Metaverse adalah
Sains & Tekno

Metaverse: Pengertian dan Cara Kerja untuk Inovasi Masa Depan

Saat ini kita ketahui bahwa teknologi canggih yang mulai bermunculan dapat membantu pekerjaan manusia. Salah satu inovasi teknologi yang sedang banyak orang bicarakan yaitu metaverse. Metaverse adalah platform untuk orang-orang bisa masuk dan mencoba dunia maya secara langsung. 

Apa Itu Metaverse?

Bagi kamu yang belum mengenal apa itu metaverse bisa menyimak penjelasan ini. Kamu pasti tahu pemilik dari salah satu platform media sosial terbesar yaitu Facebook. CEO Facebook yang bernama Mark Zuckerberg ini mulai mengambil tindakan atau langkah maju dari munculnya teknologi masa depan.

Pemilik Facebook tersebut mulai mengganti nama brandnya menjadi Meta Platforms Inc. Sedangkan metaverse adalah sebuah teknologi masa depan yang sedang dikembangkan dan menggunakan konsep dunia virtual secara 3D. Sehingga setiap orang dapat beraktivitas dan berkomunikasi dengan kacamata virtual dan lainnya. 

Bagaimana Penerapan Cara Kerja Metaverse Nanti?

Untuk merasakan atau masuk ke dalam dunia virtual ini tentunya perlu menggunakan alat dan teknologi yang mendukung. Alat-alat tersebut bisa seperti headset virtual, kacamata virtual reality atau VR, dan masih ada lainnya. Sehingga dunia 3D ini tidak bisa kamu nikmati tanpa adanya perlengkapan itu.

Kemudian ketika kamu sudah memasuki dunia virtual ini nantinya dapat melakukan aktivitas seperti menonton konser virtual online. Tidak hanya itu saja tapi juga bisa bekerja dan bermain bersama pengguna lainnya. Namun kamu jangan berharap dapat bersentuhan secara fisik walaupun para pengguna berbentuk avatar. 

Hal ini akan membuat orang memiliki pengalaman baru dalam berinteraksi. Seperti yang kamu ketahui saat ini seluruh dunia sedang dilanda pandemi covid-19 yang mengharuskan untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Seperti bekerja yang mulai berubah dari yang harus pergi ke tempat kerja sekarang harus dari rumah. 

Jika menggunakan alat virtual ini saat bekerja di rumah tidak melalui video conference pada umumnya. Nantinya kamu akan bertemu di sebuah room kerja dengan avatar 3D karyawan lainnya. 

Perusahaan Facebook ternyata sudah mulai membuat software meeting yaitu Horizon Workrooms yang penggunaannya dengan headset Oculus VR. Untuk harga headset ini berkisar USD 300 dan dengan harga tersebut dapat memberikan pengalaman yang berbeda.

Baca juga: Mengenal STEM, Bidang Keilmuan Modern yang Perlu Kamu Kuasai

Terobosan Baru Ini Hanya Ada di Perusahaan Facebook?

Menciptakan sebuah inovasi terutama teknologi tentunya tidak hanya dilakukan dalam satu perusahaan tapi juga beberapa lainnya. Untuk metaverse ini yang akan memberikan pengalaman dalam dunia virtual contohnya. Beberapa perusahaan seperti Nvidia dan Microsoft juga sudah mulai mengembangkan teknologi ini. 

Richard Keris yang merupakan wakil presiden Omniverse Nvidia memberikan pernyataan bahwa adanya metaverse ini penting untuk adanya perluasan. Kemudian pengguna bisa berpindah tempat dari satu perusahaan ke perusahaan lainnya. Bisa juga berpindah dari halaman web satu ke halaman web lainnya.

Namun mereka tidak hanya mengandalkan kemampuan dalam satu perusahaan tersebut untuk membuatnya tapi memerlukan bantuan dari pihak lain. Terdapat satu pengembang game terkenal yaitu Epic Games sudah mengambil langkah dan berhasil mengumpulkan USD 1 miliar dari para investor. 

Beberapa perusahaan lain juga ikut serta dalam menggapai tujuan terciptanya metaverse ini. Sampai perusahaan model dari Italia yaitu Guci mulai berkolaborasi dengan game Roblox. Kemudian salah satu perusahaan minuman terbesar Coca-cola dan Clinique mulai mengambil langkah dengan menjual token digital.

Metaverse adalah Pengganti Internet di Masa Depan?

Mungkin sebagian orang pernah membaca bahwa kemunculan metaverse adalah pengganti internet di masa yang akan datang. Lalu perusahaan besar seperti Microsoft, Nvidia, dan Facebook akan menguasai dunia internet dengan menciptakan metaverse?. Hal itu pada dasarnya tidak benar.

CEO Facebook pernah mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa metaverse merupakan internet yang akan diwujudkan lebih tepatnya peningkatan. Para pengguna akan memiliki pengalaman yang berbeda yang biasanya 2D menjadi 3D. Dengan begitu adanya metaverse tetap berkaitan erat dengan dunia internet.

Tidak mungkin teknologi tersebut tanpa menggunakan koneksi internet. Saat ini tentunya kamu paham bahwa internet yang menghubungkan jutaan pengguna di luar sana. Seperti mengakses website, berkomunikasi, hingga bermain game sangat membutuhkan internet.

Baca juga: Jenis Pekerjaan di Metaverse, Keren Abis!

Sudah Paham dengan Apa itu Metaverse?

Dengan demikian, kita tidak bisa menolak perkembangan teknologi dan harus siap menerimanya. Kamu yang suka dengan teknologi baru tentunya akan mengikuti setiap inovasi yang tercipta dan ingin mencobanya. Teknologi terbaru yang ada akan memudahkan pekerjaan manusia tanpa mengeluarkan banyak tenaga.

Maka dari itu beberapa perusahaan besar seperti Facebook, Nvidia, Microsoft, Coca-cola, Guci, dan perusahaan game juga mulai turun tangan. Mereka ingin teknologi masa depan ini bisa terwujud. Kemudian perusahaan-perusahaan tersebut juga saling bekerja sama dan mencari dana yang besar dari investor.

Share this:

16 thoughts on “Metaverse: Pengertian dan Cara Kerja untuk Inovasi Masa Depan”

  1. antara nggak sabar dan rada was-was sih dengan metaverse ini
    nggak sabarnya karena segalanya yang jelas akan semakin praktis haha (ketahuan banget males)
    daaan was-wasnya karena takut makin kehilangan human touch hehe

  2. moga kita bisa menjadi orang2 yang bisa menikmati gurihnya metavers dan bukan hanya sebatas penonton aja y mas, sapa tau bisa punya sesuatu di dalamnya gitu

  3. Pantas kayak famiiar pas baca kata metaverse, ternyata punya facebook, pernah dengar” jg sih tentang metaverse ini. Keren sih, moga aja perkembangan.y makin ke arah yg lebih baik

  4. Kita tidak akan bisa mengelak dari perkembangan zaman ke arah digitalisasi. Tinggal kita memilih mau jadi pemain atau penonton. Berharap pada saatnya kelak, semua teknologi dapat dirasakan oleh umat manusia sehingga dapat meminimalisasi kejomlangan satu dengan yang lainnya

  5. Kayaknya semakin lama om Mark makin banyak aja nie gebrakan barunya. Pandemi ini memang membawa banyak perubahan bagi pola kehidupan manusia, yang biasanya interaksi dunia nyata sekarang lewat dunia maya. Let see apakah dampaknya bagi peradaban manusia.. Masihkah ada sisi sosial atau justru makin individuals.

  6. Kirain mah metaverse yaudah facebook yang ganti nama. Untung baca artikel ini. Emang kita ngga bisa mengelak bahwa perkembangan teknologi semakin pesat.

  7. Sekarang makin sering dengar istilah metaverse ini. Bikin kita makin individualis, gak, sih. Tanpa ketwmuan, tetap isa interasi sama orang lain. Semoga cuma untuk urusan kerja, ya, bukan sama anggota keluaega. Hehehe…

  8. Apakah Metaverse bisa menjadi konsep internet di masa mendatang, bisa saja, Hanya saja untuk waktunya pasti sangat lama. Terlebih untuk alat yang menghubungkan orang-orang agar berada di dalam dunia virtual, pasti butuh perkembangan layaknya perkembangan handphone dari zaman segede batu bata hingga jadi layar sentuh dan juga tipis.

    Artikel yang sangat menarik.

  9. Teknologi makin mind-blowing aja siiišŸ„² karena selalu jadi pengguna, kadang rasanya selalu ketinggalan mulu sama teknologi baru dan enggak berkontribusi šŸ¤£

  10. karena memang metaverse pasti dapat terjadi dan kita harus mempersiapkan segala hal baik dari ilmu pengetahuan dan relasi juga agar tak tertinggal dan terbawa pengaruh buruk.

  11. Tau istilah meta awalnya dari facebook itu yg perusahaannya ganti nama. Lama-lama istilah metaverse makin booming. Semoga perkembangan teknologi yang makin canggih ini bisa kita manfaatkan dengan baik yaa. Makasih penjelasannyaa

  12. Kacamata virtual, seperti film hacker yang sedang mencari orang baju garis-garis biru putih dan topi baseball hitam. Itu keren banget sih, dengan sensor gerak tangan, bukan lagi sentuh.

    Informatif sekali kak. Makasih.

Leave a Reply

Your email address will not be published.