Sehat

Rumah Sakit Premier Jatinegara Buka Drive Thru untuk Swab PCR Covid-19

Swab PCR RS Premier Jatinegara

Jumlah kasus Covid-19 masih terus mengalami kenaikan. Penyakit yang disebabkan oleh virus Corona hingga kini telah menyebar ke berbagai negara di dunia termasuk Indonesia, sejak diumumkan pertama kali terjadi di Wuhan pada akhir 2019 lalu. Hingga tanggal 25/4, total kasus di Indonesia mencapai 8.607, dengan 1.042 orang sembuh dan 720 orang meninggal dunia.

Provinsi DKI Jakarta memiliki jumlah kasus tertinggi, yaitu sebanya 3,746. Dari jumah tersebut, 357 orang dinyatakan meninggal dunia, 338 sembuh, dan sisanya masih berada dalam perawatan (1,952) dan isolasi mandiri (1,099).

Untuk menangani pandemi Covid-19 yang saat ini belum berakhir, perlu penanganan keterlibatan dari semua pihak.  Di bidang layanan kesehatan, RS Premier Jatinegara membuka layanan Drive Thru untuk Swab PCR Covid- 19. Masyarakat yang ingin memafaatkan layanan ini, bisa ke lokasi Drive Thru yang berada di area parkir baru di samping gedung RS Premier Jatinegara.

Baca juga: Tetap Bahagia di Masa Pandemi

Test untuk Mendeteksi Virus Corona

Untuk mendeteksi virus corona pada pasien di Indonesia, pemerintah menggunakan dua metode yakni rapid test dan swab tenggorokan. Keduanya adalah pemeriksaan yang berbeda. Rapid test corona bisa digunakan sebagai penyaringan awal. Namun, untuk mendiagnosis seseorang terinfeksi Covid-19 atau tidak, perlu melakukan pemeriksaan swab dengan Polymerase Chain Reaction (PCR).

Rapid Test

Rapid test dilakukan dengan cara mengambil sampel darah, bisa dari darah kapiler atau dari ujung jari. Rapid test memeriksa virus menggunakan antibodi IgG dan IgM yang ada di dalam sampe darah. Antibodi terbentuk di tubuh saat kita mengalami infeksi virus. Jadi, jika di tubuh terjadi infeksi virus, maka jumlah IgG dan IgM di tubuh akan bertambah.

Hasil rapid test dapat memperlihatkan adanya IgG atau IgM dalam darah. Jika ada, maka hasil rapid test dinyatakan positifi. Namun, hasil tersebut bukanlah diagnosis yang menggambarkan infeksi Covid-19. Orang dengan hasil rapid test positif dianjurkan menjalani pemeriksaan lanjutan, yaitu pemeriksaan swab tenggorokan atau hidung.

Rapid test hanya membutuhkan waktu 10-15 menit hingga hasil keluar. Hasil rapid test dapat menunjukkan hasil negatif palsu jika orang yang dites berada dalam window period infeksi. Sebab, saat belum menunjukkan gejala atau berada dalam periode inkubasi, IgG atau IgM belum dideteksi oleh rapid test. Karena itu, Orang Dalam Pemantauan ( ODP ) yang pernah melakukan kontak dengan orang yang terinfeksi harus menunggu 2 minggu hingga munculnya gejala sebelum melakukan rapid test. Tingkat sensitivitas rapid test dalam menguji virus hanya sekitar 70-90 persen

Swab Test atau Polymerase Chain Reaction (PCR)

Tes PCR atau tes swab dilakukan dengan mengambil sampel lendir dari hidung atau tenggorokan. Sampel tersebut akan diperiksa di laboratrium dengan menggunakan metode polymerase chain reaction atau PCR.

Hasil tes PCR memerlukan waktu lebih lama dari rapid test. Umumnya, metode PCR membutuhkan waktu beberapa jam hingga beberapa hari untuk menunjukkan hasil. Namun, hasil dapat keluar lebih lama apabila kapasitas laboratorium yang digunakan untuk memeriksa sampel sudah penuh.

Tahapan swab test dengan metode PCR:

– Tenaga kesehatan akan memasukkan alat yang berbentuk seperti cotton bud, dan menyapukan alat tersebut ke area belakang hidung pasien untuk mendapatkan cairan atau lendir.

– Alat swab dengan lendir pasien tersebut akan dimasukkan ke tabung khusus, dan selanjutnya dikirim ke laboratorium untuk diperiksa menggunakan teknik PCR.

– PCR intinya adalah mencocokkan DNA atau RNA yang dipunyai virus. DNA atau RNA yang ada pada sampel dari swab tadi akan direplikasi atau digandakan. DNA atau RNA dari sampel tersebut akan dicocokkan dengan susunan DNA dari SARS-COV2.

– Jika susunannya cocok, maka pasien positif terinfeksi Covid-19. Sebaliknya jika tidak cocok, maka negatif terinfeksi Covid-19.

Swab PCR di Rumah Sakit Premier Jatinegara

RS Premier Jatinegara membuka layanan Drive Thru untuk Swab PCR Covid- 19. Masyarakat yang ingin memafaatkan layanan ini, bisa ke lokasi Drive Thru yang berada di area parkir baru di samping gedung RS Premier Jatinegara.

Layanan ini diluncurkan, guna memenuhi kebutuhan masyarakat. Serta memberikan kemudahan serta rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan Swab Covid-19.

Pasien tidak perlu turun dari mobil

Saat melakukan swab PCR di RS Premier Jatinegara, pasien tidak perlu turun dari mobil. Tenaga kesehatan dengan APD lengkap akan mendatangi pasien di mobil yang sudah berada lokasi Drive Thru di area parkir baru di samping gedung RS Premier Jatinegara, kemudian mengambil sampel lender pasien. Setelahnya, pasien bisa langsung meninggalkan lokasi atau pulang.

Langkah ini tentunya memiliki banyak keuntungan. Selain praktis karena lebih menghemat waktu, juga menghindari terjadinya kontak antara pasien dengan orang lain yang memungkinkan terjadinya penyebaran virus Corona.

Melalui WhatsApp

Pemanfaatan teknologi digital juga dilakukan untuk melayani pasien yang hendak melakukan swab PCR di RS Premier Jatinegara. Pasien bisa melakukan komunikasi pendaftaran dan informasi melalui WA sehingga semua bisa terdokumentasi

Dengan penggunaan WhatsApp ini, semua aktivitas terkait swab PCR bisa dilakukan oleh pasien di mana saja. Jadi tidak perlu melalui panggilan telepon ke layanan pelanggan atau datang langsung ke rumah sakit.

Untuk informasi dan pendaftaran dapat dilakukan melalui WA di nomor 0822 1176 7690

Hasil tes dikirim melalui e-mail

Setelah pengambilan sampel lendir, pasien bisa langsung pulang. Jadi pasien tidak perlu membuang waktu untuk menunggu hasil swab PCR, mengingat PCR membutuhkan waktu beberapa jam hingga beberapa hari untuk menunjukkan hasil.

Pasien juga tidak perlu datang kembali ke rumah sakit untuk mengambil hasil test. Nantinya, hasil swab PCR Covid-19 akan dikirimkan ke alamat e-mail pasien.

Bonus free consultation voucher

Selain kemudahan-kemudahan yang telah disebutkan di atas, pasien juga akan mendapatkan bonus berupa free consultation voucher. Voucher ini bisa dipergunakan untuk konsultasi gratis ke dokter, yang dilakukan baik secara online maupun datang langsung ke dokter konsultasi.

Pasien bisa menanyakan apa saja saat konsultasi tersebut. Jadi, keluhannnya bisa apa saja dan tidak harus terkait dengan Covid-19.

Tentang Rumah Sakit Premier Jatinegara

RS Premier Jatinegara adalah sebuah rumah sakit swasta yang menjadi rujukan pelayanan kesehatan bagi dokter dan masyarakat yang membutuhkan. Beroperasi  sejak 25 Maret 1989, RS Premier Jatinegara merupakan salah satu rumah sakit swasta terkemuka di Jakarta Timur yang memiliki keunggulan termasuk didalamnya komitmen terhadap mutu, kemudahan akses, kualitas pelayanan,  kelengkapan spesialistik dan alat penunjang medis.

Cakupan layanan kesehatan yang diberikan oleh RS Premier Jatinegara  berbasis pada layanan Satu Atap dimana konsultasi dokter, pemeriksaan penunjang, tindakan operatif, layanan rawat inap hingga pasca rawat inap dapat dilakukan di RS Premier Jatinegara.

Sebagai bagian dari Ramsay Sime Darby Health Care, RS Premier Jatinegara senantiasa berupaya meningkatkan kualitas pelayanan disemua bidang secara berkesinambungan. Provision dari mutu layanan kesehatan yang dijalankan oleh RS Premier Jatinegara tidak terbatas pada tenaga medis tetapi pada seluruh lini layanan kesehatan dan pada seluruh lingkungan rumah sakit.

Komitmen terhadap peningkatan kualitas layanan ditunjukkan dengan keberhasilan RS Premier Jatinegara memperoleh berbagai sertifikasi dan penghargaan, diantaranya Akreditasi Internasional dari JCI (Joint Commision International), akreditasi Paripurna dari KARS, Sertifikasi HICMR dan Halal MUI.

RS Premier Jatinegara Raya No. 85-87, Jl. Jatinegara Timur, Bali Mester, Jatinegara, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta – Jatinegara, Jakarta Timur, Jakarta, Indonesia 13310

(Gambar utama, sumber: akun IG @rspremierjatinegara)

27 thoughts on “Rumah Sakit Premier Jatinegara Buka Drive Thru untuk Swab PCR Covid-19”

  1. Teringat cerita dari Salahsatu pasien ODP yg diminta karantina mandiri, dan juga cerita Salahsatu pasien positif corona mengatakan kalau proses nunggu hasil swab tuh lama, kadang bisa sampai berminggu juga ya mas. Ya karena emang lab nya penuh juga utk yg udah tes ya

    Jadi ini alternatif termudah supaya kita tahu apakah kita terkena paparan Wabah ini dengan swab test scra mudah banget

    TFS ya mas

  2. nah yang seperti ini nih tidak ada di daerah, bagaimana ya upaya agar tiap daerah minimal ada 1 yang seperti ini, agar mereka yang membutuhkan tidak berjubel

  3. Keren ini kl tes ini bs dilakukan di dlm mobil jd mengurangi kontak dgn yg lain. Paling penting tentu tdk menimbulkan kerumunan yg berpotensi menular ke yg lain

  4. Praktis dan memudahkan pasien banget nih Mas. Salut sama inovasinya, tanpa merepotkan pekerjaan sehari-hari. Hasil bisa diketahui lewat email, semakin kreatif dan efektif. Semoga aja wabahnya cepat berlalu dan kehidupan normal kembali ya.

  5. Jadi ingat makanan cepat saji ya kalau denger nama drive thru. Tapi dengan adanya layanan ini bagus juga lho. Otomatis kan yang mau periksa bisa tetap di mobil gitu kan ya, sehingga bisa meminimalisir risiko tertular juga dari pasien yang kebetulan periksa di RS.

  6. Bagus banget konsepnya yang drive thru sehingga bisa meminimalkan terjadinya kontak. Ohya, apa layanan ini sudah ada di seluruh Indonesia atau masih terbatas di Jakarta saja?

  7. dengan begini, pasien tidak perlu untuk bertemu dengan pasien lainnya. Jadi pemularan penyakit silang tidak terjadi
    Ini juga memudahkan petugas, dan hasil juga aman karena dikirim via email. Tak perlu repot harus ke RS lagi. semua bisa dilakukan hanya dirumah saja

  8. Jadi ada ya layanan drive thru gini, jadi lebih cepat juga mungkin ya pengambilan test nya. Dan memang lebih aman jadi ga kontak langsung dengan pasien lain.

  9. Swab memang lebih akurat ya. Tetapi perlu usaha dan waktu lebih dari test kit. Bisa ke RS ini ya kalo mau swab test Covid-19.

  10. Keren juga ya mbak RS Premier ini bisa lakukan Drive Thru untuk Swab Covid 19. Wah kalau pelayanan gini kan bagus sekali untuk memutus rantai Covid.

  11. Konsep dan inovasi keren nih, sebelumnya cuma bisa mengagumi lewat layar TV ada drive thru test covid, eh alhamdulilah sekarang ada. Semoga lancar semua dan tenaga kesehatan juga sehat terus. Aamiin

  12. Inovasi yang sesuai banget dengan seruan social distancing ini ya. Proses pengambilan sample lebih cepat dan hasilnya juga dikirim melalui email. Semoga rumah sakit lain ada yang terinspirasi juga dari layanan drive tru RS Premier Jatinegara ini.

  13. Perlu dimasifkan ini, dan apa layanan ini gratis? Sepertinya baru di kota besar saja ya. Moga2 bisa tersebar adil n merata.

  14. Pernah lirik juga di berita tentang negara Israel yang menerapkan swab tes ini secara drive thru, dan ternyata di Indonesia pun ada RS Premier yang turut melakukan hal serupa untuk mempercepat dan mencegah kontak tatap muka tenaga medis dengan pasien.

  15. swab test drive thru ini sangat praktis ya. di tempatku masih belum ada layanan seperti ini. Jadi orang yang mau melakukan tes agak ragu, takutnya malah tertular atau menularkan kepada orang lain. Seharusnya model drive thru ini bisa lebih masif ada di berbagai tempat.
    Bagus lagi kalau pemerintah yang bikin ya, supaya biayanya bisa gratis.

  16. RS Premiere ini jeli melihat peluang ya..
    Saat seperti ini orang butuh tes swab, tetapi juga memilih yg aman..
    Pas banget tes swab dgn drive thru sperti ini

  17. Waah keren ya. Sekarang udah ada RS yang bikin pelayanan pemeriksaan lewat Drive Thru di area parkir aja. Pasien juga tidak perlu turun dari mobil lagi. Kalau boleh tau, ini gratis ada ada biayanya Kak?

  18. Syukur jadi memudahkan sekali ya kak serta lebih efisien dan terhindar dari kontak secara dekat. Tes swab ini biayanya berapa sih kak atau ditanggung?

  19. Alhamdulillah layanan tes Covid-19 ini makin mudah sehingga tidak menimbulkan kekhawatiran berlebih ketika harus mengunjungi rumah sakit. Semoga biayanya juga terjangkau untuk masyarakat kita pada umumnya.

  20. Konsep layanannya bagus banget ini, Mas. Semoga di daerah juga bisa, ya. Oh ya, untuk tes ini dikenakan biaya nggak, yaa? Semoga biayanya terjangku sehingga makin banyak masyarakat yang bisa melakukan tes. Pernah liat tayangan di teve Korea, masyarakatnya bisa tes gratis, dibiayai pemerintah.

  21. Kuy ah. Atur jadwal…untuk melakukan pemeriksaan dini penyakit ini..secara dekat dari kediaman juga… dan ga harus turun masuk ke rumah sakit sich…

  22. Semoga dibanyak daerah lain rumah sakitnya bisa mengembangkan jalur tes ini juga. Karena kalau drive thru, kontak benar-benar minimal hanya ketika pemeriksaan saja ke satu petugas. Kalau harus pemeriksaan ke rumah sakit, ada banyak sekali petugas yang bisa terpapar mulai dari staf administrasi sampai perawat dan dokter

  23. wah fasilitas dan layanan yang diberikan oleh rumah sakit premier jatinegara untuk test deteksi corona sangat lengkap ya, ada beberapa pilihan tes juga. Semoga rumah sakit lainnya juga bisa seperti ini nantinya.

  24. Andai aja disini juga ada tes swap pasti lebih baik lgi dlm mencegah Covid, skrg kasus makin meningkat bahkan di kampung mertuaku sdh ad yg positif

  25. Semoga banyak rumah sakit lain yang memberikan layanan seperti ini, sebagai antisipasi juga dan memudahkan buat yang ingin melakukan test swab

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *