mendengarkan buku best seller di aplikasi Storytel
Sains & Tekno

Mendengarkan Novel Mira W. di Storytel

Saya menyukai karya Mira Widjaja, seorang penulis novel fiksi yang juga dikenal dengan Mira W. Novel-novelnya kerap saya baca semasa SMA dulu. Novelnya juga sering diadaptasi ke layar lebar. Kini, saya mendapatkan pengalaman baru mendengarkan novel Mira W. di aplikasi Storytel.

Menikmati buku best seller yang dibacakan secara baik oleh seorang narator memang menyenangkan. Saya seperti dibawa ke masa kecil, ketika mendengarkan sandiwara radio yang pernah mengalami masa kejayaan di tahun 80-90’an.

Jika sandiwara radio hanya bisa didengarkan pada jam-jam tertentu saja, maka tidak demikian dengan mendengarkan aplikasi audiobook ini. Saya bisa menggunakannya kapan saja. Begitu fleksibel!

Platform Audiobook Indonesia

Storytel merupakan layanan streaming audiobook dan e-book yang memiliki kantor pusat di Stockholm, Swedia. Jadi selain mendengarkan, kita juga bisa baca buku online melalui platform ini.

Aplikasi audiobook ini telah hadiri di berbagai negara dan saat ini resmi hadir di Indonesia. Di tengah tren mendengarkan buku yang makin populer, aplikasi ini hadir sebagai audiobook Indonesia pertama yang hadir secara premium. Karena, buku-bukunya sudah terkurasi dan diproduksi dengan serius.

Ada lebih dari 500 ribu judul buku tersedia di platform ini. Mulai dari buku best seller dunia seperti Harry Potter Audiobook, Game of Thrones, Sapiens, atau Hunger Games sampai novel dari Indonesia seperti Mariposa, Dilan, Divortiare, Selamat Tinggal, Negeri Lima Menara, dan lainnya.

Tak hanya novel fiksi dan buku best seller, beberapa kategori lain juga tersedia. Seperti buku anak, pengetahuan, biografi, sejarah, pengembangan diri, bisnis, dan kategori yang lainnya. Jadi, aplikasi ini cocok untuk semua usia.

Untuk menikmati platform ini, silakan unduh aplikasi Storytel untuk iOS atau Android. Dengan membayar biaya berlangganan Rp39.000, kita sudah bisa menikmati berbagai pilihan judul buku.

Fitur-Fitur yang Ada

Aplikasi Audiobook Storytel memiliki tampilan yang menarik. Ada empat fitur utama di dalamnya, yaitu home, search, bookshelf, dan profile.

Home

Fitur home atau beranda ini menampilkan ringkasan buku-buku yang ada di Storytel. Di bagian paling atas, ada banner yang memuat rekomendasi buku seperti Harry Potter Audiobook, Indonesian Books, Personal Development, dan Romance.

Di bawah banner tersebut ada bagian Continue Listening yang berisi buku-buku yang sedang kita dengarkan. Jadi ketika kita belum selesai mendengarkan sebuah buku dan kita ingin melanjutkannya, maka buku tersebut bisa kita lihat di bagian ini.

Selanjutnya ada bagian My First Book (buku pilihan pertama para storyteller), Certified Best Sellers (kumpulan buku best seller atau terlaris sepanjang masa), Worlds of Fiction (ragam dunia fiksi), In the Mood o Love (hanyut dalam suka duka cinta), dan masih banyak lagi.

Search

Fitur search atau pencarian ini kita bisa mencari judul buku yang ingin kita dengarkan. Pilihannya berdasarkan trending searches: top, books, author, narrator, serie, dan juga tags.

Bookshelf

Fitur bookshelf atau rak buku memungkinkan kita bisa melihat deretan buku-buku pilihan kita. Kita bisa menyortir buku-buku tersebut berdasarkan tanggal terakhir diubah, tanggal rilis, judul, dan paling terakhir dibaca. Selain itu kita juga bisa filter untuk menampilkan buku yang sedang, akan, maupun sudah selesai dibaca/ didengarkan, termasuk menampilkan buku untuk anak-anak.

Profile

Fitur ini menampilkan profil kita sebagai pengguna. Di dalamnya ada dua bagian utama yaitu target cerita dan statistik. Di bagian target cerita, kita bisa membuat target berapa buku yang akan kita dengarkan dengan pilihan jangka waktu 30 hari, 90 hari, 180 hari, 365 hari, atau akhir tahun ini (2022). Sedangkan pada bagian statistik, kita bisa melihat statistik penggunaan aplikasi ini dalam 7 hari dan 30 hari terakhir.

Pengalaman Menggunakan Storytel

Begitu berhasil mendaftar di Storytel, saya langsung mencari novel Indonesia untuk didengarkan. Novel Mira W. menjadi pilihan utama, karena saya sangat menyukainya. Novel-novel karya Mira W. juga banyak yang diangkat ke film layar lebar hingga web series.

Setelah membaca buku dan menonton filmnya, saya ingin memiliki pengalaman baru mendengarkan novel Mira W. ini di Storytel. Ada beragam judul yang sudah tersedia di Audiobook Indonesia ini, antara lain Merpati Tak Pernah Ingkar Janji, Di Sini Cinta Pertama Kali Bersemi, Arini: Masih Ada Kereta yang Akan Lewat, dan masih banyak lagi.

Novel berjudul Arini: Masih Ada Kereta yang Akan Lewat saya pilih untuk didengarkan. Novel bergenre romantis ini durasinya 5 jam 37 menit dan dibacakan oleh Velly Syukran. Ada cupilkan singkat berupa teks dan audio yang bisa kita baca atau dengarkan terlebih dulu.  

Novel ini berkisah tentang seorang wanita karir bernama Arini. Di sebuah kereta di Stuttgart, Arini bertemu dengan pria bernama Nick, seorang anak kuliahan yang usianya jauh lebih muda. Nick kemudian jatuh cinta kepada Arini, namun Arini berusaha menolaknya. Arini sendiri sudah pernah menikah sebelumnya, namun akhirnya berpisah.

Sekembalinya ke Indonesia, Arini menjabat posisi direktur pada sebuah perusahaan farmasi. Tak disangka, ternyata mantan suaminya malah menjadi bawahan Arini. Hubungan menjadi semakin pelik ketika Nick juga kembali ke Indonesia untuk menyusul Arini.

Menikmati novel secara audio memang memberikan pengalaman. Selain karena novel Mira W. ini sangat bagus, sang narator juga mampu dengan baik membawakan cerita sehingga saya nyaman mendengarkan.

Meski bermonolog, narator berhasil mengucapkan dialog dari masing-masing tokoh dengan baik. Tinggi rendah nada dan kecepatan membacanya diatur sedemikian rupa, sehingga membuat pendengar ikut merasakan emosi yang dirasakan tokoh-tokoh di dalam novel.

Keunggulan

Setelah menggunakan Storytel, saya menilai platform audibook Indonesia ini sangat menarik dan bermanfaat. Ada beberapa kelebihan dari aplikasi audiobook ini, antara lain:

1. Beragam Pilihan Buku di Storytel

Ada banyak pilihan buku audio yang tersedia dengan berbagai kategori. Seperti buku best seller, novel fiksi, bacaan anak, sejarah, romance, biografi, bisnis, pengembangan diri, dan yang lainnya.

Beragam judul buku favorit ada di sini, seperti Harry Potter Audiobook, Game of Thrones, Sapiens, Hunger Games, Mariposa, Dilan, Divortiare, Selamat Tinggal, Negeri Lima Menara, dan lainnya. Selain audiobook, ada juga rekomendasi buku yang bisa dibaca.

2. Narator yang Berkualitas

Audiobook ini memiliki narator pilihan dan berkualitas yang akan memanjakan pendengaran. Beberapa figur publik menjadi narator, seperti Dian Sastrowardoyo, Dee Lestari, Fedi Nuril, Chicco Jerikho, dan lainnya.

3. Mata Tidak Lelah

Menikmati buku secara audio tentu akan menjaga mata kita lebih sehat. Berbeda dengan membaca buku fisik yang bisa membuat mata lelah, atau saat baca buku online di layar HP yang membuat mata kita terpapar cahaya. Dengan audiobook, mata tidak perlu fokus pada layar.

4. Fleksibel

Audiobook bisa dinikmati sambil mengerjakan hal-hal lain. Kita bisa mendengarkan kapan saja dan di mana saja, misalnya saat menjelang tidur, berolahraga, berkebun, naik kendaraan umum, dan lainnya. Selain secara online, kita juga bisa menikmati audiobook secara offline. Kita bisa mendownload telebih dahulu saat ada jaringan internet, kemudian mendengarkannya dengan offline.

Fleksibilitas lainnya yaitu kita bisa menyesuaikan waktu untuk mendengarkan. Ada pengaturan sleep timer apakah kita akan mendengarkan 15 menit, 30 menit, 45 menit, dan custom lainnya. Selain itu kita bisa mengatur kecepatan playback, bisa lebih cepat atau lebih lambat.

5. Menikmati Lebih Banyak Buku

Dengan fleksibilitas yang ada, kita bisa lebih banyak menghabiskan audiobook daripada saat hanya membacanya. Dalam satu bulan mungkin kita mampu membaca satu atau dua buku, namun dengan audiobook kita bisa mencapai lima buku.

Dengan demikian lebih banyak pengetahuan yang didapatkan. Juga, belajar hal-hal baru dari buku self development yang bermanfaat bagi kita.

6. Lebih Hemat

Penggunaan audiobook membuat kita lebih hemat jika daripada membeli buku fisik. Apalagi biaya berlangganan cukup terjangkau yaitu Rp39.000 per bulan. Dengan biaya sebesar itu, kita bisa puas menikmati beragam buku kesukaan.

Tertarik merasakan pengalaman baru mendengarkan buku favorit dengan cara yang menyenangkan? Yuk, segera unduh aplikasi Storytel ini yang tersedia baik untuk Aplikasi Storytel untuk iOS maupun Aplikasi Storytel untuk Android.

Share this:

11 thoughts on “Mendengarkan Novel Mira W. di Storytel”

  1. Lagi populer banget aplikasi storytell ini. Saya juga nyobain dan terbantu banget buat me time sambil jaga anak. 🤭

  2. aplikasi audiobook ini useful banget buat saya yang hobinya traveling, jaid ga suah bawa buku kemana-mana lagi, cukup dengarkand ari hp saja

  3. Wah, terima kasih informasinya Bang. Sepertinya menarik aplikasi ini dalam pengalaman menikmati sebuah buku atau dalam hal ini novel.

    Kalau ternyata ada versi Indonesianya, wah makin keren nih, mungkin akan Teddy pertimbangkan untuk Download dan berlangganan.

    Terima Kasih Bang.

  4. Membaca sekilas kisah Arini yang ada, saya jadi tertarik untuk jadi pembaca novel. Memang sih, genre buku saya lebih ke self improvement, kalau novel itu asiknya sambil dibacain orang. Nah, untuk ada aplikasi Storytel ini. Solusi banget

  5. Aku juga nih kapan hari udh download storytel dan alhamdulillah anakku jg mulai ketagihan dibacain buku dari audionya Storytel

Leave a Reply

Your email address will not be published.