tips menggunakan aplikasi HR
Sains & Tekno

7 Tips Sebelum Menggunakan Aplikasi untuk Bantu Kerja HR

Pekerjaan HRD semakin hari kian beragam dan menghadapi banyak tantangan. Di satu sisi HRD harus memaksimalkan manajemen SDM namun di sisi lain HRD juga harus berurusan dengan pekerjaan administrasi yang memakan waktu lama karena banyaknya komponen dari tiap karyawan. Menggunakan aplikasi merupakan salah satu alternatif yang dinilai ampuh untuk menuntaskan pekerjaan HRD lebih cepat dan tepat.

Adapun yang dapat HR aplikasi lakukan cukup beragam, mulai dari otomatisasi penggajian, rekrutmen, perencanaan suksesi karyawan, penilaian kinerja, dan sebagainya. Keberadaan aplikasi dapat membuat pengerjaan berbagai tugas administrasi tersebut lebih efisien serta tidak membutuhkan banyak dokumen fisik.

Namun, tidak semua perusahaan paham benar bagaimana cara memilih HR aplikasi. Padahal kondisi dan kebutuhan dari tiap perusahaan pasti berbeda dan tidak bisa disamakan.

Jadi, apa yang perlu perusahaan lakukan sebelum menggunakan aplikasi? Berikut beberapa tipsnya untuk Anda!

Pahami Kebutuhan Perusahaan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tiap perusahaan memiliki kondisi yang berbeda. Ada perusahaan yang mengalami masalah di rekrutmen, penggajian, dan lain-lain. Ada pula perusahaan yang mempunyai masalah hanya di satu aspek saja.

Oleh karena itu, Anda harus paham dulu kondisi perusahaan seperti apa, barulah Anda dapat memahami kebutuhan untuk menyelesaikan atau mengatasi kondisi tersebut. Anda dapat berkonsultasi dengan pihak vendor pengembang aplikasi untuk mencari tahu lebih detail modul atau sistem seperti apa yang dibutuhkan berdasarkan kebutuhan Anda.

Pastikan Budget Sesuai

Urusan anggaran atau budget juga tidak kalah penting. Jangan terlalu memaksakan untuk membeli atau menyewa sebuah aplikasi yang tidak sesuai dengan budget perusahaan. Bukan malah akan mempermudah, hal itu justru akan menyulitkan perusahaan untuk bekerja lebih efisien.

Cari Tahu Biaya Tambahan Selain Berlangganan

Sebelumnya sudah disebutkan mengenai menyesuaikan budget dengan harga yang ditawarkan oleh vendor. Akan tetapi, pastikan juga bahwa apakah perusahaan Anda diharuskan membayar biaya tambahan lagi seperti biaya maintenance dan lainnya. Jangan sampai di tengah berlangganan Anda akan ditagih biaya tambahan yang tidak Anda ketahui sebelumnya.

Jangan Terkecoh Harga Murah!

Meskipun perusahaan harus mempertimbangkan budget yang dimiliki dengan penawaran dari vendor, jangan pula tergiur dengan harga murah begitu saja. Sebab banyak vendor yang berlomba-lomba menawarkan harga murah kepada perusahaan. Tetapi setelah digunakan, aplikasi tersebut memiliki banyak kendala baik sebelum dan sesudah implementasi.

Baca Juga: Contoh Surat Pengalaman Kerja yang Benar

Gali Testimoni Client Sebelumnya

Ada baiknya juga perusahaan Anda mencari tahu testimoni dari para client yang menggunakan vendor sebelumnya untuk informasi yang lebih valid. Dengan begitu Anda akan lebih yakin untuk memilih vendor tersebut. Sebab memilih vendor aplikasi HR yang mempunyai reputasi bagus tentu lebih baik dibandingkan memilih yang belum mempunyai reputasi atau bahkan memiliki reputasi buruk.

Pilih yang Menjamin Keamanan dan Kerahasiaan

Isu mengenai keamanan dan kerahasiaan data sudah menjadi hal yang diperbincangkan banyak orang di tengah maraknya pencurian atau penyalahgunaan data dan informasi. Data karyawan yang sifatnya konfidensial tentu harus dilindungi dengan sedemikian mungkin.

Penting bagi perusahaan untuk memilih vendor yang benar-benar menjamin keamanan dan kerahasiaan data. JIka sampai terjadi manipulasi atau pencurian data, yang dirugikan lagi-lagi adalah pihak perusahaan, bukan?

Pelajari Fungsi dan Kelengkapan Fitur

Hal penting lain yang perlu dicari tahu dan dipahami oleh perusahaan sebelum menggunakan aplikasi adalah memahami fitur dan kelengkapannya terlebih dahulu. Berbagai fitur yang ada jangan sampai malah menyulitkan pihak perusahaan. Begitu juga dengan kelengkapan fitur yang akan membantu perusahaan untuk menyelesaikan pekerjaan.

Anda bisa mengajukan demo atau uji coba terlebih dahulu kepada pihak vendor sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi HR.

Bagaimana? Apakah Anda sudah terbayang untuk memilih aplikasi seperti apa? Banyak vendor yang menawarkan jasa pengembangan HR aplikasi di luar sana. Contohnya adalah LinovHR yang dikenal dengan jaminan keamanan dan kerahasiaan data.

Beberapa tips di atas dapat Anda lakukan sebelum menggunakan aplikasi HR. Semoga ulasan singkat ini dapat membantu Anda untuk mencari aplikasi HR untuk perusahaan Anda!

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published.