Jenis Pekerjaan di Metaverse yang Keren Abis
Sains & Tekno

Jenis Pekerjaan di Metaverse, Keren Abis! Mana Pilihanmu?

Seiring perkembangan teknologi yang semakin pesat, banyak orang mulai penasaran terhadap hal-hal baru, salah satunya Metaverse. Mulai dari definisi hingga pekerjaan di Metaverse yang cukup menarik.

Istilah ini semakin populer setelah CEO Facebook yaitu Mark Zuckerberg mengganti nama Facebook menjadi Meta kemudian fokus memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR). Artikel ini akan menjelaskan beberapa jenis pekerjaan yang ada di Metaverse.

Jenis Pekerjaan Metaverse

Bagi kamu yang ingin berkarir dalam dunia digital, mungkin Metaverse menjadi salah satu pilihan. Berikut ini jenis pekerjaan yang dibutuhkan Metaverse:

1. Metaverse Research Scientist

Peran seorang research scientist dalam dunia digital selalu penting. Dalam hal ini research scientist berperan untuk mengembangkan model dari kasus nyata menjadi metaverse.

Pekerjaan research tentu bukanlah hal yang mudah karena membutuhkan proses panjang seperti kemampuan merancang prototype, algoritma, pemetaan, pencitraan komputasi, fusi sensor, dan masih banyak lagi.

Beberapa syarat jika kamu ingin menjadi research scientist yaitu kemampuan dalam bidang deep learning, machine learning, computer graphics, computer vision, maupun computational imaging.

2. Pekerjaan Metaverse Ecosystem Developer

Pekerjaan di Metaverse yang kedua adalah seorang ecosystem developer untuk mengelola graphics processing unit, sensor, data lake, central processing unit, edge computing, green electricity production.

Kehadiran ecosystem developer menjadikan pekerjaan metaverse lebih terstruktur, hanya saja pekerja harus memiliki kemampuan dan pemahaman yang baik dalam industri XR.

3. Pekerjaan Metaverse Cyber Security

Dunia digital tentu tidak dapat terlepas dari serangan cyber maupun penipuan. Hal ini yang menyebabkan metaverse juga membutuhkan seorang cyber security untuk mengantisipasi adanya peretasan. Beberapa tindak kejahatan yang mungkin terjadi yaitu pencurian non-fungible token, penyalahgunaan data fisiologis maupun biometric.

Pemahaman terhadap bidang keamanan cyber menjadi skill utama yang harus kamu miliki jika ingin menjadi cyber security, sehingga dapat memberikan solusi secara real time saat terjadi serangan. Selain itu kamu juga harus dapat memastikan undang-undang maupun protokol keamanan dalam dunia cyber agar dapat meningkat.

4. Metaverse Product Manager

Product manager adalah seseorang yang pekerjaannya merancang dengan cara berkomunikasi dan memanfaatkan visi wireframe agar pengguna metaverse merasa senang. Namun untuk menjadi seorang product manager dalam hal ini kamu harus memahami tentang pengembangan webGL atau Unity, serta proses desain yang lebih kreatif.

webGL merupakan Web Graphics Library berupa teknologi web dengan akselerasi grafis 3D yang dapat kamu akses secara mudah tanpa harus menginstall aplikasi, karena hanya melalui browser.

5. Metaverse 3D Modeler

3D modeler merupakan salah satu pekerjaan yang dibutuhkan metaverse untuk merancang ide desain, konsep metaverse agar pengguna dapat merasakan fungsionalitasnya secara nyaman. Untuk menjadi 3D modeler, kamu harus memiliki kemampuan dan pengalaman dalam bidang pemrograman seperti JavaScript, WebScoket, Web RESTful, Python, dan lain sebagainya.

Baca juga: Mengenal STEM, Bidang Keilmuan Modern yang Perlu Kamu Kuasai

6. Construction Engineer

Sama halnya seperti dunia nyata yang terdapat profesi konstruksi untuk proses perancangan bangunan, pekerjaan di metaverse yang satu ini juga sangat penting. Pada umumnya jurusan kuliah yang cocok dengan pekerjaan ini yaitu graphic design dan 3D design atau animasi.

7. Metaverse Planner

Dalam membangun sebuah metaverse perusahaan tentu membutuhkan karyawan yang memiliki kemampuan untuk merancang strategi dan mengubahnya ke dalam bentuk virtual. Jika kamu memiliki pengalaman sebagai software engineering atau digital marketing, pekerjaan ini cocok untuk kamu.

8. Metaverse Storyteller

Pekerjaan storyteller adalah merancang penjelajah metaverse, peluang pemasaran, skenario pelatihan, dan lain-lain. Bagi kamu yang mempunyai latar belakang seperti literature atau english language, mungkin dapat mencoba profesi ini.

9. Fashion Designer Virtual Reality

Seperti pada karakter game online, metaverse juga akan mempunyai avatar dalam setiap pengguna. Pekerjaan ini bertanggung jawab untuk mengembangkan pakaian maupun aksesoris setiap avatar. Latar belakang virtual reality atau fashion design adalah contoh jurusan kuliah yang cocok menekuni pekerjaan ini.

10. Blockchain Engineer

Blockchain merupakan salah satu layanan bitcoin berupa mata uang kripto. Salah satu tugasnya adalah untuk menciptakan blockchain secara digital serta mendesain, mengecek, dan mengatur sistem software dalam blockchain. Pada umumnya pekerjaan ini bekerja sama dengan profesi lain seperti software engineer.

11. NFT Strategist

Non fungible token atau NFT juga menjadi hal terus berkembang. Oleh karena itu NFT strategist menjadi salah satu pekerjaan yang cukup menjanjikan bagi kamu yang mendalami ilmu tentang blockchain, kemudian dapat melakukan analisa terhadap tren lalu membuat strategi menarik untuk pengguna.

Baca juga: Green Designer, Peluang Kerja untuk Anak Muda

Apakah Kamu Tertarik dengan Pekerjaan di Metaverse?

Artikel ini sudah menjelaskan secara garis besar tentang jenis-jenis pekerjaan di Metaverse. Kamu sebagai generasi milenial tentu dapat mencoba salah satunya. Sebelum menentukan ingin memilih posisi apa metaverse, sebaiknya kamu mempersiapkan skill dan pengalaman dalam bidang tertentu sesuai pekerjaan yang kamu pilih. Semoga sukses!

Share this:

7 thoughts on “Jenis Pekerjaan di Metaverse, Keren Abis! Mana Pilihanmu?”

  1. hmmm, kayaknya aku lebih ke planner or storyteller deh
    sisanya nggak paham soalnya sama per IT an 🤣
    kayaknya kalo metaverse ini beneran terealisasi bakal banyak pekerjaan yang shifting ya

  2. Mumet deh lihat hobdesknya. Ternyata ada NFT Strategist juga yah. Tapi semakin berkembangnya teknologi kita juga harus mengikuti biar tetep update.

Leave a Reply

Your email address will not be published.