Sehat

Membeli Asuransi Hospital Cash Cover di Aplikasi Grab

Asuransi Hospital Cash Cover di Grab

Aplikasi Grab yang ada di smartphone punya beragam fitur menarik. Saya biasanya menggunakan aplikasi ini untuk pesan kendaraan (mobil atau motor) atau makanan. Sekarang ada layanan baru di Grab, yaitu asuransi Hospital Cash Cover (Proteksi Rawat Inap).

Teknologi digital membuat hidup semakin praktis. Berbagai informasi dari seluruh penjuru dunia bisa diakses melalui genggaman tangan, dalam waktu yang cepat. Aktivitas sehari-hari lainnya seperti membeli makanan,belanja pakaian,menabung, pesan kendaraan atau ojek, hingga meeting kerja, semua bisa dilakukan melalui bermacam aplikasi di smartphone yang kita miliki.

Nah, baru-baru ini saya mengeksplorasi fitur yang ada di Grab. Ada layanan baru yaitu asuransi Hospital Cash Cover dari Grab yang bekerjasama dengan PT Asuransi Simas Jiwa. Cukup dengan biaya mulai dari Rp 9.900 per bulan, kita sudah bisa menikmati layanan asuransi ini dengan manfaat rawat inap harian sampai dengan maksimal Rp 250.000 per hari.

Baca juga: Bermacam Manfaat dari Grab for Business

Cara Membeli Asuransi Hospital Cash Cover di Grab

Untuk menikmati layanan asuransi Hospital Cash Cover (Proteksi Rawat Inap), buka aplikasi Grab di smartphone. Pada smartphone saya, bahasa yang dipakai pada aplikasi Grab ini yaitu Bahasa Indonesia (tergantung dari pengaturan bahasa yang kita piih). Berikut langkah-langkahnya:

1. Pada halaman muka aplikasi Grab, saya pilih fitur Lainnya yang ada di bagian kanan bawah untuk dieksplor lebih lanjut. Kemudian pilih fitur Asuransi yang ada di pojok kiri bawah. Setelah diklik, saya pilih Proteksi Rawat Inap.

2. Saya masukkan data-data yang diperlukan, yaitu saya membeli asuransi untuk saya sendiri (bisa juga untuk anggota keluarga), memasukkan tanggal lahir, dan memilih jenis paket premium (dari 3 pilihan: dasar, standar, dan premium). Dengan memasukkan data-data tersebut, total preminya yaitu Rp 48.900/bulan. Kemudian ada pernyataan kesehatan, yaitu apakah yang diasuransikan dalam keadaan sehat secara mental dan fisik, dan seterusnya. Saya klik Ya.

Saya kemudian masukkan data detail meliputi nama, jenis dan nomor kartu identitas, tanggal lahir, dan sebagainya. Setelah data-data dimasukkan, akan muncul ringkasan dan bagaimana membayarnya apakah bulanan atau bayar penuh (12 bulan). Saya pilih bayar penuh 12 bulan, dan ternyata ada diskon 2 bulan gratis, lho!

3. Saya lakukan pembayaran, melalui OVO Cash. Ada juga pilihan pembayaran lainnya, yaitu melalui akun virtual.

Ternyata cukup mudah dan cepat untuk membeli asuransi Hospital Cash Cover. Saya perlu waktu tidak lebih dari 5 menit untuk mengisi data-datanya dan melakukan pembayaran, maka pembelian proteksi rawat inap pun berhasil.

Manfaat asuransi yang saya dapatkan yaitu dana rawat inap harian, dana kamar ICU harian, dana operasi, dan perawatan lanjutan. Detail cakupannya ada pada foto di bawah ini.

Pilihan Plan dan Benefit Produk Hospital Cash Cover

Ada 3 jenis paket yang bisa dipilih saat membeli asuransi Hospital Cash Cover ini. Pilihan tersebut yaitu basic (dasar), standard, dan premier (premium). Masing-masing paket memiliki benefit biaya kamar, biaya kamar ICU/ICCU, biaya operasi atau pembedahan, dan biaya perawatan lanjutan. Detailnya bisa dilihat pada tabel berikut:

Biaya Kamar: pembayaran lump sum berdasarkan jumlah hari dirawat di Rumah Sakit (maksimum 60 hari).

Biaya Kamar ICU: pembayaran lump sum dari jumlah hari dirawat di ruang ICU (maksimum 30 hari).

Biaya operasi/pembedahan: jumlah uang maksimum untuk operasi / pembedahan yang dapat di-reimburse per tahunnya.

Perawatan Lanjutan: penggantian biaya untuk perawatan rawat jalan lanjutan yang terjadi dalam waktu 30 hari dari rawat inap yang berlangsung minimal 7 hari untuk penyakit yang sama.

Ilustrasi Produk Hospital Cash Cover

Contoh ilustrasi produk Hospital Cash Cover dengan asumsi:
– Usia Masuk : 30 tahun
– Total Premi : Rp 361.000,-
– Masa Pembayaran Premi : Sekaligus
– Masa Asuransi : 1 tahun
– Jenis Plan : Premier

Jika Tertanggung menjalani Rawat Inap Harian Di Rumah Sakit, maka Manfaat Asuransi dari produk ini adalah sebagai berikut:

1. Penggantian biaya kamar sebesar Rp. 250.000,- (dua ratus lima puluh ribu rupiah) per hari maksimum 60 hari, termasuk biaya kamar ICU / ICCU sebesar Rp 500.000,- (lima ratus ribu rupiah) per hari maksimum 30 hari.

2. Penggantian biaya operasi / pembedahan maksimum sebesar Rp 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah) maksimum per tahun polis.

3. Jika Tertanggung menjalani rawat inap karena typus di Rumah Sakit selama 7 hari dan 1 hari selanjutnya Tertanggung memerlukan perawatan lanjutan (berupa rawat jalan) dengan diagnosa penyakit yang sama seperti sebelumnya yaitu typus, maka Penanggung akan membayarkan biaya rawat jalan maksimum sebesar Rp 500.000,- per rawat inap. Maksud dari per rawat inap tersebut yaitu rawat inap yang 7 hari sebelumnya. Sehingga jika kondisinya Tertanggung harus menjalani perawatan lanjutan berupa rawat inap kembali maka akan masuk ke klaim rawat inap

Nah, teman-teman, yuk membeli asuransi Hospital Cash Cover ini! Cukup dengan biaya mulai dari Rp 9.900 per bulan, kita sudah bisa menikmati layanan asuransi ini dengan manfaat rawat inap harian di rumah sakit sampai dengan maksimal Rp 250.000 per hari.

28 thoughts on “Membeli Asuransi Hospital Cash Cover di Aplikasi Grab”

  1. Di Grab udah lengkap banget ya layanannya, tidak hanya untuk memesan transportasi dan makanan saja, sampai asuransi kesehatan sekali pun juga ada ya, keren deh ini.
    pantasan kemarin lihat ada logo baru ternyata layanan Asuransi kesehatan ini ya, udah lama gak buka akun Grab sih soalnya 😀

    1. Makin memudahkan aja ya buat yang mau ikut asuransi kesehatan. Nggak perlu cari agent atau datang ke kantor. Cukup sambil rebahan langsung bisa daftar. Teknologi memang bikin orang “males”. Kreatif itu nggak berbatas.

  2. Premi bulanannya sangat terjangkau sedangkan manfaatnya juga lumayan banyak ya. Gak nyangka ada fitur asuransi juga di Grab. Kebiasaan fokus di Grab Car sam Grab Bike aja, jadi gak tahu update terbarunya.

  3. Huwiiii lengkap banget dong ya aplikasi Grab ini.

    Baru eungeuh saya. Beneran selama ini saya pakainya cuma untuk pesan kendaraan sama beli jajanan saja. Sekarang ada asuransinya juga yang preminya nyaman banget di kantong

  4. Waah lengkap banget ya fiturnya sampai bisa beli asuransi kesehatan. Preminya murah lagi. Dengn harga segitu terjangkau banget Mas. Aku gak pakai grab sih, pakai sebelah. Tapi makasih ya infonya.

  5. Saya baru tau kalau ada hospital cash cover di aplikasi Grab, setelah baca artikel ini aku langsung buka aplikasinya untuk liat-liat. Btwe, ini berlaku untuk seluruh rumah sakit di Indonesia kah?

  6. Lengkap banget ya aplikasi Grab sekarang. Aku kok kepo ya…Musti cek lagi nih aplikasinya.
    Penting banget untuk proteksi diri deh.
    Jangan online foodnya aja…

  7. Dengan segudang fitur-fitur canggih nan berguna memang membuat aplikasi Grab ini jadi idaman banget. Apalagi sekarang sudah bisa membeli asuransi hospital di grab secara langsung, top deh!

  8. Alhamdulillah ya. Fasilitas semacam ini sangat membantu bagi siapa aja yang ingin berobat tapi terkendala biaya. Semoga awet dan bisa dimanfaatlan sebaikk mungkin

  9. Asyik, tambah mudah aja berasuransi
    Kalkulasi di atas Rp 360.000an setahun berarti Rp 20.000 sebulan ya?
    Jajan baksopun lebih mahal.
    Mau coba ah, beda umur pastinya lebih mahal.

  10. Zaman sekarang segala sesuatu dipermudah ya, Mas Daniel. Termasuk beli asuransi lewat Grab. Enaknya lagi bisa bayar dengan dompet digital seperti OVO. Tidak perlu keluar rumah juga.

  11. Wah keren nih Grab, untuk rumah sakitnya sendiri apakah di seluruh Indonesia sudah bisa melayani asuransi Grab ini ya ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *