Ekonomi

Tips Sukses Bisnis Online dengan Digital Branding

tips sukses bisnis online dengan digital branding

Perkembangan internet yang begitu pesat telah memberikan peluang secara ekonomi, antara lain munculnya banyak bisnis online. Dengan memanfaatkan internet, bisnis online mampu menjangkau pasar yang luas. Bahkan, tidak sedikit pelanggan dari luar negeri pun bisa dijangkau oleh sebuah bisnis.

Dengan besarnya peluang yang bisa diperoleh tersebut, bisnis online perlu dikelola dengan baik. Hal ini diperlukan agar bisnis bisa sukses dalam persaingan yang begitu ketat. Salah satu cara untuk meraih sukses bisnis online ialah dengan digital branding.

Mengenal Digital Branding

Branding bisa didefinisikan sebagai suatu kegiatan yang dilakukan untuk menciptakan nilai atau value dari suatu produk, baik berupa barang maupun jasa. Branding merupakan langkah awal yang harus dilakukan oleh perusahaan agar merek dagangnya bisa dikenal masyarakat luas.

Beragam media bisa dipergunakan oleh perusahaan untuk melakukan branding tersebut, misalnya melalui intenet. Branding yang dilakukan melalui media internet inilah yang disebut dengan digital branding. Karena sebagian besar masyarakat saat ini banyak menghabiskan waktunya dengan berinternet, maka branding secara digital ini sangat tepat dilakukan dalam menjalankan bisnis online.

Cara-cara Menjalankan Digital Branding

Kalian yang sedang memulai bisnis online dan masih bingung bagaimana cara memulai digital branding, berikut beberapa hal yang dapat kalian lakukan.

  1. Menentukan Logo

Logo menjadi identitas bagi sebuah bisnis sehingga bisa dibedakan dengan bisnis kompetitor lain. Melalui logo, masyarakat akan mengingat bisnis yang kalian jalankan. Untuk itulah sebuah logo perlu dipersiapkan dengan matang agar masyarakat mudah untuk mengingatnya.

Logo ini yang selanjutnya akan kalian tempatkan atau tempelkan pada produk dan kemasan. Selain itu, logo tersebut juga ditempatkan pada website, media sosial, e-mail, dan kanal promosi online yang lain.

Dalam membuat desain logo untuk bisnis, ada beberapa hal yang perlu kalian perhatikan. Antara lain:

  • Menarik dan mudah diingat oleh target market
  • Berbeda dari para pesaing
  • Bersifat abadi atau lama berubah
  • Mudah diaplikasikan pada media yang akan dipakai pada kemasan

Untuk membuat logo yang baik memang memerlukan keahlian khusus di bidang desain. Jika kalian tidak menguasai keahlian tersebut, pergunakanlah jasa desain logo yang terpercaya.  Dengan menggunakan jasa profesional tersebut, kalian bisa menghemat waktu dan tenaga serta bisa lebih memfokuskan diri pada hal penting lainnya.

Selain pada produk, logo juga perlu ditempatkan pada kemasan. Logo haruslah didesain sedemikian rupa sehingga bisa dicetak dalam berbagai jenis dan ukuran kemasan yang dipergunakan. Kemasan tersebut bisa terbuat dari kertas, karton, plastik, aluminium foil, dan sebagainya.

Sama seperti desain logo, maka desain kemasan juga penting diperhatikan. Kalian bisa memanfaatkan jasa desain kemasan profesional untuk membuat kemasan yang baik. Tidak hanya menjadi identitas produk dan memublikasikan merek, kemasan yang baik juga akan melindungi produk dan memberikan kemudahan selama proses pengangkutan.

2. Membuat Website Bisnis

Website ibarat rumah bagi sebuah bisnis yang akan memberikan segala informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan. Saat orang mencoba mencari informasi tentang produk atau bisnis kalian, mereka akan melakukan pencarian di internet. Mereka akan lebih percaya pada kredibilitas bisnis yang sudah memiliki website daripada bisnis tanpa website.

Untuk itulah website bisnis perlu dipersiapkan dengan bak. Tampilannya yang menarik, enak dilihat, dan user friendly perlu dimiliki oleh sebuah website. Selain itu, informasi yang ada di dalamnya valid dan update, sehingga mampu menjawab keingintahuan pengunjung website kalian.

3. Membuat Media Sosial

Bisa dikatakan sebagian besar masyarakat khususnya anak muda memiliki media sosial dalam berinteraksi dan berkomunikasi sehari-hari. Untuk itulah kalian juga perlu memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Instagram, Youtube, Tiktok dan lainnya sebagai sarana branding.

Setiap platform media sosial mempunya karakter masing-masing. Karena itu, kalian perlu menyesuaikan pesan bisnis dengan keunggulan masing-masing media tersebut. Tujuannya agar impresi dari audiens yang diperoleh bisa maksimal.

4. Memanfaatkan Fitur Ads

Sebagian besar jejaring sosial saat ini memiliki fitur ads atau iklan di dalamnya. Kalian bisa memanfaatkan fitur tersebut sebagai media branding secara digital. Biaya yang dipergunakan juga bisa disesuaikan dengan budget yang dimiliki.

Nah, itulah beberapa hal mengenai digital branding yang perlu kalian ketahui. Semoga bermanfaat untuk kesuksesan bisnis online yang kalian jalankan.

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *