Tekno

Printer Multifungsi untuk Bisnis Online

printer multifungsi

Bisnis online bisa menjadi ladang penghasilan di era digital. Kamu bisa memulainya dengan memanfaatkan keahlian dan barang-barang yang kamu miiki. Jika punya Printer multifungsi, maka kamu bisa mulai bisnis sendiri.

Di masa pandemi seperti sekarang ini, bekerja di rumah memang banyak manfaatnya. Kegiatan ini akan membuatmu terhindar dari risiko tertular maupun menularkan virus. Selain itu, kamu bisa lebih leluasa memanfaatkan waktu yang ada untuk kegiatan positif atau menyalurkan hobi.

Manfaatkan Printer Multifungsi untuk Bisnis Online

Kegiatan yang dilakukan di rumah di era digital tidak pernah lepas dari gadget, seperti smartphone, tab, dan laptop. Bentuk kegiatannya beragam, mulai mengerjakan tugas kantor atau sekolah, telekonferensi, bermedia sosial, main game online, hingga membuat desain.

Nah, jika kamu punya hobi membuat desain, kamu bisa memanfaatkannya untuk menambah penghasilan. Apalagi jika kamu punya printer di rumah, yang mungkin jarang kamu gunakan. Mengapa tidak dimanfaatkan saja untuk berbisnis?

Di era digital, mencetak dokumen memang tak sering lagi dilakukan seperti pada beberapa tahun lalu. Namun, masih ada orang yang memilih mencetak dokumen karena ada momen-momen spesial. Misalnya untuk membuat undangan pernikahan atau khitanan, kartu nama, kartu ucapan, dan lainnya. Karenanya, kebutuhan desain dengan menggunakan jasa mesin cetak tetap diperlukan di masa sekarang ini.

Smartphone atau laptop akan kamu pakai untuk membuat desain. Sementara untuk mencetaknya, kamu membutuhkan printer multifungsi. Piranti ini tidak hanya bisa kamu manfaatkan untuk mencetak desain berwarna, tetapi juga dibekali fitur lainnya misalnya untuk scan dan copy tentunya bisa kamu manfaatkan untuk menunjang bisnismu.

Langkah-langkah Berbisnis Online

Sebelum memulai bisnis, ada baiknya kamu mengetahui langkah-langkah untuk menjalankan bisnis online.

Menentukan Ide Bisnis

Langkah pertama ini dilakukan jika kamu belum memilih jenis bisnis apa yang akan dijalankan. Namun karena kamu sudah memilih bisnis percetakan, step ini bisa dilewati.

Siapa yang Akan Menjalankan Bisnis

Kamu bisa menjalankan bisnis online seorang diri jika sudah memiliki keahlian desain dan percetakan. Namun sangat disarankan untuk mengikutsertakan orang lain, misalnya saudara atau teman, yang memiliki kemampuan dan bisa bekerja sama dalam bisnismu ini.

Menghitung Biaya Bisnis

Dalam bisnis percetakan ini, biaya yang paling besar yaitu peralatan berupa smartphone, laptop, dan printer multifungsi. Hal ini bisa diselesaikan dengan meminjam modal atau uang ke orang tua, atau kamu bisa mengajak temanmu untuk patungan dalam bisnis ini.

Pemasaran Digital

Bisnis yang kamu jalankan perlu diperkenalkan kepada calon konsumen. Lakukan pemasaran melalui website, marketplace, atau media sosial seperti Instagram, Facebook, dan Youtube. Secara rutin, buatlah konten yang menarik. Dan jangan lupa, lakukan interaksi positif dengan teman atau follower di media sosial.

Mulai Saja Bisnismu

Bisnis yang baik adalah bisnis yang dijalankan. Setelah kamu melakukan persiapan di atas, maka mulailah untuk menjalankannya.

Printer HP Laserjet Pro MFP M479FDW

Printer multifungsi menjadi peralatan yang perlu kamu miliki dalam bisnis ini. Salah satu printer yang bisa kamu pilih yaitu HP Laserjet Pro MFP M479FDW. Printer ini memiliki 4 fungsi sekaligus yaitu cetak, scan, copy, dan fax. Fitur yang lengkap ini sangat cocok bagi bisnis digital printing yang kamu jalankan. Apa saja sih fitur-fitur keren dari printer ini?

Sumber gambar: hp.com

Kecepatan dan Resolusi Cetak

Kemampuan Printer multifungsi ini untuk mencetak dalam jumlah banyak dan waktu cepat tentunya sangat menunjang produktivitas bisnis. HP Laserjet Pro MFP M479FDW mampu mencetak hingga 28 ppm (pages per minute), baik hitam-putih maupun berwarna. Resolusi cetaknya juga memuaskan, yaitu hingga 600 x 600 dpi, Up to 38, 400 x 600 enhanced dpi.

Selain itu, printer ini dilengkapi dengan fitur Auto Duplex, yang memungkinkan mencetak dua sisi bersamaan secara otomatis. Kecepatan duplex-nya hingga 24 ipm (images per minute, di mana setiap sisi halaman dihitung sebagai 1 image). Nah, fitur keren ini bisa kamu manfaatkan untuk mencetak bolak-balik pada selembar kertas, misalnya mencetak daftar menu makanan untuk resto atau kafe.

Kemampuan All in One

HP Laserjet Pro MFP M479FDW merupakan printer laser all in one, yaitu dilengkapi fitur scan, copy, dan fax seperti yang sudah disebutkan sebelumnya. Untuk scan, ada dua tipe scanner yang dimiliki yaitu ADF (Auto Duplex Feeder) dan flatbed. Resolusi yang dihasilkan hingga 1200 x 1200 dpi, dan hasilnya bisa disimpan dalam format file PDF, JPG, TIFF.

Fitur copy yang dimiliki mampu menyalin maksimal hingga 999 halaman. Selain itu, bisa digunakan untuk memberbesar atau memperkecil ukuran salinan dengan rasio 25-400% dengan kecepatan salin hingga 27 cpm (cycle per minute). Sedangkan untuk fax, kecepatannya hingga 33.6 kbps atau perkiraan sekitar 3 detik untuk satu halaman. Memori fax yang dimiliki hingga 400 halaman.

Sistem Operasi dan Konektivitas

Sistem operasi yang kompatibel dengan HP LaserJet MFP M479FDW adalah Windows dan MacOS. Sedangkan, opsi konektivitas antara lain Hi-Speed USB 2.0 port, host USB at rear side, built-in Gigabit Ethernet 10/100/1000 Base-TX network port, Wireless 802.11b/g/n/2.4/5 Ghz Wi-Fi radio.

Sumber gambar : hp.com

Dengan mengetahui fitur-fitur keren yang dimiliki, kamu bisa memilih HP LaserJet MFP M479FDW ini untuk bisnis online-mu. Jika belum punya Printer multifungsi ini, kamu bisa mendapatkannya di Era Supplies Indonesia. Yuk, mulai bisnis online-mu!

21 thoughts on “Printer Multifungsi untuk Bisnis Online”

  1. Baru kemarin saya kepikiran memperbaiki printer HP saya yang rusak, Mas karena lama tidak kepakai. Tapi cuma buat cetak saja, dan belum multifungsi. Kalau ini sih keren, ya, tidak hanya membantu pekerjaan sendiri, tapi bisa sekali membuka peluang bisnis baru. Printer idaman nih.

  2. Cocok banget ini untuk di rumah apalagi ponakanku masih pada belajar daring. Biasanya guru minta tugasnya diprint dan dikumpulkan dalam bentuk scanned document. Jadi nggak perlu repot lagi bawa ke toko fotokopi minta di scan kan.

  3. Di tempat kerja daku juga pakai Printer HP Laserjet karena hasil cetaknya bagus, apalagi buat nge-print soal latihan biar nggak ngeblur hurufnya. Jadi printer andalan memang.

    1. Aku ya pakai printer HP sih. Emang awet dan pilihan speknya banyak. Yg ini mah kweren banget, laser jet & multifungsi…
      Hasil print-nya dijamin tajam kalo laser jet…

  4. eh wah keren nih printer multifungsi. printer merek HP Laserjet Pro MFP M479FDW memang bagus banget untuk kondisi bisnis online, Lumayan nih jadi rekomendasi untuk kerjaan

  5. Pas banget lagi butuh printer, Mas. Aku jualan buku dan kopi secara online. Nah di marketplace sekarang diterapkan pakai barcode otomatis yang ngelink ke ekspedisi. Kalau ga nempel barcode, bisa kena cas. Wah, rugi dong kalau dicas walau kecil kan. Mesti beli printer buat cetak barcode. Makasih infonya, Mas.

  6. Whuaahh printernya keceee, bener cocok bwt bisnis online, kebutuhan apa-apa ada.
    Di rumah printerku ternyata jarang kepakai, karena udah ada scanner di hape dan fotokopi juga jarang2 hehe.

  7. Selama ini taunya cuma printer muktifungsi yang bisa copy, print sama scan. Eh ini bisa buat fax juga. Mantap lah pokoknya.

    Tapi berapa ya harganya?

  8. Menghitung biaya bisnis ini penting banget termasuk pengeluaran untuk printer sebagai alat bantu dalam bekerja. Dulu di kantorku juga printer bisa sekalian buat fax, jadi multifungsi

  9. Printer HP Laserjet Pro MFP M479FDW ini tangguh yaa, bisa ngeprint sekaligus banyak dan dalam waktu yang cepat pula ya. Multifungsi lagi, cetak, scan, copy, dan fax. Noted

  10. Sampai sekarang masih memimpikan punya bisnis online trua kantor dari rumah dan printer ini menjadi salah satu inceran untuk mendukung bisnis tersebut. Hehe

  11. Wow multifungsi yah printernya. Cocok buat buka bisnis desain juga nih. Eh tapi merk hp ini ada juga kan ya printer buat personal user?

  12. Printer udah jadi barang wajib buat yang punya bisnis, aq selama ini klo ngeprint masih ke tukang foto kopi, ribet banget yak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *