Ekonomi

5 Tips Sukses Bisnis Online dari Nol

tips sukses bisnis online

Berbisnis online terdengar mudah, bukan? Akan tetapi, kenyataannya bisa bertolak belakang, lho! Tak sedikit masyarakat telah mencoba mengadu nasib lewat bisnis online. Namun, hanya sedikit sekali bisa membuat usahanya itu berkelanjutan. Kebanyakan gulung tikar dalam waktu singkat, bahkan ada yang sampai boncos.

Nah, buat kamu yang pemula, ada baiknya membaca dulu tips sukses bisnis online di bawah ini biar tak mengalami nasib serupa ya.

1. Susun Business Plan

Meski skala usaha online yang hendak kamu bangun terbilang kecil, tak ada salahnya kamu menyusun business plan dulu. Business plan berguna sebagai petunjuk arah untuk bisnis kamu, agar tepat sasaran, terukur, dan menghindari diri dari kegagalan.

Salah satu metode paling populer dalam merancang business plan adalah dengan menggunakan Business Model Canvas (BMC). Metode ini membantu kamu memvisualisasikan ide, konsep bisnis, target dan cara mencapai target secara terstruktur.

Pada dasarnya, metode BMC ini terbagi menjadi 9 elemen bisnis sebagai berikut:

  • Customer segment: Siapa target konsumen? Seperti apa karakteristiknya? Berapa usia, jenis kelamin, dan apa masalah yang sedang dihadapi? Apa yang mereka harapkan?
  • Value proposition: Solusi apa yang bisnis kamu tawarkan demi memecahkan masalah target konsumen tadi? Apa bedanya dengan bisnis serupa lainnya? Apa yang bisa membuat target konsumen yakin dan tertarik beli produk kamu?
  • Channel: Bagaimana caranya solusi yang kamu tawarkan itu sampai ke masyarakat/ target konsumen?
  • Customer relationship: Bagaimana caranya kamu berinteraksi dengan target konsumen?
  • Revenue streams: Bagaimana caranya bisnis kamu ini menghasilkan uang/profit?
  • Key activities: Apa saja kegiatan utama dari bisnis tersebut?
  • Key resources: Apa saja sumber daya yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis tersebut?
  • Key partners: Siapa saja partner yang bisa mendukung kelancaran bisnis tersebut?
  • Cost structure: Apa saja faktor-faktor yang membentuk biaya pengeluaran untuk menjalankan bisnis tersebut?

Sebelum lanjut ke tips selanjutnya, coba yuk tentukan dulu 9 elemen BMC di atas.

2. Analisis Kompetitor

Langkah penting lainnya yang tak boleh dilupakan adalah menganalisis kompetitor bisnis kamu! Cari tahu strategi yang mereka pakai hingga membuat bisnisnya laris. Cari tahu pula kekurangan mereka. Tiru strategi mereka dan hadirkan hal-hal yang tidak dimiliki kompetitormu.

Analisa kompetitor bisa dimulai dari riset website-nya, media sosial-nya, maupun toko online-nya di e-commerce. Perhatikan pula kolom komentar di semua platform mereka. Catat, hal-hal apa saja yang disukai pelanggan dari produk atau jasa kompetitor, maupun hal-hal yang membuat konsumen kecewa.

3. Buat Website dan Memaksimalkan Media Sosial

Setelah menyusun business plan dan menganalisa kompetitor, saatnya susun strategi pemasaran yang matang. Kendaraan pemasaran di dunia bisnis online yang wajib dimiliki saat ini adalah website. Website ibarat toko online dari bisnis kamu. Tanpa website, kredibilitas bisnis kamu bakal diragukan pelanggan.

Selain website, kamu juga wajib memaksimalkan pemasaran di seluruh media sosial yang ada. Mulai dari Facebook, Instagram, hingga TikTok. Bila ingin menarik lebih banyak pelanggan baru, bisa dengan memasang Ads berbayar lewat media sosial tersebut.

Namun, perlu diingat, selain bergantung pada iklan berbayar, kamu juga wajib menguatkan brand awareness-mu di setiap media sosial tadi. Hadirkan konten-konten secara rutin, menarik dan punya tema yang ‘Bisnis kamu Banget’ di sana.

Buatlah pelanggan baru mau mengikuti akun medsos kamu, lalu tertarik membeli produkmu dan menjadi pelanggan tetap.

4. Berjualan di Marketplace

Selain berjualan lewat website sendiri, kamu juga perlu menjual produk di marketplace. Sebagaimana diketahui, sebagian masyarakat kini bila hendak mencari barang biasanya langsung membuka aplikasi marketplace di HP-nya. Faktor ini patut diperhitungkan sebagai peluang.

Ada beberapa marketplace yang bisa kamu pilih untuk berjualan online di antaranya Shopee, Tokopedia, Bukalapak, Blibli, dan lain sebagainya. kamu bisa pilih salah satu marketplace yang paling nyaman buat jualan atau jualan di semua marketplace yang ada juga dipersilahkan.

5. Pakai Aplikasi Pengelola Keuangan

Terakhir yang tak kalah penting adalah soal mengelola keuangan. Besar-kecilnya bisnis perlu pengelolaan keuangan yang baik. Di zaman serba digital seperti sekarang ini sudah banyak sekali aplikasi pengelola keuangan, aplikasi transfer uang, dan lain aplikasi sejenis lainnya tersedia di App Store atau Play Store.

Tujuannya agar keuangan bisnismu bisa dipantau secara transparan, juga untuk menghemat waktu dan energi. Salah satu aplikasi pengelola keuangan yang bisa kamu pilih adalah Spenmo. Aplikasi satu ini mampu membantumu mencatat segala macam transaksi, menyimpan invoice pembayaran, hingga melakukan konsolidasi akun bisnis kamu ke akun bank secara otomatis.

Spenmo Indonesia juga bisa diintegrasikan dengan software akuntansi kamu, sehingga setiap aktivitas pembayaran bisnismu bisa langsung dicatat di pembukuan perusahaan secara real time.

Itulah 5 tips sukses bisnis online dari nol yang bisa kamu coba. Semoga berhasil ya!

Share this:

1 thought on “5 Tips Sukses Bisnis Online dari Nol”

  1. TD aku iseng coba buka aplikasinya, Krn kebetulan aku punya usah sampingan kecil2an. Aku pengen tahu aja lebih enak aplikasi yg aku pake skr, ATO spenmo ini. Tapi kenapa ga bisa daftar Yaa? Pilihannya langsung log in. Jadi pas aku masukin email/no hp, langsung di reject Krn user not found. Tapi bener ga Nemu button utk register. Atau hrs pake laptop?

    Sbnrnya poin di atas, juga berlaku buat usaha non online juga. Krn mau online atau tidak, kita tetep perlu melakukan business plan, dan tahu ttg kompetitor kita, supaya bisa antisipasi untuk menyusun strategi :D.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *