saat latihan saya akan berhenti sejenak setiap 3 kilometer untuk minum, sebelum kembali melanjutkan berlari. Sedangkan dalam beberapa lomba lari yang saya ikuti, panitia biasanya akan menempatkan titik-titik hidrasi (hidration point atau water station), biasanya setiap jarak 2,5 KM.  Tujuannya agar peserta lomba tetap segar dan tidak mengalami dehidrasi.

Demikian juga dengan kendaraan bermotor, penggantian oli motor atau oli mobil juga perlu rutin dilakukan agar mesin tetap segar. Oli memiliki fungsi penting. Sedemikian pentingnya keberadaan oli pada mesin, hingga bisa dikatakan tidak ada mesin yang dapat berfungsi dengan baik dan normal jika kondisi olinya tidak baik.

Fungsi oli bagi kendaraan

Seperti halnya air pada tubuh manusia, oli motor atau oli mobil berfungsi membersihkan bagian-bagian mesin kendaraan. Saat bersirkulasi di area mesin, oli yang tersaring di filter oli kemudian melewati bagian-bagian mesin seperti dinding silinder dan sebagainya. Bila ada kotoran, misalnya sisa karbon pembakaran atau partikel logam akibat gesekan, maka oli bersih tersebut akan mendorong atau membawa kotoran tersebut sehingga bagian mesin akan bersih kembali. Kualitas oli akan menurun setelah tercampur dengan endapan karbon dan partikel logam, sehingga perlu diganti secara berkala.

Oli motor atau oli mobil juga befungsi menjaga temperatur mesin. Saat mesin kendaraan dihidupkan, maka terjadi proses pembakaran. Proses ini menghasilkan panas yang selanjutnya diubah menjadi tenaga. Pada saat yang bersamaan, oli bersirkulasi pada bagian dalam mesin. Oli mesin tersebut melewati bagian mesin dengan temperatur tinggi seperti piston, metal dan dinding silinder, dan panas komponen tersebut akan diserap oleh oli. Dengan demikian, temperatur mesin tetap terjaga dan keausan yang berlebihan pada bagian mesin dapat dihindari.

Oli juga berfungsi sebagai pelumas. Saat mesin dihidupkan, pompa akan mensirkulasikan oli ke setiap komponen mesin. Oli tersebut melewati komponen-komponen mesin yang bergerak dan membentuk lapisan film untuk melumasi komponen tersebut. Komponen  mesin akan terhindar dari kerusakan dan keausan.

Fungsi lain dari oli motor atau oli mobil untuk mencegah terjadinya karat atau korosi pada mesin. Oli mesin akan menutup atau melapisi permukaan metal, sehingga metal tersebut terbebas dari oksidasi. Proses oksidasi merupakan proses yang memungkinkan timbulnya karat. Mesin yang terbuat dari metal akan terbebas dari karat ketika terisi dengan oli.

Fakta-fakta tentang Pertamina Enduro 4T

Pilihan saya menggunakan Pertamina Enduro 4T sangat tepat. Ini terbukti dari kondisi sepeda motor saya yang tetap bagus meskipun umurnya sudah 15 tahun. Bukan tanpa alasan jika saya menyebut Pertamina Enduro 4T menjadi oli andalan untuk sepeda motor saya. Pertamina Enduro 4T memiliki nilai SAE 20W-50, sangat sesuai dengan sepeda motor 4 langkah milik saya.

Fakta-fakta yang perlu diketahui tentang Pertamina Enduro 4T SAE 20W-50:

  • Pertamina Enduro 4T SAE 20W-50 merupakan pelumas bermutu tinggi. Pelumas ini di formulasikan dari bahan dasar mineral berkualitas tinggi dan aditif-aditif pilihan yang didesain khusus untuk motor empat langkah.
  • Pertamina Enduro 4T SAE 20W-50 juga merupakan produk berkekentalan ganda yang stabil yang memberikan kemudahan bersirkulasi pada temperatur rendah dan tinggi. Dengan begitu suhu yang dihasilkan itu stabil sehingga membuat mesin jadi bekerja lebih baik. Sebagai catatan, angka-angka yang tertera pada SAE (Society of Automative Engineering )merupakan kemampuan suatu oli untuk menjaga stabilitas kekentalannya terhadap pengaruh suhu lingkungan.
  • Pertamina Enduro 4T SAE 20W-50 memiliki tingkatan mutu yang memenuhi persyaratan Japanese Automobile Standard Organization (JASO) MA (Approved) dan memenuhi level API SL.

Dengan fakta-fakta tersebut, tak heran jika Pertamina Enduro 4T SAE 20W-50 memiliki bermacam keunggulan. Oli motor ini memiliki kekentalan yang sangat stabil pada temperatur rendah dan tinggi, yang memudahkan sikulasi pelumas pada saat start up dan perlindungan optimal pada temperatur dan kecepatan tinggi.

Selain itu, oli motor ini mampu mencegah terjadinya slip pada kopling basah, memiliki ketahanan oksidasi dan tidak mudah terdegradasi oleh radiasi panas dari mesin, menjaga kebersihan mesin serta mencegah terbentuknya deposit pada piston, melindungi secara optimal mesin dari korosi dan menjaga komponen mesin dari keausan, serta meningkatkan akselerasi dengan sangat prima sehingga motor dapat melaju dengan lebih cepat.

Berkat Pertamina Enduro, sepeda motor berumur panjang

Pertamina Enduro memiliki beberapa varian yang bisa digunakan sesuai jenis sepeda motor. Varian oli motor maupun oli motor matic tersebut antara lain Enduro 4T Racing SAE 10W-40, Enduro 4T SAE 20W, 30W – 50, Enduro 4T Sport SAE 5W, 10W – 30, Enduro Gear  4T Full Synthetic Oil, Enduro Matic G SAE 20W, 30W – 40, Enduro Matic SAE 10W, 20W, 30W, maupun Enviro 2T SAE 20.

Selain oli motor, Pertamina Lubricants juga mengeluarkan produk oli mobil yang disesuaikan dengan jenis mobil. Harga oli mobil cukup kompetitif, dengan kualitas yang bisa diandalkan.

Pemakaian Pertamina Enduro 4T terbukti membuat sepeda motor saya tetap terjaga kondisinya. Setiap kali servis motor dan ganti oli, saya biasanya mengeluarkan biaya Rp 80 ribu. Biaya tersebut terdiri dari biaya servis Rp 30 ribu, dan harga oli motor Enduro 4T SAE 20W-50 sebesar Rp 50 ribu di bengkel langganan saya. Harga oli motor ini relatif murah, jika dibandingkan dengan kualitasnya yang sudah terbukti bagus pada sepeda motor saya.

Dengan teratur melakukan servis dan ganti oli motor, hingga sekarang cara ini terbukti ampuh menjaga kondisi sepeda motor saya bisa berumur panjang. Seandainya hal tersebut tidak saya lakukan dari dulu, mungkin sepeda motor saya hanya bisa bertahan 8-10 tahun saja dan saya harus membeli sepeda motor baru yang harganya lumayan mahal.

Jadi, percayakan Pertamina Enduro sebagai oli andalan untuk sepeda motor!

8 thoughts on “Pertamina Enduro, Oli Andalan Semua Sepeda Motor”

  1. Aku jadi meras tereminder mengenai penggantian oli motor nih. Dan bagus juga untuk menggunakan Oli Enduro ini ya bikin ketahanan mesin jg baik

  2. Bener juga, ya. Manusia susah kalau hidup tanpa air. Begitupun kendaraan, harus terus dijaga olinya. Lama-lama bisa rusak kalau gak rutin ganti oli

  3. Awet bener motornya, berarti yang punya apik merawatnya. Salah satu caranya rutin ganti oli ya. Boleh nih saya coba olinya biar motor awet dan jalannya juga lancar

  4. Wah urusan perbengkelan udah dipegang suami. Palingan saya ingatkan udah servis apa belum. Motor dipakai setiap hari, beri haknya dengan servis di bengkel supaya tetap Sehat

  5. Aku udah lama ga pakai motor nih mas.. Makasih informasinya. Pertamina Enduro bagus ya kualitasnya. Motor biar awet emang kudu dirawat juga dengan oli yang punya kualitas baik ya.

  6. Baru saja motorku, ehh motor bapakku ganti oli euy..

    Pertamina Enduro 4T ini memang bagus banget yaa. Bikin mesin motor mulus dan lebih tahan lama. Harganya pun terjangkau dan mudah ditemui bahkan di kota kecil tempat saya tinggal saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *