Destinasi Jawa

Cari Tempat Wisata di Indonesia yang Dekat dan Berbeda

tempat wisata jalan malioboro yogyakarta

Bagi Anda yang sering traveling di area Anda, tentu bisa saja Anda merasa bosan. Pilihan wisata yang itu-itu saja memang bisa membuat diri ingin mencoba Sesuatu yang baru. Bagi Anda yang ingin cari tempat wisata di Indonesia yang berbeda ada beberapa hal yang bisa Anda coba beberapa tips yang akan dibahas di artikel ini.

Tips yang ada di sini berasal dari pengalaman pribadi saya yang sudah bosan datang ke tempat itu-itu saja. Siapa tahu tips yang saja share ini mampu membantu Anda memilih tempat yang lebih special untuk liburan!

Cari Informasi Spot Wisata Baru di Dekat Area Anda

Hal pertama yang harus Anda coba adalah mencari informasi soal tempat wisata baru. Bisa saja Anda sudah tahu tempat wisata yang ada di area Anda, tapi apakah Anda update. Tempat wisata alam sekarang ini banyak yang dikembangkan dan bisa saja Anda belum pernah coba.

Misalnya jika Anda tinggal di Magelang dan tahu beberapa spot wisata alam yang bagus seperti Kali Progo dan Bukit Tidar. Tapi ternyata pilihan wisata alam di sini masih banyak. Untuk air terjun saja ada lebih dari 10 area yang bisa dikunjung seperti Curug Gleyor, Kedung Kayang, Sekar Langit dan Niagara Ga Slandak. Tempat ini tidak akan Anda temukan jika tidak searching di Internet.

Coba Pergi Ke Kota Tetangga

Jika memang di area kota Anda benar-benar habis spot wisata yang dicoba, jangan ragu untuk mengunjungi kota tetangga. Banyak spot yang baru dan menarik bisa Anda temukan dengan mulai searching fresh.

Jika tempat terkenal di kota tetangga sudah pernah Anda coba, waktunya mencari yang lebih pelosok. Manfaatkan informasi di internet untuk memilih rute tempat yang menarik tapi tergolong masih baru. Atau Anda coba cari jenis tempat wisata apa yang Anda inginkan. Contoh saja wisata air terjun, tempat camping ataupun tempat hiking.

Secara pribadi, Saya sering pergi ke Yogyakarta yang dekat dengan Magelang. Spot-spot terkenal di area Yogyakarta memang banyak. Beberapa tempat tersebut ada yang sudah saya coba. Seperti Malioboro, Monumen Yogya Kembali dan daerah wisata Kaliurang adalah beberapa contoh yang saya coba. Tapi belum semua tempat di area ini saya kunjungi, jadi jalan-jalan ke Yogyakarta untuk mencoba hal baru masih efektif.

Wisata Alam Petualangan

Tempat wisata di Indonesia yang tidak terkenal biasanya ada di area yang sulit dicapai. Hal ini tentu bisa jadi kesempatan tersendiri bagi Anda. Silakan search tempat-tempat yang terkenal dengan daya tarik alamnya. Coba bertualang tanpa panduan di area tersebut. Tentu saja untuk keamanan Anda, lebih baik persiapkan dulu dan kabari pihak-pihak yang berkepentingan.

tempat wisata merapi
dok. pribadi

Saya pernah mencoba bertualang di daerah Merapi setelah beberapa bulan mengalami letusan besar di tahun 2010. Petualangan ini dilakukan bersama rombongan teman. Spot-spot yang tadinya familiar menjadi hal baru dan banyak spot baru yang sekarang menjadi Lava Tour sudah bisa ditemukan pada waktu itu.

Buat Misi Untuk Wisata Kuliner

Tips berikutnya yang bisa Anda coba untuk menemukan tempat wisata di Indonesia di area Anda yang unik adalah coba wisata kuliner dan belanjanya. Jika sudah puas dengan wisata alam di area wisata, mengapa tidak mencari makanan populer yang ada di situ?

Saya yang sudah beberapa kali mengunjungi Merapi tidak tahu sama sekali jika Kaliurang (area lereng Merapi) memiliki makanan khas yaitu jadah tempe. Spot yang terkenal di sini terletak dekat tempat perkemahan Kaliurang. Jika tidak menggali informasi lebih, hal ini mungkin tidak akan saya ketahui.

Bagaimana menurut Anda soal tips-tips di atas? Saya sudah mencoba tips tersebut dan tentunya cukup sukses sejauh ini. Mudah-mudahan hal tersebut juga berhasil untuk Anda. Jangan lupa, di Indonesia pilihan tempat wisatanya masih banyak. Jika perlu gunakan layanan seperti Traveloka untuk mencari spot-spot wisata baru dan bagaimana cara mengunjunginya. Pasti ada tempat wisata di Indonesia yang unik juga di dekat area Anda jadi jangan merasa daerah sekitar terasa membosankan!

Featured image (gambar utama), sumber: WIkipedia

34 thoughts on “Cari Tempat Wisata di Indonesia yang Dekat dan Berbeda”

  1. Jadi pengen liburan ke Yogya lagi deh. Rasanya di sana tuh surga banget buat wisata budaya, sejarah, alam, dan kuliner.

  2. Nyari tempat yang orang belum banyak didatangi ke tempat itu memang menyenangkan sekali, wisata alam petualangan misalnya, tapi harus hati2 jangan sendirian takutnya nyasar gituh 😀 kalau sama temen lebih seru juga dan ramai

  3. Walaupun di dekat dan di depan mata yang namanya wisata bisa dinikmati kapan saja dan tidak peduli keadaan. Semoag daerah yang di dekat kita menjadi sebuah harapan baru untuk bersenang-senang, bukan saja di waktu sekarang ini.

  4. Paling seneng kalo wisata ke jawa tengah atau jawa timur. Banyak tempat asik buat dikunjungi dan pemandangan alamnya waw banget

  5. bener banget, di kota sendiri perlu di searching sampai tuntas, dan ternyata kalau update informasi, ternyata banyak . ada aja tempat wisata baru. Kalau udah bosan, bisa ke luar kota.
    jadi nggak sabar pengen anak cepet besar biar bisa liburan bareng lagi sekeluarga.

  6. Aku bolak balik ke jogya belum pernah nyobain jadah tempe.
    Sptnya next ke jogya harus eksplore lagi kulinernya

  7. Sama nih kak, aku sering bikin misi wisata kuliner. Biasanya aku list dulu tempat makan populer yang wajib dikunjungi. Duh, jadi pengen liburan lagi deh. Semoga wabah corona cepat reda ya, biar bisa jalan-jalan lagi.

  8. Jadi pengin ke Jogja lagi. Jogja banyak tempat yg ingin dikunjungi. Dan krn liburan pasti sama anak2, jd hrs memilih mana yg kids friendly. Biasa klo mo traveling sdh tak planing mo kmn aja. Btw, baru tahu kalau di Kaliurang pny makanan khas jadah tempe. Perlu dicoba nih kalau kapan2 ke sana.

  9. Indonesia itu alamnya udah cantik dari sononya
    Kalau kita mau perhatiin, di sekitar kita juga banyak tempat cantik plus kuliner enak
    Jadi gak usah terlalu tergoda sama yang hits di instagram hehe

  10. Jadi pengin ke Jogja lagi. Klo aku sih yg penting nyari tempat wisaya yg kids friendly. Btw, baru tahu kalau di Kaliurang pny makanan khas jadah tempe. Jd pengin nyobain deh.

  11. Saya kalau bepergian ke suatu tempat, pastinya tidak lupa mencari tahu dan mencatat kuliner khas tempat tersebut. Dan, saat tiba di lokasi, langsung kepengen mencari dan menikmati kuliner tersebut. Senang dan puas rasanya kalau sudah menikmati kuliner yang belum pernah kucoba.

  12. Alhamdulillah di daerah tempat aku tinggal udah banyak tempat wisata apalagi di daerah pantai, rasanya belum mengeksplorasi semuanya

  13. kakau aku sudah jelas berwisata kuliner, selalu penasaran dgn makanan yang hits di suatu daerah

  14. Pergi wisata itu hal yang menyenangkan sekali apalagi dibumbui wisata kuliner, makin mntap. Meskipun daeraku termasuk daerh kecil tapj banyak tempat wisata dan tempat kulinernya. Dijamin gak bakalan bosen

  15. Terlalu sering mengunjungi tempat wisata di daerah sendiri menjadikan rasa bosan, dan berlibur pun terasa hampa.

    Bener kata mas Daniel, jika pgn memperoleh suasana yg baru maka harus beralih ke tempat wisata yg lain, seperti di Jogja misalnya.

    Selain terkenal dgn banyaknya objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, Jogja juga penuh dengan aneka kuliner yang wajib untuk dicicipi

  16. Ke Yogyakarta emang seru kalau kuliner. Selain murah, semua bisa dijangkau dengan jalan kaki atau ojek. kalau mau ramai-ramai ya bisa pesan naik kendaraan pribadi. Sangat menyenangkan dan bikin kangen di sana.

  17. Wah, lihat kawasan Merapi jadi ingat dahulu pernah ikut Lava Tour Merapi. Ingat kehebohan naik jeep di tengah aliran sungai. Seruu!
    Jadi pengen main ke Jogja lagi, dan menikmati banyak tempat wisata di sana

  18. Kalau disini, di Bengkulu tepatnya, ada-ada sj tempat wisata yang Bagus untuk dikunjungi. Asal mau menjelajah saja. Tempat yang Indah dah sejuk. Air terjun apalagi. Banyak banget..

  19. Benar sekali masih banyak tempat Wisata yang ada di sekitar kita yang belum dieksplore ya, bakal lebih banyak eksplore keindahan Indonesia

  20. Misi Wisata Kuliner udah jelas masuk dalam itinerary. Soalnya jalan-jalan ke suatu daerah tuh akan lebih lengkap kalau nyicipin juga makanan khasnya.

  21. Aku jadi kepikiran pengen piknik abis baca artikelnya. Tapi ditahan dulu sampai keadaan jadi kondusif dulu ya hehe

  22. Tipsnya oke nih. Tapi aku kalau wisata malah nyari yang jauh dulu. Hahaa

    Suka mikir kalau yang dekat bisa ntar dikunjungi. Klo jauh kan butuh budget mahal. Hihu

  23. Semoga wabah ini berlalu dan pengen banget berwisata bareng keluarga. Pasalnya, sudah lama nih enggak jalan-jalan. Kalau ke Yogya adalah destinasi yang pengen lagi dikunjungi nih.

  24. Aku banget tuh, suka nyari tempat wisata yang dekat-dekat rumah aja. Hehe. Karena ternyata setelah ditelusuri di dekat2 aja banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi. Selain itu lebih hemat sih, hehe.

  25. Sependapat.. yang penting keluar dari rutinitas dan mengunjungi sekitaran yang belum dikunjungi.. di Jakarta aja masih banyak museum yang belum dikunjungi… belum lagi tempat wisata yang menarik tapi kurang terdengar suaranya…

  26. hohohoh, anti mainstream nih ya Kak, cari tempat yang unik dan berbeda namun dekat, kapan2 boleh dicoba juga lah ya, apalagi tiket pesawat mahal, mending cari yang dekat-dekat aja dulu ya 🙂

  27. Wah dengan tips di atas sepertinya berlibur di tempat sendiri bisa jadi tidak membosankan. Dengan sedikit sentuhan cara berlibur yang berbeda, bisa membuat liburan menjadi lebih seru, menarik, dan tidak membosankan. Terima kasih tipsnya admin.

  28. Kalau sekarang lg gak bisa kemana2 ya, nanti klo Corona sudah selesai, kita cari tempat wisata yg dekat dan berbeda lewat Traveloka.
    Semoga tarif wisatanya gak naik stlah corona hehe

  29. Yogya ini memang selalu mempesona dengan daya tariknya yah. Saya meskipun lumayan jauh juga kesana tapi tetep seneng bisa tiap tahun liburan kesana. Biasanya saya cari yang dekat kota tetangganya yah Binjai,eehehhe. Mau ke Aceh pun lumayan jauh juga waktu perjalanannya tapi ini membantu banget infonya semoga covid19 segera berakhir biar liburan lagi.

  30. Sebagai orang yang masih awam di dunia travelling, sekarang masih suka jelajahi yang umum dulu. Kalau mau cari yang agak beda di daerah sumatera ini masih bahaya, kalau nggak kenal daerahnya bisa jadi mangsa hehehe

  31. Apapun tempat wisatanya pasti sangat menyenangkan ya Mba
    aku suka ke mana-mana yang penting sama orang kesayangan jadi plesirannya menyenangkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *