Terowongan Kendal dengan instalasi mural 3D, tempat wisata gratis di Jakarta
Destinasi

Cari Tempat Wisata Gratis di Jakarta? Yuk, Kunjungi Instalasi Mural 3D di Terowongan Kendal!

[ A+ ] /[ A- ]

Sejumlah destinasi wisata menarik bisa dijumpai di Jakarta. Beberapa di antaranya bahkan tidak dikenakan biaya masuk, alias gratis. Salah satu tempat wisata gratis di Jakarta yaitu Terowongan Kendal yang saat ini semakin cantik dengan hadirnya instalasi mural 3D.

Yuk, ketahui lebih lanjut mengenai instalasi kreatif mural 3D di Terowongan Kendal tersebut! Juga, beberapa tempat wisata lain yang lokasinya saling berdekatan dan mudah dijangkau. Semuanya bisa dinikmati secara gratis.

Instalasi Mural 3D Artistik di Terowongan Kendal

Terowongan Kendal berada di Jalan Kendal, Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Terowongan ini merupakan area pedestrian yang menghubungkan Stasiun Sudirman, Stasiun MRT Dukuh Atas, dan Stasiun BNI City. Jadi, lokasinya sangat strategis dan aksesnya begitu mudah.

Terowongan ini menjadi salah satu area pedestrian yang estetis di Jakarta. Tak heran jika tempat ini ramai dikunjungi banyak orang, terutama pada akhir pekan dan hari libur. Tak sekadar nongkrong, mereka juga melakukan beragam aktivitas lain. Mulai dari membuat konten, adu outfit menarik, hingga bermain skateboard.

Lampu hias beraneka warna serta mural artistik yang terlukis di kedua sisi dindingnya, membuat Terowongan Kendal cocok untuk spot foto. Terkini, instalasi kreatif mural 3D menghiasi Terowongan Kendal ini.

Pengunjung bisa menikmati karya seni yang keren ini dari tanggal 7 Januari 2023 hingga satu bulan ke depan. Tema yang diangkat yaitu series “The Last of Us” yang diproduksi HBO. Series ini akan ditayangkan pada 16 Januari 2023. Instalasi ini mengakomodasi tren warga Jakarta sebagai kota global. Juga, sebagai wujud koneksi antara audiens Indonesia dengan industri kreatif global.

Desain mural 3D tersebut membawa pesan kepada masyarakat untuk menemukan ‘cahaya’ atau penyemangat dalam menyongsong tahun 2023. Hal ini sejalan dengan tagline “When You’re Lost in The Darkness, Look for The Light”.

Sumber foto: JXBoard

Instalasi kreatif mural 3D di Terowongan Kendal merupakan upaya nyata yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi DKI Jakarta dan Jakarta Experience Board untuk menghadirkan aktivasi ruang publik.

Aktivasi ruang publik ini menciptakan ruang kota yang bersahabat bagi para pelaku kreatif. Di mana, mereka dilibatkan dalam seluruh proses pembuatan mural 3D di Terowongan Kendal.

Direktur Utama JXB Novita Dewi mengungkapkan bahwa kolaborasi Pemprov DKI Jakarta bersama HBO ini diharapkan dapat memberikan pengalaman menarik di awal tahun 2023. Juga, memberikan ruang bagi para seniman untuk mengekspresikan karyanya sekaligus menjadi pemantik bagi perkembangan industri kreatif di Jakarta.

Tempat Wisata Gratis di Jakarta yang Lainnya

Selain Terowongan Kendal yang estetis, ada beberapa tempat wisata gratis lainnya yang tak kalah menariknya untuk dikunjungi. Lokasinya cukup berdekatan, di sekitar Jalan Sudirman dan Jalan Thamrin.

Sarinah

Sarinah merupakan mal pertama di Indonesia. Pusat perbelanjaan yang ikonik ini berada di Jalan Thamrin, serta diresmikan pada tahun 1966 oleh Presiden Soekarno, presiden pertama Republik Indonesia.

Sarinah mengalami renovasi besar-besaran di tahun 2020 lalu, dan dibuka kembali pada bulan Maret 2022. Penampilannya menjadi semakin indah dengan layar LED raksasa di bagian depan mal. Selain itu juga ada berbagai spot foto instagramable, seperti tangga amphitheatre berwarna keabu-abuan.

Di dalam bangunan mal, pengunjung bisa melihat eskalator pertama di Indonesia. Bentuknya ramping, satu anak tangganya hanya bisa digunakan oleh satu orang saja. Tak jauh dari eskalator, terdapat dinding dengan relief artistik yang menggambarkan kehidupan masyarakat agraris di tanah air.

Di mal Sarinah ini banyak stand yang menjual produk khas Indonesia, seperti kain tenun dan batik. Bagi yang ingin makan, jangan khawatir. Ada beragam penjual makanan, mulai dari jajanan tradisional Indonesia hingga kuliner internasional.

Halte Transjakarta Tosari

Halte Transjakarta Tosari berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman. Halte ini sebelumnya memiliki 1 lantai, yang kemudian pada tahun 2022 lalu direvitalisasi menjadi 2 lantai. Ada sebuah anjungan yang berada di lantai 2 yang mengarah ke Patung Selamat Datang di Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Anjungan ini bentuknya mirip kapal pesiar. Dari anjungan di lantai 2 Halte Tosari, pengunjung bisa menikmati pemandangan Patung Selamat Datang dan air mancur Bundaran HI, yang dilatarbelakangi oleh gedung-gedung pencakar langit di jantung kota Jakarta.

JPO Phinisi Sudirman

Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) Phinisi berlokasi di Karet Sudirman. Jembatan ini tidak hanya diperuntukkan untuk penyeberangan orang biasa, tetapi juga untuk sepeda dan para penyeberang berkebutuhan khusus.

Salah satu spot menarik di JPO ini yaitu sebuah anjungan menyerupai sebuah kapal seakan berada di tengah-tengah Jalan Jenderal Sudirman. Pengunjung bisa berfoto dengan latar gedung-gedung, jalan raya, dan langit Jakarta.

Hutan Kota GBK

Tempat wisata gratis di Jakarta berikutnya yaitu Hutan Kota di Kompleks Gelora Bung Karno, Senayan. Tepatnya berada satu area dengan restoran Hutan Kota by Plataran.

Di Hutan Kota GBK ini, pengunjung bisa melakukan beragam aktivitas di lahan hijau seluas 4 hektar dengan latar belakang gedung pencakar langit di Jalan Sudirman. Mulai dari jogging, duduk santai di atas rumput, hingga melakukan me time seperti membaca buku atau mendengarkan musik.

Fasilitas yang ada di Hutan Kota GBK cukup lengkap. Seperti jogging track, area kolam ikan, bangku taman, toilet, serta ruang ganti. Selain itu pengunjung bisa mencicipi beberapa makanan yang dijajakan di foodcourt terdekat.

Itulah beberapa tempat wisata gratis di Jakarta yang bisa dikunjungi. Lokasinya mudah dijangkau, berada di sekitar Jalan Sudirman dan Thamrin. Yuk, berwisata agar pikiran menjadi segar sehingga produktivitas meningkat!

Bagikan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *