Ekonomi

Memulai Bisnis Kopi Literan dalam Kemasan Botol

memulai bisnis kopi literan

Pandemi yang belum usai membuat pelaku bisnis terus beradaptasi. Salah satunya yaitu bisnis kopi literan dalam kemasan botol yang saat ini banyak dijumpai di berbagai tempat.

Minum kopi menjadi tren gaya hidup saat ini. Mulai dari anak muda hingga orang tua, minum kopi menjadi aktivitas yang hampir tidak terlewatkan setiap harinya. Lokasi bisa berbagai macam tempat, di rumah, warung, kedai, juga restoran.

Kedai dan restoran yang menjadikan minuman kopi sebagai menu utama pun bermunculan, dengan mungusung jenama atau brand masing-masing. Kita bisa dengan mudah menyebut Starbucks, Bengawan Solo, Janji Jiwa, Kopi Kenangan, dan bermacam jenama lainnya.

Namun, pandemi Covid-19 yang terjadi tahun 2020 lalu membuat banyak orang tak lagi sering bepergian keluar rumah atau nongkrong di kedai-kedai kopi. Penggemar kopi lebih banyak membuat kopi seduh di rumah sendiri. Atau, membeli kopi dari kedai kopi menggunakan jasa pengantar makanan.

Peluang Membuka Bisnis Kopi di Tengah Pandemi

Di tengah kebijakan pemerintah seperti PSBB atau PPKM di berbagai wilayah, pelaku bisnis kopi melakukan berbagai terobosan untuk tetap bertahan hidup. Salah satunya yaitu dengan menjual kopi literan dalam kemasan botol.

Kopi berukuran besar ini menjadi bentuk adaptasi terhadap kondisi normal baru. Produk kopi literan ini menjadi tren baru minum kopi saat ini, yang membuat para penggemar kopi tetap bisa menikmati minuman kopi dari kafe dan kedai langganan tanpa harus datang ke kafe dan kedai tersebut.

Baca juga: Tempat Ngopi Enak di Cikupa Tangerang

Kopi literan dalam kemasan botol ini juga lebih menguntungkan para penikmat kopi. Kopi kemasan jumbo bisa distok di rumah, sehingga mereka bisa menikmati kopi kesukaan sewaktu-waktu dan tak perlu repot bolak-balik membelinya di kafe atau kedai kopi.

Fenomena maraknya kopi literan bisa menjadi peluang bagi kita yang ingin memulai bisnis. Kita tidak harus mempunyai atau menyewa ruko untuk membuat kedai kopi, karena bisnis ini sangat mungkin dilakukan dari rumah. Bahkan, ada kisah pengusaha yang memulai bisnis ini dengan modal 0 rupiah dengan memanfaatkan peralatan dapur yang ada, seperti panci dan kompor.

Tips Memulai Bisnis Kopi Literan

Bagi teman-teman yang tertarik dengan bisnis kopi literan, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan untuk memulai bisnis ini.

Riset Pasar

Riset pasar perlu dilakukan untuk memulai bisnis, termasuk bisnis kopi literan ini. Dengan melakukan riset pasar, kita bisa mengetahui jenis minuman apa yang paling digemari konsumen. Juga kita bisa mengetahui range harga minuman yang bisa diterima konsumen. Cara riset paling mudah untuk mengetahui selera konsumen yaitu dengan membeli dan mencicipi produk dari jenama yang sudah sukses terlebih dahulu di bisnis ini.

Keahlian Meracik Kopi

Keahlian seorang barista menjadi kunci penting untuk membuat minuman kopi yang enak. Keahlian ini bisa dipelajari melalui workshop atau belajar dari internet. Namun jika kita tidak atau belum terampil meracik minuman kopi, kita bisa merekrut barista untuk bekerja sama dalam bisnis ini.

Baca juga: Secangkir Kopi Panas Menyimpan Cerita

Manajemen Rantai Pasok

Ketersediaan pasokan perlu diperhatikan dalam bisnis. Jika kita memiliki bisnis kopi literan, kita perlu mencari pemasok yang bisa menyediakan bahan-bahan mulai dari kopi, susu, gula, sirup, hingga kemasan botol. Selain kualitas bahan yang perlu diperhatikan, pastikan juga bahan-bahan tersebut bisa dikirim dengan lancar sesuai jumlah dan waktu yang kita butuhkan.

Pemasaran Digital

Pemasaran secara digital menjadi cara yang pas agar bisnis bisa dikenal secara luas. Gunakan media sosial seperti Instagram untuk menjangkau pasar. Buatlah konten yang apik secara rutin agar masyarakat tertarik dengan produk yang kita pasarkan.

Pencatatan Keuangan yang Baik

Pencatatan keuangan secara manual memang bisa kita lakukan. Namun, kita bisa menggunakan bantuan teknologi agar pencatatan keuangan bisnis ini bisa berjalan dengan baik. Misalnya, dengan menggunakan software akuntansi.

Kledo: Software Akuntansi Online untuk Pencatatan Keuangan Bisnis

Software akuntansi online yang bisa kita pakai untuk pencatatan keuangan bisnis yaitu Kledo. Kledo adalah software akuntansi gratis yang sangat memudahkan kita untuk mencatat invoicing, purchase order, dan segala aktivitas bisnis. Selain itu ada juga analisa performa bisnis dalam grafik yang menarik.

Ada beberapa keuntungan yang bisa kita miliki dengan menggunakan Kledo. Keuntungan tersebut antara lain:

Berbasis Cloud

Software Akuntansi Online Kledo ini sudah berbasis Cloud. Sehingga, kita tidak perlu repot menginstall aplikasi di smartphone ataupun komputer yang digunakan. Sistemnya yang berbasis cloud memungkinkan untuk diakses dari iOS, Android, Mac, Windows atau gadget apa pun.

Membuat Invoice Lebih Praktis

Kita tak perlu repot membuat invoice secara manual. Kledo menyediakan lebih dari 50 contoh invoice yang setelah kita isi bisa diunduh dalam format PDF. Apapun produk dan jasa yang kita jual, membuat invoice akan menjadi lebih mudah menggunakan Kledo.

Mempermudah Proses Purchasing

Kita bisa membuat purchase order dengan cepat dan melakukan konversi purchase order menjadi faktur pembelian hanya dengan satu klik. Selain itu, Kledo memungkinkan kita untuk melacak semua purchase order dan pembelian hingga ke semua detailnya, berapa harga yang disepakati dan semua dokumen pendukungnya.

Mengatur dan Melacak Biaya Bisnis

Dengan Kledo, kita tak perlu lagi menumpuk kuitansi pengeluaran. Catat semuanya dengan mudah di Kledo dan pembukuan bisnis akan otomatis terupdate. Dengan demikian, tidak perlu lagi terjadi kesalahan pencatatan pengeluaran.

Mengelola Inventory

Kita bisa memantau stok dari banyak gudang secara realtime, membuat stok opname, membuat surat jalan dan integrasi langsung dengan penjualan dan pembelian.

Mengatur Aset Tetap

Dengan Kledo, membuat kita mudah melacak aset tetap seperti bangunan, mobil, mesin, dan alat kantor. Juga, kita bisa mendepresiasi aset secara otomatis dan mendapatkan laporan aset secara real time.

Mengakses 30 Laporan Bisnis dan Keuangan

Dengan menggunakan Kledo, kita bisa mengakses lebih dari 30 laporan akuntansi lengkap hanya sekali klik seperti neraca, laba rugi, arus kas, buku besar, jurnal dan juga berbagai grafik serta statistik untuk memantau performa bisnis yang kita jalankan.

Kledo saat ini menyediakan 3 layanan termasuk akses software gratis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan skala bisnis. Yuk, gunakan software akuntansi Kledo untuk mengelola bisnis kopi literan yang kamu miliki! Daftar di sini untuk mendapatkan banyak keuntungan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *