Solusi untuk pengendalian gulma yang efektif. Sumber gambar: pixabay.com
Agro

Solusi untuk Pengendalian Gulma yang Terbukti Efektif dan Efisien

Solusi untuk pengendalian gulma adalah melakukan berbagai teknik sehingga tanaman yang dibudidaya bisa tumbuh. Mulai dari pencegahan sampai pengendalian gulma, ada berbagai cara yang bisa dicoba petani untuk membuat ladangnya bersih dari gulma. 

Berbagai Solusi untuk Pengendalian Gulma di Area Perkebunan

Keberadaan gulma kerap meresahkan usaha perkebunan karena nutrisi yang diterima oleh tanaman berkompetisi dengan gulma. Selain tampilan lahan jadi terganggu dengan adanya gulma, pertumbuhan tanaman juga terpengaruh dan bisa menginterupsi masa panen. Oleh karena itu perlu dicarikan berbagai solusi untuk pengendalian gulma sampai tuntas. 

1. Pencegahan 

Ada banyak cara untuk bibit tanaman terkontaminasi oleh gulma. Oleh karena itu, sebelum menanam, pastikan semua bibit bebas dari paparan gulma. Cara lain yang bisa dilakukan adalah membersihkan lahan dengan teratur, khususnya bagian yang sukar dijangkau. 

Tahukah Anda kalau gulma juga bisa terbawa dengan pupuk kandang baik yang berasal dari sisa-sisa tumbuhan atau kotoran binatang? Oleh karena itu, pemakaian pupuk harus dilakukan dengan cermat sehingga tumbuhnya gulma bisa dicegah. Memfokuskan pada tahap pencegahan akan lebih mudah daripada harus menghadapinya di masa depan. 

2. Pemangkasan 

Mengatasi gulma sebenarnya bisa dengan langkah mudah, mencabut sampai ke akar-akarnya. Anda bisa memakai cangkul, gunting, garu, bajak, bahkan traktor untuk memberantas gulma sekaligus. Efektivitas pengendalian gulma juga bergantung pada info tentang siklus hidup gulma, penyebaran akar, usia dan ukuran investasi. 

Pembabatan yang benar berpengaruh untuk mematikan gulma dalam waktu singkat. Sayangnya gulma yang dibabat dengan cara ini hanya berlaku selama setahun dan kurang. Setelahnya, gulma kerap muncul lagi. Oleh karena itu, solusi untuk menangani gulma ini perlu dilakukan berulang kali dan pada saat yang tepat, khususnya pada saat gulma akan berbunga dan daunnya lebar serta lebat. 

3. Penggenangan

Ini adalah solusi untuk pengendalian gulma yang efektivitasnya lebih tahan lama. Cara untuk memberantas gulma adalah dengan membuat genangan air pada lahan. Cara ini efektif dan terbilang mudah dibandingkan metode lainnya. Tentu saja, waktu yang dibutuhkan juga cukup menghalangi proses penanaman. 

Cara mengatasi gulma dengan cara ini adalah menggenangi lahan perkebunan sedalam 15 – 25 cm yang dilakukan antara 3 – 8 minggu. Gulma cukup dipastikan terendam jadi pertumbuhannya bisa tertekan. Dengan demikian perkebunan Anda bisa terbebas dari gulma yang mengganggu. 

4. Pembakaran

Suhu tinggi dapat membunuh tanaman seperti gulma dengan temperatur antara 45 – 55 °C. Tentu cara ini perlu memastikan suhu yang pas untuk gulma dan bukan bibit tanaman. Jadi cara ini lebih cocok untuk memberantas gulma sehingga lahan bisa dikosongkan dan baru ditanami untuk perkebunan sesuai dengan rencana. 

Cara ini masih dilakukan oleh pertanian untuk membersihkan lahan yang akan ditanami dari sisa-sisa gulma seperti tanaman liar atau ilalang. Pembakaran juga mematikan hama lainnya seperti cendawan. Oleh karena itu, tanah bisa lebih gembur dan siap untuk ditanami. 

5. Pengendalian Gulma Kimiawi

Cara pengendalian secara kimiawi terbilang cara paling mudah dan juga efektif. Cara pengendalian gulma ini memanfaatkan herbisida yakni senyawa kimia yang mampu mematikan dan menekan pertumbuhan gulma. Dengan demikian, perkembangan lahan Anda jadi lebih efektif. 

Pemakaian herbisida perlu diketahui kandungannya dan memastikan kalau akan benar-benar ampuh. Selain itu, pemakaian herbisida bisa dilakukan sebelum tanam, sebelum tumbuh, atau pasca tumbuh. Keuntungan dari pemberantasan gulma kimiawi yaitu cepat dan efektif. 

Itulah beberapa solusi untuk pengendalian gulma yang dijamin ampuh. Anda bisa mulai dari pencegahan sehingga tidak perlu menghadapi adanya gulma sama sekali. Walaupun masih ada tanaman pengganggu sejenis gulma yang bandel dan mencemari lahan perkebunan Anda, terdapat opsi lain untuk menanganinya. 

Salah satunya adalah dengan menggunakan produk-produk dari Eonchemicals yang memberikan solusi terbaik untuk kebutuhan industri. Penanganan gulma bisa memakai EonWeed 250 yang merupakan herbisida yang ampuh menanggulangi rumput, ilalang, alang-alang, semak belukar dan sejenis gulma lainnya. Pemakaiannya yang mudah akan menjamin lahan perkebunan bebas dari gulma dengan efektif dan efisien. 

Share this:

Leave a Reply

Your email address will not be published.