Tekno

Siap Masuk Dunia Kerja dengan Aplikasi Siap Kerja QuBisa

memulai karir lebih percaya diri bersama aplikasi belajar online aplikasi siap kerja QuBisa

Usai lulus kuliah, kita akan dihadapkan pada fase berikutnya yaitu dunia kerja. Sebagian besar kita akan mengirimkan lamaran kepada perusahaan, dibandingkan dengan memulai usaha sendiri. Tentunya ada hal-hal yang perlu dipersiapkan agar kita bisa memulai karir lebih percaya diri.

Bagi seorang fresh graduate yang belum punya pengalaman bekerja, ijazah dan transkrip nilai menjadi modal utama. Namun selain nilai akademis tersebut, skill lainnya juga perlu dikuasai pula. Saat ini, teknologi digital tidak hanya menyediakan hiburan belaka, tetapi juga mampu menunjukkan cara belajar efektif bagi kita.

Ada satu platform atau aplikasi yang bisa digunakan untuk mempelajari bermacam skill tersebut, agar kita siap memasuki dunia kerja. Aplikasi siap kerja tersebut yaitu QuBisa.

Qubisa merupakan aplikasi belajar online yang memiliki tujuan meningkatkan keterampilan diri dan digital, tidak hanya untuk mahasiswa tetapi juga untuk profesional dan umum. Jadi, kita bisa upskilling dan reskilling dengan menggunakan aplikasi ini. Jenis pembelajarannya berupa kursus, webinar dan microlearning baik secara gratis maupun berbayar.

Salah satu kursus online gratis yang saya ikuti yaitu tentang personal branding dengan pemateri Bayu Setiaji, seorang senior consulant for human resources management and engineering. Materi yang disampaikan bisa kita ikuti dalam bentuk tulisan (PDF) dan video yang mudah dimengerti sehingga belajar gak ribet.

Cara Meningkatkan Personal Branding

Saat kita mengirimkan lamaran kerja, perusahaan akan menerima puluhan atau bahkan ratusan CV (curriculum vitae) milik kita dan kandidat lain. Seleksi awal dilakukan, dan perusahaan akan memanggil beberapa kandidat yang memenuhi syarat untuk mengikuti tahap interview.

Interviewer tentunya jenuh jika mendapatkan interviewee yang hampir sama. Untuk bisa memenangkan kompetisi secara sehat di tahap ini, kita perlu memiliki sesuatu yang outstanding. Kita perlu meningkatkan kemampuan yaitu dengan pencitraan pribadi atau yang dikenal dengan istilah personal branding untuk menampilkan nilai jual diri kita.

Personal branding (pencitraan pribadi) didefinisikan sebagai bagaimana cara kita mengatur persepsi orang lain terhadap kita. Kita memberitahu mereka apa yang kita yakini. Atau dengan kata lain bagaimana orang lain mengetahui hal-hal positif dan mampu membuat kita berhasil, sehingga mampu membuat orang lain yakin bahwa kita adalah kandidat yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.

Disadari atau tidak, faktanya kita memiliki brand kita masing-masing. Setiap orang punya pengalaman hidup, sudut pandang dan tindakan. Cara melihat serta berperilaku kita yang berulang-ulang menjadi kebiasaan inilah yang dilihat oleh orang lain mengenai kita. Hal ini yang menjadi brand kita.

Sebagai contoh yaitu Steve Jobs. Jika kita melihat gaya penampilannya dari tahun ke tahun, CEO Apple ini berulang kali mengenakan pakaian yang hampir sama yakni dengan gaya kasual berupa baju gelap dan celana blue jeans. Jika ditanya mengenai Steve Jobs, maka kita menjawab dia adalah seorang yang visioner, inovatif, dan brilian. Ini merupakan salah satu branding dari Steve Jobs. Lantas, apa yang terlintas di pikiran orang lain saat menyebut nama kita?

Untuk melakukan personal branding, kita perlu memetakan diri kita terlebih dahulu. Kita bisa mengajukan 5 kelebihan dan 5 kekurangan yang bisa menjadikan kita berhasil dan gagal. Pemetaan ini bisa menggali dan mengeluarkan potensi yang ada pada kita.

Ada Teori “Johari Window” yang menjelaskan bagaimana hubungan kita dengan orang lain yang digambarkan sebagai sebuah jendela atau kuadran. Ada 4 kuadran dalam teori ini yaitu:
1. Area terbuka: informasi yang kita dan orang lain tahu.
2. Area buta: informasi yang kita tidak tahu tetapi orang lain tahu.
3. Area tertutup: informasi yang kita tahu tetapi orang lain tidak tahu.
4. Area gelap: informasi yang kita dan orang lain tidak tahu.

Dari keempat kuadran di atas, harapannya kuadran pertama (area terbuka) yang perlu dipetakan lebih besar dari pada kuadran yang lain. Dengan area terbuka yang lebih besar, kita bisa tahu masukan dari orang lain mengenai kekurangan kita. Juga, kita bisa berbagi kepada orang lain apa yang kita rasakan sehingga mereka bisa berargumentasi atau berdiskusi dengan kita.

Memperluas area terbuka bisa membangun hubungan kita dengan orang lain menjadi lebih baik. Orang lain bisa lebih jauh memahami kita, juga sebaliknya kita bisa lebih jauh memahami orang lain.

Tips meluaskan area terbuka yaitu lebih banyak mendengar, mau mendengarkan masukan orang lain, selalu berfikir positif atas masukan orang lain, mengakui kekurangan dan memperbaikinya, meningkatkan rasa percaya diri, membangun hubungan dengan banyak tipe orang, serta menyesuaikan dengan gaya dan tipe masing-masing orang.

Dengan area terbuka tersebut semakin lebar, kita tahu apa yang harus kita perbaiki dan pertahankan. Ini akan kita bentuk melalui perilaku yang berulang. Hal-hal positif yang kita yakini dan lakukan akan dilihat oleh orang lain. Hal tersebut akan menjadi brand diri kita.

Untuk menciptakan brand, hal yang perlu kita lakukan yaitu:
– Miliki tujuan (purpose) yang akan dicapai.
– Nilai-nilai (value) apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan.
– Sikap (attitude) untuk mengimplementasikan nilai.
– Hasrat (passion) untuk mencapai tujuan.
– Enam kata kunci yang menggambarkan kita untuk mencapai tujuan.

Kita bisa lihat contoh branding Najwa Shihab yang ditunjukkan oleh gambar berikut ini.

Kesan Mengikuti Pembelajaran di Aplikasi Siap Kerja QuBisa

Kursus online gratis QuBisa menyediakan beragam topik yang bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan. Setelah mengikuti kursus personil branding, saya menjadi lebih memahami tentang pencitraan pribadi tersebut. Kursus ini membantu saya mengetahui bagaimana cara meningkatkan personal branding.

Ada beberapa keunggulan yang dimiliki oleh aplikasi siap kerja QuBisa ini, yaitu:

1. Menyediakan beragam kursus sesuai kebutuhan

Aplikasi belajar online QuBisa menyediakan bermacam kursus yang sangat sesuai dengan kebutuhan saat ini. Selain personal branding yang telah saya ikuti, kursus-kursus lainnya untuk meningkatkan kemampuan kita. Misalnya penerapan manajemen keuangan pribadi, teknik memotret food photography, sistem jaringan komputer dengan mikrotik RouterOS, dan lainnya.

2. Dibawakan oleh profesional

Kursus online gratis QuBisa dibawakan oleh profesional di bidangnya. Dengan demikian, materi yang disampaikan sudah teruji di lapangan kerja. Para profesional akan mengajar kita secara efektif.

3. Materi yang mudah dimengerti

Para profesional menyampaikan materi yang mudah dimengerti sehingga kita belajar gak ribet. Apalagi, materi tersebut dibawakan dalam bentuk video yang tentunya akan mempermudah pemahaman kita.

Bagi teman-teman yang ingin terus upskilling dan reskilling, QuBisa menjadi pilihan yang pas. Untuk mendapatkan beragam manfaat dari QuBisa, teman-teman bisa mengunduh aplikasinya di App Store maupun Play Store.

Teman-teman juga bisa mengikuti lomba blog yang diadakan oleh QuBisa. Periode lomba dari tanggal 22 September hingga 10 Desember 2021.

Teknologi digital tak hanya menyediakan hiburan seperti lagu atau film, tetapi juga membantu kita cara belajar efektif melalui beragam platform dan aplikasi. Aplikasi siap kerja QuBisa membantu banyak orang untuk terus mengembangkan diri, sehingga bisa memulai karir lebih percaya diri.

Share this:

3 thoughts on “Siap Masuk Dunia Kerja dengan Aplikasi Siap Kerja QuBisa”

  1. aku pun suka platform belajar online QuBisa ini karena materinya banyak dan kita bisa bebas pilih mau kursus gratis atau pun yang tukar poin, upgrade skill pun makin gampang yaa

  2. Luar biasa ya Qubisa ini, cepat banget membaca sikon ini, saat masih pandemi gini tapi orang butuh upgrade akan potensi diri , terpenuhi deh. Materi itu lho…banyak dicari orang saat ini. Great!

  3. Hari gini semua bisa kita lakukan secara online
    Memang eranya digital ya. Jadi hampir tak ada batas ruang dan waktu
    Jadi, gak ada alasan untuk gak belajar dan nambah skill
    Qubisa menyediakan kebutuhan belajar kita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *